Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.352 views

Mohammed Ali Umumkan Proyek Baru Untuk Gulingkan Presiden Mesir Abdel Fattah Al-sisi

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Kontraktor pembangkang Mesir Mohammed Ali telah mengumumkan proyek baru yang akan menyatukan semua kekuatan politik oposisi Mesir di bawah satu program politik.

Berbicara pada konferensi pers di London pada hari Rabu (20/11/2019), Mohamed Ali, menyebut rezim Presiden Abdel Fattah Al-Sisi, "sebuah ancaman tidak hanya bagi orang Mesir tetapi juga untuk kepentingan negara-negara Eropa di kawasan itu".

Ali, yang sebelumnya bekerja sebagai kontraktor untuk pasukan Mesir, menimbulkan kegemparan besar di media sosial September lalu, ketika ia mengungkapkan bahwa Sisi telah menghabiskan jutaan dolar uang publik di istana mewah untuk dirinya dan keluarganya, pada saat kemiskinan tarif di Mesir meningkat.

Ali tinggal di pengasingan di Barcelona sejak berselisih dengan pemerintah Mesir setelah tentara gagal membayar perusahaannya untuk pekerjaan konstruksi.

Perjalanannya ke London adalah yang pertama sejak pengasingannya di Spanyol dan dia mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk mengadakan konferensi pers di sana karena "itu adalah ibukota media dunia".

Tagar anti-Sisi yang dimulai oleh Mohamed Ali digunakan jutaan kali di Twitter, dan ribuan orang memprotes Sisi di Kairo dan kota-kota Mesir lainnya.

Namun, pasukan keamanan Mesir menanggapi dengan kekerasan dan penindasan, menangkap lebih dari 2.000 orang dan mengunci Alun-alun Tahrir Kairo dan daerah-daerah kota lainnya.

Sisi dipaksa untuk menanggapi klaim Ali dalam pidato yang disiarkan televisi, ketika ia membantah klaim korupsi dan mengatakan bahwa ia akan melanjutkan program pembangunan istananya, yang katanya adalah untuk "negara Mesir" daripada dirinya sendiri. Skandal itu dikenal sebagai "Palacegate".

Ancaman terhadap Mesir dan Eropa

Pada konferensi pers, yang dipandu oleh platform advokasi dan penelitian EgyptWatch, Mohamed Ali mengatakan bahwa opini publik Inggris dan Barat perlu mengetahui realitas situasi di Mesir.

Mengutip angka-angka Bank Dunia, ia mengatakan bahwa sepertiga dari populasi 100 juta orang Mesir hidup dalam kemiskinan, sementara 60 persen orang Mesir "rentan" terhadap kemiskinan.

Lebih dari 60.000 tahanan politik berada di penjara saat perselisihan dengan Ethiopia terkait Bendungan Renaissance di Sungai Nil - yang dituduh Ali salah penanganan oleh pemerintah - mengancam akan mencabut air Mesir.

Protes terhadap Sisi mereda di Mesir, meskipun pemberontakan anti-korupsi telah terjadi di negara-negara Timur Tengah lainnya, seperti Libanon dan Irak.

The New Arab bertanya kepada Ali apakah Kairo telah berhasil melakukan kontrol atas Mesir dengan cara yang akan memastikan bahwa tidak ada pemberontakan anti-korupsi yang akan berhasil.

Ali menjawab bahwa rezim Sisi telah mengancam rakyat Mesir dengan hukuman penjara yang panjang dan bahkan hukuman mati jika mereka turun ke jalan untuk memprotes korupsi.

Dia mengatakan bahwa banyak orang ingin memprotes Sisi tetapi tidak dapat mengambil risiko seperti itu.

"Bahkan jika kita melakukan revolusi apa yang akan terjadi setelah Sisi?" Dia bertanya. "Mungkin ada kekacauan - sama seperti setelah Revolusi 25 Januari 2011 ketika revolusi diambil alih. Tentara mendukung revolusi, dan kemudian mengambil alih negara."

"Kita perlu memberi rakyat Mesir sebuah program agar orang dapat yakin tentang apa yang akan terjadi ketika Sisi meninggalkan kekuasaan. Setelah ini kita akan menyerukan gerakan rakyat. Sekarang saya memiliki kontak dengan kekuatan politik oposisi dan warga Mesir di luar negeri dan kita dapat mengatur rencana untuk turun ke jalan lagi. "

Program yang jelas?

Ali menambahkan bahwa ia telah melakukan kontak dengan semua kekuatan politik Mesir untuk menciptakan program politik yang ia usulkan, dengan mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk menghadirkan alternatif nyata bagi pemerintahan Sisi.

Program ini akan memerikan suara secara online, untuk diputuskan oleh rakyat Mesir. Dia mengatakan bahwa program itu akan membantu menyatukan oposisi Mesir dan memastikan bahwa negara itu akan memiliki arah yang jelas ketika Sisi akhirnya digulingkan.

Namun, kontraktor pembangkang itu tidak menjelaskan rincian, mengatakan bahwa itu akan dikembangkan melalui konsultasi dengan "para ahli dan akademisi terkemuka di pengasingan".

Ketika The New Arab bertanya kepadanya bagaimana ia akan memastikan bahwa pemungutan suara online program ini akan transparan dan bahwa hanya pemilih Mesir yang dapat mengambil bagian dalam referendum, Ali berkata: "Saya tidak tahu bagaimana proses ini akan dilakukan , Saya akan bergantung pada orang-orang dengan keahlian dan kualifikasi. "

Dia mengatakan bahwa dia tahu bahwa referendum bisa dirusak.

Namun, dia mengatakan bahwa dia terdorong oleh respons terhadap tagar yang dia luncurkan. Dalam videonya, Ali selalu menekankan bahwa ia adalah orang yang apolitis sampai saat ini dan tidak memenuhi syarat untuk menjadi pemimpin politik.

Abdel Fattah al-Sisi memimpin kudeta militer terhadap presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis, Muhammad Mursi, pada tahun 2013. Ia menjadi presiden pada tahun berikutnya setelah pemilihan presiden yang ketat, di mana ia memenangkan 96,7 persen suara yang tidak masuk akal. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X