Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.422 views

Separatis Selatan Yaman Mundur dari Pembicaraan Damai yang Disponsori Saudi

YAMAN (voa-islam.com) - Separatis selatan Yaman mengatakan pada Rabu (26/8/2020) bahwa mereka telah menarik diri dari pembicaraan mengenai kesepakatan pembagian kekuasaan yang disponsori Saudi dengan pemerintah yang diakui secara internasional.

Dewan Transisi Selatan (STC) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengirim surat kepada otoritas Saudi yang mengkonfirmasikan "penangguhan partisipasinya dalam konsultasi yang sedang berlangsung untuk mengimplementasikan perjanjian".

Perjanjian Riyadh yang disepakati akhir tahun lalu dirancang untuk memperbaiki keretakan antara sekutu dalam perang melawan pemberontak Syi'ah Houtsi yang telah merebut sebagian besar wilayah utara Yaman.

Ini berusaha untuk memadamkan "perang saudara dalam perang saudara" dan dipuji sebagai batu loncatan yang mungkin untuk mengakhiri konflik yang lebih luas.

Tetapi proses yang hidup-mati terus-menerus, melihat STC memproklamasikan pemerintahan sendiri di selatan pada bulan April, hanya untuk meninggalkan sikap itu bulan lalu dan berjanji untuk menerapkan kesepakatan damai yang terhenti.

Para separatis pada Rabu mengatakan bahwa keputusan mereka untuk menarik diri dari pembicaraan itu karena eskalasi militer yang sedang berlangsung di provinsi titik nyala Abyan, dan hancurnya gencatan senjata yang telah disepakati.

Mereka juga mengeluh tentang kegagalan membayar gaji sektor publik, dan jatuhnya layanan di selatan - momok yang membantu memicu deklarasi pemerintahan sendiri pada bulan April.

Wakil Presiden STC Hani Ben Brik mengatakan dalam sebuah tweet bahwa separatis berkomitmen pada perjanjian awal tetapi langkah mereka ditujukan untuk mendorong komitmen penuh pada kesepakatan tersebut.

Tidak ada reaksi langsung dari pemerintah Saudi.

Keretakan antara STC dan pemerintah telah memperumit konflik panjang dan terpisah antara koalisi militer pimpinan Saudi dan pemberontak Syi'ah Houtsi yang didanai Iran yang menguasai ibu kota Sana'a.

Para separatis mengatakan mereka kembali ke Perjanjian Riyadh pada akhir Juli di bawah tekanan dari Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, yang telah mengusulkan rencana untuk "mempercepat" proses pembagian kekuasaan.

Rencana tersebut meminta perdana menteri Yaman untuk membentuk pemerintahan baru dalam waktu 30 hari, serta penunjukan gubernur baru dan direktur keamanan untuk kota kedua Aden, di mana pemerintah sekarang berbasis.

Perpecahan koalisi

Pergumulan untuk menguasai bagian selatan yang terekspos antara mitra koalisi - Arab Saudi, yang mendukung pemerintah, dan Uni Emirat Arab, pendukung dan penyandang dana STC.

Separatis Yaman, yang telah lama memperjuangkan kemerdekaan di selatan, menandatangani kesepakatan pembagian kekuasaan di Riyadh November lalu.

Namun pakta tersebut dengan cepat menjadi tidak berlaku, gagal memenuhi tenggat waktu untuk langkah-langkah penting termasuk membentuk kabinet baru dengan perwakilan yang sama untuk orang selatan dan reorganisasi pasukan militer.

Puluhan ribu orang, sebagian besar warga sipil, telah tewas dan jutaan mengungsi dalam konflik berkepanjangan Yaman yang telah memicu apa yang oleh PBB disebut sebagai bencana kemanusiaan terburuk di dunia. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X