Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.019 views

Dulu Bermusuhan Dengan Doha, Kini Dubai Kelimpahan Berkah Dari Piala Dunia 2022 Di Qatar

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Tuan rumah Piala Dunia, Qatar, bukan satu-satunya negara Teluk yang mendapat manfaat dari masuknya para penggemar sepak bola ke wilayah tersebut. Di seberang perairan, tetangga dan saingan sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA) juga telah menarik pariwisata dan bisnis ke pantainya, tanpa menghabiskan miliaran dolar untuk menyelenggarakan turnamen internasional tersebut.

Bandara UEA dipenuhi dengan para penggemar yang mengejar salah satu dari 120 penerbangan antar-jemput harian ke Doha, atau kembali dari turnamen.

Dubai, khususnya, tampaknya memanfaatkan lonjakan wisatawan ke wilayah tersebut.

Hotel dan restoran telah memasang layar raksasa bagi para penggemar untuk menonton pertandingan. Di luar Dubai Mall, raksasa pakaian olahraga Adidas telah menyiapkan pengalaman bagi para penggemar Piala Dunia yang interaktif di bawah bayang-bayang Burj Khalifa.

Bagi mereka yang lebih suka menikmati udara malam Desember yang sejuk, tempat makan di pusat kota Dubai, Palm, dan Festival City memilih memesan meja khusus di dekat TV layar lebar.

Kurang dari dua tahun yang lalu, pemandangan ini tidak terpikirkan.

Pada 2017, UEA bergabung dengan Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir dalam memutuskan hubungan dengan Qatar dan memberlakukan blokade terhadap tetangganya atas tuduhan mendukung "terorisme" dan memiliki hubungan dekat dengan Iran.

Doha membantah tuduhan itu dan mengatakan boikot itu merupakan upaya untuk membatasi kemerdekaannya.

Qatar mengalami kerugian finansial yang besar sebagai akibat dari embargo - diperkirakan sekitar $43 miliar - dengan pembatasan pergerakan yang memisahkan ikatan keluarga sejak berabad-abad yang lalu.

Blokade berlangsung selama lebih dari tiga tahun, hingga Januari 2021, ketika Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Kuwait-AS untuk menyelesaikan konflik.

Andreas Krieg, asisten profesor di Departemen Studi Pertahanan di King's College London, mengatakan bahwa pada puncak blokade bahkan menyatakan dukungan untuk Qatar dikriminalisasi di UEA. Jika blokade masih berlaku, sangat tidak mungkin UEA akan mengakui Piala Dunia.

"Bahkan tidak akan ada kemungkinan penerbangan bolak-balik dari Dubai."

Piala Dunia telah menjadi contoh utama dari hubungan dekat yang dapat dinikmati negara-negara Teluk ketika mereka bersatu.

Dubai telah dapat menikmati dorongan ekonomi yang cukup besar berkat turnamen tersebut sambil menanggung sedikit beban keuangan yang sebenarnya, kata Krieg.

"Orang-orang Qatar yang mengeluarkan biaya, telah menghabiskan miliaran dan miliaran, tetapi manfaatnya kurang lebih datang gratis ke Dubai."

'Memecahkan rekor penjualan harian'

Seorang pengusaha terkemuka di Dubai mengatakan kepada MEE bahwa jika digabungkan dengan Expo tahun lalu, Piala Dunia Qatar akan membantu Dubai mencapai tujuannya untuk menarik 25 juta pengunjung ke kota tersebut pada tahun 2025.

Dia mengatakan perusahaannya mengharapkan peningkatan lalu lintas untuk layanan penukaran uangnya, serta hunian penuh di proyek apartemennya.

"Kami mulai melihat pertumbuhan jumlah mulai dari minggu sebelum pembukaan. Jumlah transaksi di seluruh cabang kami melonjak hampir 25 persen langsung," katanya kepada MEE tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media internasional.

Bisnis keluarganya yang lain, restoran dan kafe shisha, juga berjalan dengan baik.

Dia mengatakan peningkatan bisnis hampir seluruhnya berkat penduduk UEA dan saat final semakin dekat, stafnya siap untuk menangani peningkatan jumlah pelanggan.

"Semakin penting pertandingan, semakin kami terus memecahkan rekor penjualan harian."

Doha juga mendapat manfaat dari normalisasi ikatan.

Terlepas dari investasi miliaran dan perencanaan lebih dari satu dekade, negara kaya gas itu tanpa UEA harus berjuang untuk menyediakan akomodasi bagi jutaan penggemar yang terbang ke negara itu.

Dan pada gilirannya, UEA menggunakan statusnya sebagai tujuan wisata dan kedekatannya dengan Doha dengan cara yang membantu kedua negara.

Maskapai bertarif rendah FlyDubai menawarkan hingga 48 penerbangan antar-jemput setiap hari ke Doha dengan tarif $250 untuk kelas ekonomi dan hampir $1.000 untuk kelas bisnis selama 70 menit perjalanan.

Du, salah satu dari tiga penyedia ponsel di UEA, juga mengeluarkan iklan Twitter yang menampilkan paket roaming khusus yang ditargetkan khusus untuk para penggemar yang menuju Qatar.

Rantai barang olahraga di Dubai Mall dan Mall of the Emirates telah memasang pajangan Qatar 2022, termasuk guntingan cakrawala Doha, untuk mendorong pembeli membeli perlengkapan tim favorit mereka.

"Fakta bahwa Dubai bisa menjadi co-host bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia benar-benar merupakan berkah bagi negara kami," kata pengusaha itu.

Keuntungan bagi industri perhotelan

Industri perhotelan Dubai juga merasakan dampak Piala Dunia.

Bahkan berbulan-bulan sebelum turnamen, akomodasi di Doha sangat sulit didapat, dengan ratusan penggemar harus memesan suite kontainer yang dibuat khusus untuk turnamen

Ketika pejabat Qatar mencabut persyaratan bagi penggemar untuk menghabiskan setidaknya 48 jam di negara itu, banyak yang dengan cepat memilih untuk tinggal di Dubai yang lebih glamor.

Dewan Olahraga Dubai memperkirakan bahwa satu juta pengunjung tambahan akan memasuki kota selama turnamen selama sebulan.

Yaman, yang bekerja di meja check-in Hotel Crowne Plaza di Jalan Sheikh Zayed, mengatakan kepada MEE bahwa Piala Dunia telah menciptakan badai aktivitas tamu yang sempurna di hotel-hotel kota.

"Saat ini, ini musim ramai dan akhir tahun semakin dekat, dan Piala Dunia sedang berlangsung di Qatar, biasanya hanya salah satu dari hal-hal ini yang akan menaikkan harga, sekarang bayangkan ketiganya sekaligus," katanya.

Para tamu di hotel telah memperhatikan kenaikan harga, dengan beberapa komentar bahwa dalam waktu satu hari harga dapat naik sebesar $70 hingga $150 dolar untuk satu malam menginap.

Pekerja hotel lainnya mengatakan bahwa mereka telah melihat masuknya pengunjung dari Meksiko, yang tim nasionalnya gagal melaju dari babak grup.

Yaman mengatakan berbagai hal hanya akan menjadi lebih sibuk saat final 18 Desember semakin dekat: "Kalau begitu akan seperti perang. Anda tidak akan bisa melewati lobi." (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X