Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.707 views

Dapatkah Presiden Rusia Vladimir Putin Menyelamatkan Bashar al-Assad?

Moskow (voa-islam.com) – Nampaknya nasib Presiden Suriah Bashar al-Assad ditentukan oleh Moskow. Tidak berlebihan Bashar al-Assad terbang ke Moskow melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kemungkinan situasi di Suriah menghadapi kelompok oposisi, kata seorang juru bicara Kremlin, Selasa, 20/10/2015.

"Presiden Republik Arab Suriah Bashar al-Assad melakukan kunjungan ke Moskow kemarin malam dan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin," ungkap juru bicara, Dmitry Peskov, kepada wartawan.

Menurut Agence France-Presse, ini adalah "kunjungan ke luar negeri pertamanya sejak perang Suriah pecah pada tahun 2011”, ungkap pejabat Suriah.

Putin bulan lalu mendapat persetujuan parlemen untuk meluncurkan kampanye udara di negara yang dilanda perang.

Pertemuan antara Putin dan Assad setelah pejabat militer AS dan Rusia menandatangani nota kesepahaman pada Selasa yang mencakup kesepakatan antara pilot Amerika dan Rusia menghindari bentrokan di wilayah udara Suriah, karena mereka melaksanakan serangan udara secara terpisah terhadap kelompok-kelompok militan, ujar pejabat Pentagon.

Timbul masalah keselamatan pesawat dimulai setelah Rusia mulai membom sasaran di Suriah bulan lalu. Moskow mengatakan bahwa pesawat tempur Rusia menyerang Daulah Islam (IS), tapi banyak dari serangan udara yang menghantam wilayah yang dikuasai kelompok oposisi yang melawan sekutu Presiden Bashar al-Assad.

Pekan lalu, Putin mengatakan Rusia tidak akan mengerahkan pasukan darat ke Suriah, di mana ia telah melakukan serangan udara terhadap apa yang dikatakan adalah target IS. Tapi, kenyataan berdasarkan Observatorium tengan Hak Asasi untuk Suriah, menyebutkan telah jatuh korban sejumlanh pasukan Rusia di Latakia.

"Kami tidak berencana melakukan ini (melakukan operasi darat), dan teman-teman Suriah kami tahu tentang hal ini," kata Putin dalam sebuah wawancara yang disiarkan di saluran televisi Rossiya-1 yang dikelola negara.

Dia juga mengatakan Rusia tidak ingin terlibat dalam perang antar-agama di Suriah. Putinjuga menjelaskan bahwa Rusia tidak melihat perbedaan antara kelompok Sunni dan Syiah.

Menggunakan jet modern dan pesawat Soviet yang lebih tua, Rusia telah membom pos komando dan kamp-kamp pelatihan apa yang dikatakan adalah basis kekompok radikal "teroris," sebagai bagian dukungan kepada serangan darat oleh pasukan Assad.

Putin juga mengatakan tujuan bahwa operasi Rusia adalah untuk "menstabilkan kekuasaan Assad yang sudah nyaris ambruk akibat preang yang sangat dahsyat."

Berbicara tentang persenjataan yang digunakan dalam serangan - termasuk rudal jelajah Rusia ditembakkan dari Laut Kaspia yang memiliki jangkauan lebih dari 1.500 kilometer (900 mil) - Putin menolak pernyataan bahwa sedang melakukan uji coba senjata di Suriah dalam menghadapi Amerika Serikat.

"Ini bukan tentang perlombaan senjata," katanya. "Ini adalah tentang fakta bahwa senjata modern membaik, berubah. Di negara lain, hal ini terjadi lebih cepat daripada di sini. Ini adalah mengapa kita harus mengikuti. Suriah menjadi ladang uji senjata Rusia dengan dalih menghadapi IS. (afgh/aby/voa-Islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X