Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.797 views

Geliat Hotel Halal di Belgia Yang Makin Diminati

BRUSSELS (voa-islam.com): Mulai tahun 2011, hotel-hotel di Brussels bisa mendapatkan label halal. Tidak ada channel porno, daging babi tidak ada, tapi disediakan Quran dan sajadah, dan sebuah penunjuk menuju Mekah.

Label akan diberikan oleh BECI (perusahaan Brussels, untuk perdagangan dan industri) dimulai pada tahun 2011. Ini adalah pertama kalinya di Eropa.

"Tujuan awalnya adalah untuk penghargaan label untuk kamar per lantai. Tapi kami tidak mengesampingkan untuk kemudian memiliki jenis 'label omni-halal' untuk seluruh hotel yang memiliki kolam terpisah, antara lain". Kata Bruno Bernard , seorang konsultan untuk BECI.

Bernard mengatakan perhatian dilakukan untuk semua rinciannya. Sebagai contoh, tidak mungkin untuk menyajikan sandwich babi ke tempat halal, dan hotel harus memastikan bahwa tidak ada prostitusi di tempat tersebut.

Ditanya apakah konsep ini tidak akan menghadapi resistensi, Bernard mengatakan kepada La Belgique: "Jika Anda pergi berlibur di Mesir atau Turki, Anda senang bahwa Anda bisa dengan tenang minum bir di bar hotel. Kamar Halal di Brussels juga sama, anda bisa tenang disini. "

Beberapa hotel, termasuk beberapa yang dimiliki oleh warga negara Teluk Persia, menunjukkan keuntungan. Dalam survei cepat enam hotel Brussels, hanya Radisson Blu Royal Hotel - yang mengatakan mereka tidak memiliki ruang khusus untuk umat Islam, tetapi mereka selalu memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan mereka - menunjukkan banyak keuntungan, tetapi mereka menambahkan bahwa pariwisata religius bukanlah bisnis utama mereka . Jaringan hotel lain lebih suka tidak memberikan komentar. Bruno Bernard lebih suka berbicara tentang "pariwisata budaya dan bisnis."

Ini bukan langkah pertama kalinya BECI di pasar halal. Bruno Bernard mengatakan ini merupakan ceruk pasar yang besar, tetapi satu dengan pemain yang sangat sedikit, dan sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa 17% dari penduduk Brussels memakan makanan halal. Pada bulan Maret BECI meluncurkan sertifikat halal untuk produk industri, dan terus mendapatkan dikritik karena itu, dengan mengatakan bahwa mereka telah mendorong adanya Islamisasi yang merayap di masyarakat.

Olivier Willocx, BECI managing director, mengatakan proyek ini disalahpahami. Dia masih terkejut oleh 'ledakan bergairah' yang diminta karena inisiatif. Dia menjelaskan bahwa sertifikat tersebut dimaksudkan untuk produk non-daging untuk ekspor, dan tidak untuk pasar lokal. Mereka ingin memastikan transparansi di bidang ini. Ada beberapa 'certificators' yang dibayar € 20.000 untuk sertifikat yang tidak diakui oleh semua orang, dan ada juga penipuan. Produk itu disajikan sebagai halal tapi tanpa benar-benar menjadi halal.

BECI, yang mengatakan bahwa mereka ingin memfasilitasi halal dan bukan untuk sertifikasi itu, memberikan tarif biaya setiap perusahaan yang menginginkan sertifikasi halal tiap produk dengan harga € 1500. Sebuah sertifikat Eropa yang diakui di mana-mana di dunia Muslim. Biaya tersebut akan digunakan untuk membayar imam yang didatangkan khusus dari Aljazair (negara yang mengakui hubungan antara gereja dan Negara), dan memeriksa tempat produksi selama tiga hari sebelum memutuskan apakah bisa dikeluarkan sertifikat halal itu. Spot cek juga disediakan, dan dalam kasus penipuan, jika terjadi penipuan maka sertifikat halal tersebut akan dicabut selama lima tahun, kata Bruno Bernard.

Subhanallah, di Eropa saja umat Islam berusaha sedapat mungkin untuk mendapatkan barang halal yang akan mereka konsumsi, seharusnya di negeri kita juga begitu didalam setiap bidang. (za/La Libre Belgique)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X