Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.203 views

Filipina Memulai Kembali Perundingan Damai Dengan MILF

MANILA, FILIPINA (voa-islam.com) - Setelah hampir tiga tahun terhenti, pemerintah Filipina akhirnya menyetujui untuk melakukan kembali pembicaraan damai dengan kelompok pejuang Islam Moro terbesar di negara tersebut.

Pemerintah Filipina hari Jum'at (14/01/2011) mengatakan akan memulai kembali perundingan perdamaian dengan kelompok pejuang Islam Moro bulan depan dalam upaya untuk mengakhiri perjuangan pemisahan diri selama puluhan tahun yang telah menelan korban puluhan ribu jiwa.

Pembicaraan antara pemerintah dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) akan berlangsung di Malaysia pada 09-10 Februari 2011, sebuah negosiasi formal pertama antara kedua belah pihak sejak Presiden Benigno Aquino terpilih menduduki posisinya tahun lalu.

"Pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) telah menempatkan perundingan perdamaian ke jalurnya," kata sebuah pernyataan pemerintah.

Kepala panel perdamaian pemerintah, Marivic Leonen, mengatakan pihak-pihak yang bertikai setuju untuk memulai kembali perundingan selama negosiasi informal di Kuala Lumpur pada hari Kamis (13/01/2011).

,,Sejatinya, pembicaraan damai antara pemerinah Filipina dan MILF hampir terlaksana 4 tahun lalu. Pada bulan Desember 2007 kedua belah pihak menyatakan optimis atas perundingan baru tersebut, namun kekerasan kembali pecah pada Agustus 2008 setelah Mahkamah Agung Filipina mencabut suatu usulan kesepakatan yang akan memberikan kekuasaan yang lebih besar kepada MILF di wilayah selatan..

Sejatinya, pembicaraan damai antara pemerinah Filipina dan MILF hampir terlaksana 4 tahun lalu. Pada bulan Desember 2007 kedua belah pihak menyatakan optimis atas perundingan baru tersebut, namun kekerasan kembali pecah pada Agustus 2008 setelah Mahkamah Agung Filipina mencabut suatu usulan kesepakatan yang akan memberikan kekuasaan yang lebih besar kepada MILF di wilayah selatan, Mindanao yang mereka klaim sebagai "tanah kekuasaan leluhur".

Keputusan Mahkamah Agung itu memicu serangan oleh para komandan MILF terhadap militer Filipina pada masyarakat Kristen di Mindanao. Gelombang kekerasan tersebut mengakibatkan 750.000 orang mengungsi dan menybabkan hampir 400 orang tewas, menurut data resmi.

MILF yang memiliki kekuatan 12.000 pasukan telah mulai melancarkan perjuangan pemisahan diri sejak tahun 1978 untuk sebuah negara Islam independen di Mindanao dan lebih dari 150.000 orang telah tewas, menurut pemerintah, sejak saat itu akibat konfrontasi yang terus berlanjut hingga kini. (aa/ann)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X