Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.663 views

Analis tentang Referandum Turki

Oleh: Selim Caglayan 

Walapun banyak kritik kepada Turki, dalam keadaan darurat mengadakan pemilihan umum. Menggunakan referandum Untuk mengubah beberapa pasal dalam UUD, namun sebenarnya yang di inginkan adalah pemusatan seluruh kekuasaan pada satu orang, yaitu kepada Erdogan.

Dalam masa referandum ini seluruh media berada dalam genggaman tangan Erdogan. Setiap hari, siang malam, hampir seluruh chanel televisi dan koran harian memberitakan kepada masyarakat bahwa, "Referandum akan membawa kesejahteraan dan kedamaian kepada Turki".  Namun sayangnya banyak masyarakat Turki yang dapat mengakses berita yang akurat. Karena sejak tahun lalu rejim Erdogan telah memulai menutupan media-media Turki.

Sampai saat ini di Turki telah di tutup 149 perusahaan media. Perusahaan media yang di tutup tersebut adalah Televisi-televisi yang paling populer. Koran-koran yang paling banyak dibaca dan kantor berita terbesar (Yaitu, Cihan News Agency. Dan saya sebagai representeative Indonesia selama 10 tahun). Bahkan 231 wartawan senior dan terkenal di penjara. Mereka telah di penjara hampir setahun tanpa dugaan yang jelas dan tanpa bukti. 

Kekuatan pemerintah dan kekuatan ekonomi berada pada Erdogan, hampir seluruh bangunan besar, taman kota, bahkan batubesar di pegunungan pun dipenuhi dengan Banner Erdogan. Erdogan menggunankan seluruh kekuatan termasuk Gubernur, bupati, militer, polisi, birokrat, erdogan menggunakannnya untuk kampanyenya.

 

Rererandum Turki dan Erdogan

Ketika kampanye refarandum Erdogan dan para pendukungnya mengatakan para pendukung2 "tidak" sebagai teroris atau penghianat bangsa. Beberapa tokoh agama yang mengdukung AKP menguluarkan fatwa bahwa memelih "YA" adalah fardu.

Target pemilu Erdogan adalah para nasionalis dan politikus radikal agamist. Dengan perkataan-perktaan radikal dan mengandung kebencian bahwa "musuh akan menghancurkan negara kita, lalu krisis ekonomi datang, lalu kelaparan melanda". Erdogan berhasil menyatukan dua kubu yang berbeda texture ini. Namun ia juga berhasil menambah kebencian setengah masyarakat Turki yang tidak setuju kepadanya. Bahkan saat ini dapat dikatakan keadaan sosial politik Turki pecah menjadi dua.

Ketika pemilu terjadi beberapa hal yang jangal. Banyak video2 dan foto2 tersebar di media sosial saat orang2 AKP melakukan pengecapan suara ilegal. Pro AKP juga mengbagikan foto2 dan video2 di akun personal mereka ketika melakukan cap ilegal. Mereka sangat percaya diri karena meresa dilindungi oleh rejim Erdogan.

Tidak sampai disini saja kecurangan yang mereka lakukan. YSK mengolak 1 juta suara ''tidak'' tetapi mengabulkan 2.5 juta suara tanpa segel resmi, hampir semua suara tanpa segel resmi ini  datang dari bagian Timur Turki atau daerah Kurdi. Atau daerah yang sebelum refarandum banyak walikotanya jatuh ke penjara karena berasal dari partai oposisi Turki HDP. Ketua HDP Selahattin Demirtas juga di penjara. Dia orang politik paling popular di Turki.  jatuhkan dimana pengawasan pemilunya tidak terlalu ketat. Dan semua suara tanpa segel itu seluruhnya "YA" dan ini tentunya adalah pelanggaran UU "tentang resminya suara dengan segel resmi" yang pıhak erdogan lakukan dengan santainya.

Sayangnya tetap saja, suara hati tetaplah suara hati, tak bisa di bohongi. Dalam hasil referandum ini Erdogan kalah di 5 kota besar Turki seperti, Istanbul, Ankara, Izmir, Adana dan Diyarbakir. Walaupun banyak tekanan, ancaman, kebohongan yang dilancarakan, masyarakat tetap bersikukuh. Belum pernah sejarahnya ada yang menang pemilu tetapi kalah di pemilihan kota besar, aneh bukan !

Pada malam pemilihan sebelum YSK mengumumkan seluruh hasil suara, Erdogan dan perdana mentrinya Binali Yildirim telah melakukan perayaan. Mengumpulkan seluruh masyarakat dan merayakan kemenangannya. mungkin ini yang selama ini kita bilang percaya diri tinggi, atau sebaliknya kecurangan yang tinggi yang membuat mereka yakin menang. Jika anda melihat video pidato kemenangan Erdogan, anda akan melihat banyak kecemasan di dalam raut wajahnya.

Satu jam setelah pidato Erdogan barulah YSK mucnul dengan pengumuan hasil pemilihan suara, namun sampai saat ini (2 hari) belum ada penjelasan tentang dasar YSK mengabulkan suara2 "iya" tak bersegel resmi tersebut.

Erdogan adalah orang yang sangat berambisi untuk menerapkan hukum mati kembali di Turki. Malam kemenangannya juga dia sempat mengatakan akan membicarakan soal ini. Ntah apa yang di benak Erdogan, mungkin Erdogan akan mengancam hukum gantung bagi siapapun yang menentangnya.

Dengan seluruh peristiwa yang terjadi AKP tetap menyatakan bahwa mereka menang. Dan kita semua tetawa bersama, kita serahkan seluruhnya kepada Allah.

Hal yang membuat saya sangat sedih, beberapa ekonom dan ahli politik telah mengatakan Krisis Turki sedang menghampiri dengan cepat. Seluruh data yang terkumpul menunjukkan bahwa ekonomi sangatlah rapuh, setiap saat bisa saja terjadi perang sipil karena masyarakat terpecah satu sama lain. Seperti halnya tadi malam ada berita, pro-erdogan menyerang orang-orang yang mengatakan bahwa suara telah dicuri.

Seperti yang kita lihat, seluruh partai oposisi Turki sedang berusaha keras untuk melindungi suara pemilunya. Dan organisasi internasional seperti OSCE mengatakan, "kurangnya kesamaan kesempatan, media yang berpihak, dan pembatasan dalam kebebasan, menyebabkan tebukanya kesempatan yang lebar untuk perbuatan curang dalam referandum"

Di Turki, kelihatannya Erdogan menang dalam pemilihan ini namun seluruh perdebatan tidak akan berhenti disini dan masyarkat akan banyak memperdepbatkan kesahan pemerintah Erdogan. Seluruh golongan masyarakat dunia akan selalu melihat dengan mata curiga kepada Erdogan. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X