Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.711 views

Presiden Filipina Lantik Mantan Komandan MILF Jadi Pejabat Bangsamoro

MANILA, FILIPINA (voa-islam.com) - Beberapa komandan pejuang pembebasan Muslim yang paling sengit di Filipina selatan pada hari Jum'at (23/2/2019) disumpah sebagai administrator dari daerah otonom Muslim baru dalam tonggak yang sulit untuk menyelesaikan salah satu pemberontakan paling lama di Asia.

Presiden Rodrigo Duterte memimpin upacara untuk melantik pemimpin Front Pembebasan Islam Moro (MILF) Murad Ebrahim dan beberapa komandan utamanya sebagai di antara 80 administrator pemerintahan transisi untuk wilayah lima provinsi yang disebut Bangsamoro.

Sekitar 12.000 pejuang dengan ribuan senjata api harus didemobilisasi mulai tahun ini berdasarkan perjanjian damai. Ribuan gerilyawan lainnya akan dilucuti jika perjanjian di bawah kesepakatan akan diikuti, termasuk memberi para pemberontak mata pencaharian untuk membantu mereka kembali ke kehidupan normal.

"Kami ingin melihat akhir dari kekerasan," kata Duterte. "Lagi pula, kita berperang dan saling menembak, menghitung kemenangan kita bukan karena kemajuan atau perkembangan tempat itu, tetapi oleh mayat yang berserakan selama tahun-tahun kekerasan."

Sekitar 150.000 orang telah tewas dalam konflik selama beberapa dekade dan menghambat pembangunan di wilayah kaya sumber daya yang merupakan negara termiskin di negara itu. Duterte menjanjikan sumber daya yang memadai, masalah yang menakutkan di masa lalu.

Pemerintah Filipina dan Barat serta pejuang Moro melihat otonomi Muslim yang efektif sebagai penangkal hampir setengah abad dari kekerasan pemisahan diri umat Muslim, yang diklaim dapat dieksploitasi oleh kelompok Islamic State (IS) untuk mendapatkan pijakan.

"Mimpi yang kami perjuangkan sekarang terjadi dan tidak ada lagi alasan bagi kami untuk membawa senjata kami dan melanjutkan perang," kata jurubicara pasukan MILF Von Al Haq kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara menjelang upacara.

Beberapa komandan yang lama dicari karena serangan mematikan diberi izin keselamatan untuk dapat melakukan perjalanan ke Manila dan bergabung dalam upacara itu, termasuk Abdullah Macapaar, yang menggunakan nama gerilya komandan Bravo, kata Al Haq. Dikenal karena retorikanya yang berapi-api saat mengenakan seragam kamuflase dan mengacungkan senapan serbu dan granatnya, Macapaar akan menjadi salah satu dari 41 administrator regional dari MILF.

Duterte akan memilih wakilnya untuk mengisi sisa Otoritas Transisi Bangsamoro, yang juga akan bertindak sebagai parlemen regional dengan Murad sebagai kepala menteri sampai pejabat reguler terpilih pada tahun 2022.

Anggota kelompok pejuang Muslim Moro lainnya, Front Pembebasan Nasional Moro, yang menandatangani kesepakatan otonomi 1996 yang sebagian besar dipandang sebagai kegagalan, juga akan diberikan kursi di pemerintahan otonom.

Para pejuang yang tidak puas terhadap Front Pembebasan Nasional Moro memisahkan diri dan membentuk kelompok-kelompok bersenjata baru, termasuk Abu Sayyaf, yang lebih untuk tidak bernegosiasi terlebih setelah kehilangan komandannya di awal pertempuran. Abu Sayyaf telah dimasukkan dalam daftar hitam oleh Amerika Serikat sebagai organisasi teroris (baca:jihadis) dan dicurigai melakukan dugaan pemboman jibaku pada 27 Januari yang menewaskan 23 pengunjung gereja di sebuah katedral Katolik Roma di pulau Jolo selatan.

"Kami telah melihat jebakan," kata Al Haq, mengakui bahwa kekerasan tidak akan berhenti dalam semalam karena kehadiran Abu Sayyaf dan kelompok bersenjata lainnya, beberapa terkait dengan kelompok Islamic State. "Ini adalah proses yang sangat sulit dan menantang."

Di bawah kesepakatan damai yang ditengahi oleh Malaysia, para pejuang pembebasan Moro melepaskan tujuan mereka dari sebuah negara yang terpisah dengan imbalan otonomi yang lebih luas. 40.000 pejuang dan setidaknya 7.000 senjata api yang dinyatakan kelompok Murad akan didemobilisasi dalam tiga fase tergantung pada kemajuan dalam penegakan perjanjian.

Bangsamoro menggantikan daerah otonom yang ada yang dilanda kemiskinan dengan entitas yang lebih besar, didanai lebih baik dengan hibah tahunan, yang bisa mencapai lebih dari $ 1 miliar, dan lebih kuat.

Berabad-abad penaklukan - pertama oleh pasukan kolonial Spanyol dan Amerika yang telah memerintah kepulauan Filipina diikuti oleh pemukim Kristen Filipina - secara bertahap mengubah Muslim menjadi kelompok minoritas di wilayah Mindanao, memicu konflik atas tanah, sumber daya dan pembagian kekuasaan politik.

Pemberontakan mencari pemerintahan sendiri telah secara brutal ditekan oleh pasukan pemerintah, memberi umpan lebih banyak kebencian. Keamanan telah menjadi masalah utama karena proliferasi senjata api dan kelompok bersenjata yang telah melakukan penculikan tebusan dan pemerasan seperti Abu Sayyaf. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X