Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.151 views

Pasukan Junta Militer Myanmar Tembak Mati Gadis Berusia 7 Tahun

YANGOON, MYANMAR (voa-islam.com) - Pasukan junta militer di Myanmar telah menembak dan membunuh seorang gadis berusia tujuh tahun ketika mencoba menangkap ayahnya di rumah mereka selama tindakan keras terhadap pengunjuk rasa anti-kudeta.

Pasukan memasuki rumah di kota terbesar kedua Myanmar, Mandalay, pada hari Selasa (24/3/2021), dan membunuh Hin Myo Chit, 7 tahun, saat dia duduk di pangkuan ayahnya, kata saudara perempuannya kepada outlet media Myanmar Now.

Pasukan keamanan mencoba menembak ayahnya, katanya.

Menurut staf di upacara pemakaman Mandalay, anak itu meninggal karena luka tembak di perutnya di Kotapraja Chan Mya Thazi pada hari yang sama.

Dia menjadi yang termuda dari sekitar 275 orang yang tewas dalam penumpasan junta, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP). Dan kematian tragisnya mendorong para aktivis untuk menyerukan "pemogokan diam-diam" secara nasional pada hari Rabu.

Junta belum berkomentar tentang kematian penembakan gadis itu.

Dua pria juga tewas di kota itu, kata laporan itu.

Myanmar dikejutkan oleh aksi unjuk rasa dan pemogokan massa sejak militer menggulingkan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi pada 1 Februari, dan menangkapnya dan beberapa pemimpin politik lainnya atas tuduhan kecurangan pemilu.

Lebih dari 2.812 orang telah ditangkap dan 250 tewas, menurut AAPP.

Sementara itu, militer mengklaim telah membebaskan ratusan demonstran yang ditangkap selama tindakan kerasnya terhadap protes berminggu-minggu di seluruh negeri.

Dan sidang pengadilan untuk Suu Kyi - yang telah ditahan selama hampir dua bulan - ditunda hingga bulan depan.

20 anak tewas, 146 ditangkap selama protes

Menurut kelompok bantuan Save the Children, setidaknya 20 anak telah tewas dalam tindakan keras militer.

"Kami ngeri bahwa anak-anak terus menjadi sasaran serangan fatal terhadap pengunjuk rasa damai ini," kata organisasi itu.

"Keselamatan anak-anak harus dilindungi dalam segala keadaan dan kami sekali lagi meminta pasukan keamanan untuk segera mengakhiri serangan mematikan terhadap pengunjuk rasa," tambahnya.

Seorang remaja laki-laki tewas di dalam rumahnya di Mandalay pada hari Senin.

Kelompok bantuan juga menyatakan keprihatinannya tentang "ratusan anak muda" yang ditahan.

Hingga Selasa, kelompok itu mengatakan telah menanggapi 146 kasus penangkapan atau penahanan anak, dan setidaknya 488 siswa saat ini ditahan oleh pasukan keamanan.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), banyak orang telah diambil secara sewenang-wenang dalam penggerebekan malam hari, dan keluarga mereka tidak tahu di mana orang yang mereka cintai atau kondisi mereka seperti apa.

Junta mengatakan telah membebaskan 600 narapidana

Pada hari Rabu (25/3/2021), junta militer mengatakan telah membebaskan sekitar 600 orang yang ditahan karena memprotes kudeta di pusat komersial negara Yangon.

"Kami membebaskan 360 pria dan 268 wanita dari penjara Insein hari ini," kata seorang pejabat senior penjara.

Pengacara Khin Maung Myint, yang berada di penjara Insein untuk sidang dua klien, mengatakan 16 bus orang meninggalkan penjara pada pagi hari.

Media lokal menunjukkan gambar para tahanan di bus yang menunjukkan hormat tiga jari - tanda perlawanan terhadap gerakan anti-kudeta.

"Mereka dikirim ke kantor polisi terkait untuk kembali ke rumah ... Beberapa klien menelepon saya (setelah) memberi tahu saya tentang pembebasan mereka," kata Myint.

Jalanan sepi di tengah 'pemogokan diam-diam'

Sementara itu, "pemogokan diam-diam" diserukan oleh para aktivis di kota Yangon dan Naypyidaw pada hari Rabu.

Banyak bisnis tetap tutup, dan jalan-jalan sepi di Yangon, dan beberapa kendaraan terlihat di jalan di kota terbesar negara itu.

"Tidak ada jalan keluar, tidak ada toko, tidak ada pekerjaan. Semua tutup. Hanya untuk satu hari," kata aktivis Nobel Aung kepada Reuters. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X