Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.112 views

Saudi Naikan Tunjangan Keluarga Kerajaan Hingga 50% Setelah 'Rampas' Miliaran USD dari Koruptor

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi telah menaikkan beberapa tunjangan keluarga kerajaan setelah "merampas" miliaran dolar dari para pangeran, pengusaha dan pejabat yang ditangkap dengan tuduhan korupsi, sumber yang dapat dipercaya mengatakan kepada Bloomberg.

Dua dari sumber tersebut mengklaim bahwa kenaikan tersebut mencapai 50 persen, dengan pemerintah tidak lagi membayar tagihan listrik dan air untuk anggota keluarga yang berkuasa. Seorang pejabat pemerintah Saudi menolak klaim tersebut.

Puluhan orang terkaya di negara itu, termasuk miliarder Pangeran Al-Waleed Bin Talal, termasuk di antara mereka yang ditahan di Hotel Ritz-Carlton di Riyadh sebagai bagian dari tindakan keras terhadap korupsi pada awal November, sebelum "pembayaran tebusan" dilakukan dengan otoritas berwenang di mana negara tersebut diperoleh lebih dari $ 100 miliar.

"Gaji bulanan dianggap sebagai masalah pengaduan di antara beberapa warga Saudi," kata Bloomberg, "dan mengungkapkan bahwa beberapa anggota keluarga yang berkuasa menerima lebih banyak uang kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak keraguan tentang betapa seriusnya pemerintah dalam membatasi pengeluaran."

Tidak jelas apakah kenaikan gaji bulanan adalah bonus satu kali atau akan berlanjut setiap bulan. Juga tidak diketahui seberapa jauh dana tersebut didistribusikan.

"Pangeran Mahkota Saudi mungkin berusaha untuk mendisiplinkan kerabatnya di keluarga kerajaan," Christine Diwan, peneliti di Institut Negara Teluk Arab di Washington, mengatakan, "tapi dia tidak dapat benar-benar memutuskan hubungan dengan mereka".

Selama tiga bulan terakhir, pemerintah Saudi telah memberlakukan pajak pertambahan nilai dan mengumumkan kenaikan tajam harga bahan bakar dan layanan publik dalam upaya untuk mereformasi keuangan publik. Beberapa tindakan yang diambil ternyata kontraproduktif.

Setelah keluhan tentang kenaikan harga, Raja Salman mengeluarkan perintah untuk mendistribusikan lebih dari 50 miliar Riyal Saudi ($ 13,3 miliar) untuk mendukung warga Saudi biasa.

Kenaikan harga minyak mentah Brent menjadi sekitar $ 70 per barel membantu mendukung langkah tersebut.

"Kenaikan gaji tampaknya menunjukkan bahwa pihak berwenang tidak memiliki gagasan bagus tentang bagaimana benar-benar mereformasi ekonomi, yang didasarkan pada akses mudah ke uang," kata penasihat risiko politik Melina Rodban di Washington.

"Pihak berwenang perlu mengatasi kemungkinan risiko kerusuhan, yang merupakan ancaman jangka pendek dan seringkali melampaui upaya untuk melakukan perubahan jangka panjang."

Anggota dari House of Saud yang berkuasa berjumlah ribuan, dan pemerintah tidak pernah mengungkapkan berapa gaji atau berapa banyak yang mereka dapatkan.

Menurut sebuah kabel diplomatik AS tahun 1996 yang diterbitkan oleh Wikileaks, anggota keluarga kerajaan menerima tunjangan bulanan sejak lahir.

Jumlahnya bervariasi sesuai dengan seberapa dekat mereka dengan Raja Abdul Aziz, pendiri negara tersebut.

Pada saat itu, pembayaran bulanan berkisar antara $ 800 sampai $ 270.000. Diplomat yang mengirim kabel tersebut memperkirakan total biaya tahunan negara tersebut sebesar $ 2 miliar.

Selama tiga tahun terakhir kekuasaannya, Putra Mahkota Mohammad Bin Salman telah meminggirkan anggota senior keluarga kerajaan, mengurangi pembatasan sosial terhadap perempuan dan berjanji untuk mengarahkan Arab Saudi menjauh dari apa yang dia sebut "Islam radikal. (st/MeMo) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X