Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.929 views

Ektrimis Budha Myanmar Ancam Muslim Rohingya: Pergi atau Kami Bunuh Kalian Semua!

RAKHINE, MYANMAR (voa-islam.com) - Ribuan Muslim Rohingya di Myanmar barat laut memohon jalan yang aman dari dua desa terpencil yang dikepung oleh ekstremis Budha, Press TV melaporkan hari Senin (18/9/2017).

Laporan media mengatakan situasinya sangat mengerikan di desa Ah Nauk Pyin dan Naung Pin Gyi di dekatnya, di mana rute pelarian ke negara tetangga Bangladesh panjang dan sulit.

Maung Maung, seorang pejabat Rohingya di Ah Nauk Pyin, mengatakan bahwa penduduk desa telah mengajukan diri untuk pergi, namun pihak berwenang tidak menanggapi permintaan untuk keamanan mereka. "Kami akan kelaparan segera dan mereka mengancam untuk membakar rumah kami," katanya kepada Reuters melalui telepon. "Kami ketakutan."

Seorang Rohingya lainnya, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa umat Budha ekstremis datang ke desa yang sama dan meneriakkan, "Pergi, atau kami akan membunuh kalian semua."

Di tempat lain dalam pernyataannya, Maung Maung, mengatakan bahwa dia telah menghubungi polisi Myanmar setidaknya 30 kali untuk melaporkan ancaman terhadap desanya.

Pada tanggal 13 September, pejabat Rohingya mengatakan bahwa dia menerima telepon dari seorang penduduk Rakhine yang dia kenal. "Pergi besok atau kami akan datang dan membakar semua rumah Anda," pria di telepon mengatakan.

Ketika pejabat Rohingya memprotes bahwa mereka tidak memiliki sarana untuk melarikan diri, pria tersebut menjawab, "Itu bukan urusan kami."

Maung Maung juga mengatakan bahwa para tetua desa telah mengirim surat kepada penguasa Rathedaung pada tanggal 7 September, meminta dipindahkan ke "tempat lain". Mereka belum mendapat tanggapan, katanya.

Pada tanggal 31 Agustus, polisi Myanmar mengadakan pertemuan di pinggir jalan antara kedua desa tersebut.

Warga Rohingya yang menghadiri pertemuan tersebut mengatakan bahwa alih-alih menangani keluhan Rohingya, petugas Rakhine menyampaikan sebuah ultimatum.

"Mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin ada orang Muslim di wilayah ini dan kami harus segera pergi," kata warga Rohingya Ah Nauk Pyin yang meminta namanya dirahasiakan.

Ah Nauk Pyin terletak di semenanjung berbatu bakau di Rathedaung, satu dari tiga kotapraja di negara bagian Rakhine.

Penduduk desa mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kapal untuk meninggalkan daerah yang bergejolak.

Sampai tiga pekan yang lalu, ada 21 desa Muslim Rohingya di Rathedaung, bersama dengan tiga kamp pengungsi Muslim yang mengungsi akibat gelombang kekerasan sebelumnya.

Enam belas dari desa-desa tersebut dan ketiga kamp tersebut telah dikosongkan dan dalam banyak kasus dibakar.

Pemantau hak asasi manusia mengatakan bahwa lima desa Rohingya Rathedaung masih bertahan dan ribuan penduduknya dikepung oleh umat Budha Rakhine.

Sejak tahun 2012, warga Rohingya terlalu takut untuk meninggalkan desa atau sampai tanah mereka, bertahan hidup terutama pada pengiriman bulanan dari World Food Program (WFP).

Kekerasan baru-baru ini menghentikan pengiriman tersebut setelah WFP menarik sebagian besar stafnya dan menghentikan operasi di wilayah tersebut setelah 25 Agustus.

Warga di dua desa Rohingya mengatakan bahwa mereka tidak dapat lagi mencari ikan atau membeli makanan dari pedagang Budha, dan kehabisan makanan dan obat-obatan.

Sejak Oktober 2016, pemerintah Myanmar telah mengepung negara bagian Rakhine, di mana umat Muslim Rohingya terkonsentrasi.

Di sana, kekerasan yang mengerikan, termasuk pembunuhan, pemerkosaan dan pembakaran, telah terjadi terhadap kaum minoritas Muslim, menurut laporan dan saksi mata.

Serangan tersebut telah terjadi peningkatan tajam sejak 25 Agustus setelah puluhan pos polisi dan perbatasan di Rakhine diserang oleh kelompok yang mengaku sebagai pembela Rohingya.

Serangan itu diluncurkan sebagai tanggapan atas tindakan biadab pemerintah di daerah tersebut, di mana lebih dari satu juta orang Rohingya berada.

Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan dan penganiayaan di negara asal mereka, Myanmar, terus sampai di Bangladesh.

Pengungsi menunggu bantuan dari lembaga bantuan karena mereka kekurangan makanan, air bersih dan tempat berlindung. Penduduk setempat mengatakan banyak pengungsi Rohingya juga sakit dan terluka.

Ribuan orang yang mengungsi telah terdampar atau pergi tanpa makanan yang cukup selama berminggu-minggu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa sejauh ini lebih dari 400.000 Muslim Rohingya yang putus asa telah melarikan diri dari kekerasan di Myanmar dan menyeberang ke negara tetangga Bangladesh.

Pemerintah Myanmar tidak mau mengakui kewarganegaraan Rohingya, menganggap mereka sebagai imigran ilegal dari Bangladesh meski akar mereka telah ada selama berabad-abad yang lalu.

Dhaka, pada gilirannya, menganggap pengungsi yang putus asa itu sebagai orang Myanmar dan dengan keras mendorong mereka kembali. (st/ptv) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X