Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.114 views

Rayakan Idul Fitri Hari Rabu, Aliran Sesat di Malaysia Dipenjara 4 Bulan

KUALA LUMPUR (voa-islam.com): Ketua jamaah yang dikenal dengan nama 'Jamiah Al-zikri Awwalun', Shuit Ismail, 51, yang ditahan bersama delapan yang lain termasuk tiga anggota keluarganya karena menyambut Idul Fitri lebih awal di sebuah surau di Seriab, di sini, kemarin dijatuhi hukuman denda RM 1000 atau empat bulan penjara.

Keputusan itu dibuat Ketua Hakim Syarie, Othman Ibrahim, setelah terdakwa yang lebih dikenal dengan panggilan Che Shuit mengaku bersalah atas dakwaan tersebut berdaarkan Bagian 28 Enakmen Jenayah Dalam syarak 1991.

Selain Shuit, istrinya, Haslina Md Hashim, 50, dan dua anak lelakinya yaitu Zul Haq, 21, dan Hakimul Ariff, 19, juga mengaku bersalah atas dakwaan yang sama bersama lima pengikutnya yang lain.

Mereka adalah Shahrizal Ahmad, 25; Ahmad Darus, 52; Kamaridan Man, 54; Shahrul Nizan Yusuf, 21, dan seorang wanita Nor Azlina @ Agatha Abdullah, 53.

Kedelapan pengikutnya tersebut dijatuhi hukuman denda RM900 setiap seorang atau tiga bulan penjara. Tuntutan tersebut diajukan oleh Jaksa Syarie, Fakhrurrazi Md Mahdzir.

Sebelumnya pada kira-kira jam 8.30 pagi kemarin, sekelompok sembilan orang yang dipercaya anggota jemaah Jamiah Al-zikri Awwalun ditahan setelah terdeteksi menyambut Idul Fitri lebih awal di Surau Al-Zakirin yang dibuka di daerah lot pertokoan di Taman Pertiwi Indah disini dekat Seriab.

Berdasarkan informasi, kelompok tersebut membawa pemahaman yang berasal dari Indonesia dan sebelum ini menyambut Ramadhan lebih awal dua hari dibanding umat Islam lain di negara ini.

Ketika serbuan dilakukan oleh otorita Jabatan Agama Islam Perlis (JAIPs), semua anggota jemaah dikatakan sedang khusyuk mendengar khutbah Idul Fitri yang disampaikan Shuit di mimbar khusus yang disediakan di surau tersebut.

Sebelumnya, mereka dilaporkan menunaikan shalat sunat Idul Fitri berjamaah. Malah, hasil pemeriksaan pihak JAIPs turut menemukan beberapa makanan termasuk lemang dan kue yang diduga disajikan dalam jamuan pagi 'hari raya'.

Shuit ketika ditanya mengenai sebab kelompoknya itu berhariraya lebih awal oleh Ketua Hakim Syarie, berkata dia mengikuti ketetapan umat Islam di Dumai, Indonesia yang dipercaya sebagai lokasi di mana dia pernah belajar ilmu agama suatu ketika dulu.

Namun Othman mengatakan bahwa  sebagai rakyat Malaysia, adalah wajar semua mengikuti ketetapan Raja pemerintah termasuk ketetapan tanggal Idul Fitri.

"Mungkin niat kamu baik, tetapi hasrat kamu untuk berbuat baik itu keliru. Paling penting, jangan sekali-kali kami berbuat salah dan saya harap ini adalah yang terakhir," katanya

(ar/beritaharian)

 

 

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X