Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.363 views

Voice of Al Islam di Singapura (2) : Komunitas Muslim di Singapura

Singapura (voa-islam) Singapura, yang dahulunya adalah bagian dari Malaysia dan memiliki bendera yang identik dengan Indonesia dan juga simbol Islam, yaitu dengan simbol bulan sabit yang menaungi 5 buah bintang.

Saat ini, penduduk muslim di Singapura kebanyakan berasal dari rumpun melayu, namun jumlahnya sangat kecil, sekitar 13.9 % dari jumlah 15% penduduk muslim di Singapura. Selebihnya adalah kebanyakan dari etnik Cina yang menurut sumber yang kami himpun, banyak remaja dan profesional etnik Cina di Singapura yang meyakini keagamaannya dengan nama "Free-Thinker", sebuah pola keyakinan yang didasarkan pada pola berpikir mereka, free to decide, mungkin mirip atheis. Wallahu 'alam.

penduduk muslim di Singapura kebanyakan berasal dari rumpun melayu, namun jumlahnya sangat kecil, sekitar 13.9 % dari jumlah 15% penduduk muslim di Singapura.

Selain etnik melayu, etnik muslim lainnya adalah etnik dari komunitas Tamil, Paksitan, maupun Arab. Sedangkan umat Islam dari kaum etnik Cina dan Eropa juga hadir dalam keberagaman budaya Singapura meski hanya sedikit.

Namun sekarang Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) yang memainkan perannya dalam membina hubungan umat islam dan komunitas Islam di Singapura pada khususnya.

MUIS juga membantu melakukan renovasi masjid-masjid, hal ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pendirian masjid kecil pada masa 1970 -1980, hingga berjumlah 90. Masjid-masjid tersebut kebanyakan dibangun oleh masyarakat dengan dasar etnik dan kesukuan.


Masjid Hajjah Fatimah

Masjid Hajjah Fatimah dan Masjid Sultan adalah salah satu masjid yang cukup lama di Singapura, bahkan Masjid Sultan dibangun pada tahun 1824 dan dideklarasikan menjadi salah satu monumen nasional pada tahun 1973.


Masjid Sultan 

Lalu MUIS memainkan posisinya untuk menertibkan dan lalu membangun kembali dengan masjid-masjid dengan skala yang lebih luas, baik dari segi besarnya bangunan maupun komunitas.

Jika ingin Anda ingin mengetahui lokasi masjid dan memakmurkan Islam di negeri kepala singa berbadan ikan alias merlion ini, silakan buka link ini:

Daftar Masjid di Singapura :
http://www.muis.gov.sg/cms/services
Masjid berdasarkan lokasi (interaktif) :
http://www.muis.gov.sg/cms/services/Mosques.aspx?id=2736
Tur masjid virtuil :
http://www.mosque.org.sg/pano/index.asp
Fakta menarik tentang masjid di Singapura :
http://www.muis.gov.sg/cms/services/Mosques.aspx?id=261

(rojul/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X