Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.289 views

Prosesi Pencucian Ka'bah

MAKKAH (voa-islam.com) - Penguasa Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah, akan mencuci Ka'bah, pada Sabtu (16 Muharram).

Sejumlah ulama, pejabat pemerintah, pejabat dan diplomat akan menghadiri acara tersebut, yang berlangsung dua kali setahun pada tanggal 15 Sha'baan (bulan sebelum bulan puasa Ramadhan) dan pada pertengahan Muharram (bulan setelah Dzul Hijjah ketika Muslim melakukan Haj).

Rumah Allah diberi Kiswa baru (selubung) pada tanggal 9 Dzul Hijjah, ketika para jamaah haji melanjutkan ke Arafah untuk acara utama dari ibadah haji.

Upacara mencuci Ka'bah dimulai dengan shalat dua rakaat di dalam ka'bah. Dinding bagian dalam kemudian akan dibersihkan dengan mawar, oud dan parfum misk menggunakan kain putih. Air Zamzam dicampur dengan parfum mawar kemudian akan dipercikkan di lantai dan kemudian diseka dengan tangan kosong dan daun palem.

Upacara pencucian akan dilakukan setelah para tamu keluar. Lantai marmer dan dinding akan dicuci dengan air Zamzam dicampur dengan parfum mawar.

Sebelum memasuki Ka'bah untuk melakukan acara pencucian, Pangeran Khaled akan mengelilingi Ka'bah tujuh kali (Tawaf) lalu ia akan menyentuh Batu Hitam (Hajar Aswad). Dia akan menerima kunci Ka'bah yang disajikan dalam sebuah tas yang terbuat dari beludru hijau dari sang penjaga (Bani Shayba). Saat memasuki Rumah Allah, sang pangeran akan melakukan sholat dua rakaat pada lantai marmer, tempat di mana dipercaya Nabi Muhammad (saw) pernah berdoa disitu.

Upacara pencucian akan dilakukan setelah para tamu keluar. Lantai marmer dan dinding akan dicuci dengan air Zamzam dicampur dengan parfum mawar.

Setelah pembersihan, lantai dan dinding akan dikeringkan lagi dengan kain putih dan tissu. Dinding ka'bah kemudian diwangikan menggunakan sejumlah besar oud dan parfum.

Ka'bah mempunyai ukuran panjang 14 meter dari sisi timur, 12,11 meter dari sisi barat dan selatan, dan 11,28 meter dari sisi utara. Lantai isinya diletakkan dengan marmer berwarna. Langit-langit atas didukung oleh tiga tiang kayu, masing-masing dengan diameter 44 cm.

Struktur memiliki dua langit-langit, yang satu lebih rendah dan yang satu diatasnya. Isinya dinding yang ditutupi dengan tirai yang terbuat dari beludru hijau yang akan diganti satu kali setiap tiga tahun. Bagian atas atap atas memiliki ventilasi, dengan lebar 127 cm dan 104 cm  untuk memungkinkan sinar matahari masuk. Ventilasi ini ditutupi dengan kaca dan akan dibuka selama upacara pencucian. Lubang angin dapat dinaiki leat tangga kaca 50 sebanyak langkah.

Pintu Ka'bah terbuat dari kayu dan dilapisi dengan 280 kg emas murni. Setinggi 310 cm dan 190 cm lebar. Panjang kunci Ka'bah adalah 40 cm. Pintu ka'bah berdiri 225 cm di atas permukaan tanah. [zak/Arns]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X