Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.816 views

Dulu Bermusuhan Dengan Doha, Kini Dubai Kelimpahan Berkah Dari Piala Dunia 2022 Di Qatar

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Tuan rumah Piala Dunia, Qatar, bukan satu-satunya negara Teluk yang mendapat manfaat dari masuknya para penggemar sepak bola ke wilayah tersebut. Di seberang perairan, tetangga dan saingan sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA) juga telah menarik pariwisata dan bisnis ke pantainya, tanpa menghabiskan miliaran dolar untuk menyelenggarakan turnamen internasional tersebut.

Bandara UEA dipenuhi dengan para penggemar yang mengejar salah satu dari 120 penerbangan antar-jemput harian ke Doha, atau kembali dari turnamen.

Dubai, khususnya, tampaknya memanfaatkan lonjakan wisatawan ke wilayah tersebut.

Hotel dan restoran telah memasang layar raksasa bagi para penggemar untuk menonton pertandingan. Di luar Dubai Mall, raksasa pakaian olahraga Adidas telah menyiapkan pengalaman bagi para penggemar Piala Dunia yang interaktif di bawah bayang-bayang Burj Khalifa.

Bagi mereka yang lebih suka menikmati udara malam Desember yang sejuk, tempat makan di pusat kota Dubai, Palm, dan Festival City memilih memesan meja khusus di dekat TV layar lebar.

Kurang dari dua tahun yang lalu, pemandangan ini tidak terpikirkan.

Pada 2017, UEA bergabung dengan Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir dalam memutuskan hubungan dengan Qatar dan memberlakukan blokade terhadap tetangganya atas tuduhan mendukung "terorisme" dan memiliki hubungan dekat dengan Iran.

Doha membantah tuduhan itu dan mengatakan boikot itu merupakan upaya untuk membatasi kemerdekaannya.

Qatar mengalami kerugian finansial yang besar sebagai akibat dari embargo - diperkirakan sekitar $43 miliar - dengan pembatasan pergerakan yang memisahkan ikatan keluarga sejak berabad-abad yang lalu.

Blokade berlangsung selama lebih dari tiga tahun, hingga Januari 2021, ketika Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Kuwait-AS untuk menyelesaikan konflik.

Andreas Krieg, asisten profesor di Departemen Studi Pertahanan di King's College London, mengatakan bahwa pada puncak blokade bahkan menyatakan dukungan untuk Qatar dikriminalisasi di UEA. Jika blokade masih berlaku, sangat tidak mungkin UEA akan mengakui Piala Dunia.

"Bahkan tidak akan ada kemungkinan penerbangan bolak-balik dari Dubai."

Piala Dunia telah menjadi contoh utama dari hubungan dekat yang dapat dinikmati negara-negara Teluk ketika mereka bersatu.

Dubai telah dapat menikmati dorongan ekonomi yang cukup besar berkat turnamen tersebut sambil menanggung sedikit beban keuangan yang sebenarnya, kata Krieg.

"Orang-orang Qatar yang mengeluarkan biaya, telah menghabiskan miliaran dan miliaran, tetapi manfaatnya kurang lebih datang gratis ke Dubai."

'Memecahkan rekor penjualan harian'

Seorang pengusaha terkemuka di Dubai mengatakan kepada MEE bahwa jika digabungkan dengan Expo tahun lalu, Piala Dunia Qatar akan membantu Dubai mencapai tujuannya untuk menarik 25 juta pengunjung ke kota tersebut pada tahun 2025.

Dia mengatakan perusahaannya mengharapkan peningkatan lalu lintas untuk layanan penukaran uangnya, serta hunian penuh di proyek apartemennya.

"Kami mulai melihat pertumbuhan jumlah mulai dari minggu sebelum pembukaan. Jumlah transaksi di seluruh cabang kami melonjak hampir 25 persen langsung," katanya kepada MEE tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media internasional.

Bisnis keluarganya yang lain, restoran dan kafe shisha, juga berjalan dengan baik.

Dia mengatakan peningkatan bisnis hampir seluruhnya berkat penduduk UEA dan saat final semakin dekat, stafnya siap untuk menangani peningkatan jumlah pelanggan.

"Semakin penting pertandingan, semakin kami terus memecahkan rekor penjualan harian."

Doha juga mendapat manfaat dari normalisasi ikatan.

Terlepas dari investasi miliaran dan perencanaan lebih dari satu dekade, negara kaya gas itu tanpa UEA harus berjuang untuk menyediakan akomodasi bagi jutaan penggemar yang terbang ke negara itu.

Dan pada gilirannya, UEA menggunakan statusnya sebagai tujuan wisata dan kedekatannya dengan Doha dengan cara yang membantu kedua negara.

Maskapai bertarif rendah FlyDubai menawarkan hingga 48 penerbangan antar-jemput setiap hari ke Doha dengan tarif $250 untuk kelas ekonomi dan hampir $1.000 untuk kelas bisnis selama 70 menit perjalanan.

Du, salah satu dari tiga penyedia ponsel di UEA, juga mengeluarkan iklan Twitter yang menampilkan paket roaming khusus yang ditargetkan khusus untuk para penggemar yang menuju Qatar.

Rantai barang olahraga di Dubai Mall dan Mall of the Emirates telah memasang pajangan Qatar 2022, termasuk guntingan cakrawala Doha, untuk mendorong pembeli membeli perlengkapan tim favorit mereka.

"Fakta bahwa Dubai bisa menjadi co-host bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia benar-benar merupakan berkah bagi negara kami," kata pengusaha itu.

Keuntungan bagi industri perhotelan

Industri perhotelan Dubai juga merasakan dampak Piala Dunia.

Bahkan berbulan-bulan sebelum turnamen, akomodasi di Doha sangat sulit didapat, dengan ratusan penggemar harus memesan suite kontainer yang dibuat khusus untuk turnamen

Ketika pejabat Qatar mencabut persyaratan bagi penggemar untuk menghabiskan setidaknya 48 jam di negara itu, banyak yang dengan cepat memilih untuk tinggal di Dubai yang lebih glamor.

Dewan Olahraga Dubai memperkirakan bahwa satu juta pengunjung tambahan akan memasuki kota selama turnamen selama sebulan.

Yaman, yang bekerja di meja check-in Hotel Crowne Plaza di Jalan Sheikh Zayed, mengatakan kepada MEE bahwa Piala Dunia telah menciptakan badai aktivitas tamu yang sempurna di hotel-hotel kota.

"Saat ini, ini musim ramai dan akhir tahun semakin dekat, dan Piala Dunia sedang berlangsung di Qatar, biasanya hanya salah satu dari hal-hal ini yang akan menaikkan harga, sekarang bayangkan ketiganya sekaligus," katanya.

Para tamu di hotel telah memperhatikan kenaikan harga, dengan beberapa komentar bahwa dalam waktu satu hari harga dapat naik sebesar $70 hingga $150 dolar untuk satu malam menginap.

Pekerja hotel lainnya mengatakan bahwa mereka telah melihat masuknya pengunjung dari Meksiko, yang tim nasionalnya gagal melaju dari babak grup.

Yaman mengatakan berbagai hal hanya akan menjadi lebih sibuk saat final 18 Desember semakin dekat: "Kalau begitu akan seperti perang. Anda tidak akan bisa melewati lobi." (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Turki Umumkan Keadaan Darurat 3 Bulan Di Provinsi Yang Dilanda Gempa

Turki Umumkan Keadaan Darurat 3 Bulan Di Provinsi Yang Dilanda Gempa

Selasa, 07 Feb 2023 21:15

UBN Roadshow Dakwah Quran Di Sumbar, Gubernur Dan Wagub Turut Hadir

UBN Roadshow Dakwah Quran Di Sumbar, Gubernur Dan Wagub Turut Hadir

Selasa, 07 Feb 2023 21:00

20 Napi Islamic State Kabur Dari Penjara Setelah Gempa Dahsyat Di Suriah

20 Napi Islamic State Kabur Dari Penjara Setelah Gempa Dahsyat Di Suriah

Selasa, 07 Feb 2023 20:34

Persatuan Ulama Muslim Internasional Serukan Bantuan Mendesak Untuk Turki Dan Suriah

Persatuan Ulama Muslim Internasional Serukan Bantuan Mendesak Untuk Turki Dan Suriah

Selasa, 07 Feb 2023 20:00

3.432 Orang Tewas 21.103 Lainnya Terluka Akibat Gempa Kuat Yang Mengguncang Selatan Turki

3.432 Orang Tewas 21.103 Lainnya Terluka Akibat Gempa Kuat Yang Mengguncang Selatan Turki

Selasa, 07 Feb 2023 19:35

Utang Menggunung, Negara Kapitalis tak akan Mampu Membendung

Utang Menggunung, Negara Kapitalis tak akan Mampu Membendung

Selasa, 07 Feb 2023 15:36

Sekulerisme  Menggurita, Perempuan dan Anak-anak dalam Bahaya

Sekulerisme Menggurita, Perempuan dan Anak-anak dalam Bahaya

Selasa, 07 Feb 2023 14:52

Memanah Adalah Olah Raga Tertua Rekomendasi Nabi Muhammad

Memanah Adalah Olah Raga Tertua Rekomendasi Nabi Muhammad

Selasa, 07 Feb 2023 11:14

Qatar Akan Kirim 10.000 Rumah Mobil Untuk Korban Gempa Dahsyat Di Turki Dan Suriah

Qatar Akan Kirim 10.000 Rumah Mobil Untuk Korban Gempa Dahsyat Di Turki Dan Suriah

Selasa, 07 Feb 2023 00:05

Sudah 500 Lebih Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Besar Di Turki Dan Suriah

Sudah 500 Lebih Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Besar Di Turki Dan Suriah

Senin, 06 Feb 2023 17:35

Muhammadiyah Sidoarjo Siapkan Makanan Gratis Peserta Seabad NU

Muhammadiyah Sidoarjo Siapkan Makanan Gratis Peserta Seabad NU

Senin, 06 Feb 2023 16:22

Sedikitnya 176 Orang Tewas Akibat Gempa Bumi Yang Mengguncang Suriah Dan Turki

Sedikitnya 176 Orang Tewas Akibat Gempa Bumi Yang Mengguncang Suriah Dan Turki

Senin, 06 Feb 2023 13:17

Blokade Israel Sebabkan Peningkatan Angka Kanker Di Gaza

Blokade Israel Sebabkan Peningkatan Angka Kanker Di Gaza

Senin, 06 Feb 2023 11:35

Laporan: Iran Sewa Geng Kriminal Untuk Bunuh Pembangkang Di Luar Negeri

Laporan: Iran Sewa Geng Kriminal Untuk Bunuh Pembangkang Di Luar Negeri

Senin, 06 Feb 2023 10:23

Kepala Wagner: Pertempuran Sengit Sedang Berlangsung Di Utara Kota Bakhmut

Kepala Wagner: Pertempuran Sengit Sedang Berlangsung Di Utara Kota Bakhmut

Ahad, 05 Feb 2023 21:48

Pervez Musharraf – Orang Yang Bantu AS Menginvasi Afghanistan Meninggal Setelah Sakit Berkepanjangan

Pervez Musharraf – Orang Yang Bantu AS Menginvasi Afghanistan Meninggal Setelah Sakit Berkepanjangan

Ahad, 05 Feb 2023 20:29

Cina Marah Balon Mata-matanya Ditembak Jatuh AS

Cina Marah Balon Mata-matanya Ditembak Jatuh AS

Ahad, 05 Feb 2023 15:55

Pelaku Pemerkosaan Anak, Bukti Sistem Sekuler Merusak

Pelaku Pemerkosaan Anak, Bukti Sistem Sekuler Merusak

Ahad, 05 Feb 2023 13:22

Jalan Panjang Larangan LGBT di Negeri Muslim

Jalan Panjang Larangan LGBT di Negeri Muslim

Ahad, 05 Feb 2023 09:20


MUI

Must Read!
X