Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.593 views

Myanmar dan Bangladesh Sepakat untuk Segera Hentikan 'Arus Keluar' Muslim Rohingya ke Bangladesh

NAYPYTAW, MYANMAR (voa-islam.com) - Myanmar dan Bangladesh telah sepakat untuk segera menghentikan "arus keluar" Muslim Rohingya ke Bangladesh dan mengambil langkah untuk mengembalikan mereka ke Myanmar, di mana orang-orang Muslim telah melarikan diri dari karena kekerasan yang mendapat sanksi dari pemerintah.

Menteri urusan rumah tangga Myanmar, Letnan Jenderal Kyaw Swe, dan rekannya dari Bangladesh, Asaduzzaman Khan, menandatangani dua kesepakatan yang mencakup kerja sama keamanan dan perbatasan dalam sebuah pertemuan di ibu kota Myanmar, Naypyitaw, pada hari Selasa (24/10/2017).

Kedua belah pihak sepakat "untuk menghentikan arus keluar penduduk Myanmar ke Bangladesh," dan "untuk membentuk sebuah kelompok kerja bersama," kata Tin Myint, sekretaris permanen kementerian dalam negeri Myanmar.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk "mengatur langkah-langkah yang berbeda sehingga orang-orang ini dapat kembali ke tanah air mereka dengan aman dan terhormat dan dalam kondisi aman," kata Mostafa Kamal Uddin, sekretaris kementerian dalam negeri Bangladesh.

Tidak jelas langkah spesifik apa yang akan diambil untuk mengembalikan Rohingya dengan aman ke Myanmar, di mana mereka menghadapi kematian, penyiksaan, dan pemerkosaan oleh tentara Myanmar dan gerombolan Budha sejak akhir tahun lalu.

Juga tidak disebutkan apakah kekerasan terhadap Rohingya akan berhenti di Myanmar atau apakah para pengungsi akan dikembalikan dengan paksa.

Pemerintah Myanamar tidak mengakui orang Rohingya sebagai warga negara, dan militer telah mengepung umat Islam di negara bagian Rakhine, mengklaim bahwa serangan pejuang Rohingya bersenjata telah memicu pengepungan tersebut.

Namun banyak laporan dan laporan saksi mata mengatakan militer telah menargetkan warga sipil.

Juga, sebuah laporan bulan lalu mengungkapkan bahwa Myanmar menanam ranjau darat di wilayah perbatasannya dengan Bangladesh untuk mencegah kembalinya kaum Muslimin.

Tidak ada indikasi jelas bahwa situasinya akan berubah menjadi lebih baik.

Pihak Bangladesh mengatakan bahwa pemerintah Myanmar telah mengirim daftar tersangka yang telah "melarikan diri" ke Bangladesh dan meminta pihak berwenang ke sana untuk menginvestigasi dan mengirim mereka kembali ke Myanmar.

Sementara itu, ratusan orang turun ke jalan di Rakhine Myanmar, meminta pemerintah di Myanmar untuk tidak mengembalikan para pengungsi tersebut.

Muslim Rohingya mulai melarikan diri dari Rakhine barat pada bulan Oktober 2016, ketika pemerintah melancarkan kampanye militer melawan mereka.

Lebih dari 600.000 Muslim sejauh ini telah meninggalkan Myanmar ke negara tetangga Bangladesh, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (st/ptv) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X