Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.945 views

Taliban Ubah Strategi Untuk Merebut Titik Penting Sekitar Kota-kota Utama Afghanistan

KABUL AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban mengubah strategi mereka untuk merebut titik-titik penting di sekitar kota-kota besar Afghanistan - termasuk Kabul - sebagai awal untuk meluncurkan serangan, menurut kepala think tank yang berbasis di Kabul.

Itu terjadi ketika AS mendekati titik tengah penarikan pasukan, menjelang tanggal penarikan 11 September Presiden Biden dengan kekhawatiran bahwa pemerintahan Kabul tidak akan dapat bertahan tanpa bantuan internasional.

“Jatuhnya distrik bukanlah hal baru, tetapi serangan Taliban terhadap distrik strategis terpilih di provinsi selatan dan timur sekitar Kabul adalah signifikan,” Tamim Asey, kepala Institut Studi Perang dan Perdamaian, mengatakan kepada Radio Free Europe/Radio Liberty.

Di antara ratusan distrik yang direbut oleh Taliban pada Mei adalah Jalrez dan Nerkh, di provinsi Maidan Wardak yang berjarak 40 km selatan Kabul. Jalan raya utama ke provinsi tengah dan selatan negara itu memotong provinsi tersebut.

“Taliban telah mengadopsi strategi menyerang titik-titik ekonomi dan militer di sekitar kota-kota besar Afghanistan. Ini dimaksudkan untuk memisahkan kota-kota dari negara bagian lain dan akhirnya merebutnya,” kata Asey.

Taliban, yang memiliki lebih banyak wilayah daripada di titik lain mana pun sejak invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada 2001, mengendalikan sebagian besar pedesaan meskipun pertempuran hampir setiap hari dengan pasukan pemerintah. Qatar telah menjadi tuan rumah bagi para negosiator dari kedua belah pihak tetapi apa yang disebut 'proses perdamaian Afghanistan' telah terhenti sejak September.

Bentrokan baru-baru ini antara Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan telah berakhir dengan perebutan pangkalan militer dan pusat-pusat distrik. Dalam beberapa kasus, para pemberontak memperoleh keuntungan "tanpa menembakkan peluru", menurut Asey.

"Dalam tren yang berkembang, Taliban, dengan bantuan para tetua setempat, telah merundingkan penyerahan ratusan tentara Afghanistan dan polisi nasional di provinsi Laghman, Maidan Wardak, dan Baghlan," katanya.

Ketika pasukan pemerintah mengeluh tentang gaji yang terlambat, kekurangan amunisi dan dukungan udara dan darat yang tertunda, sementara kemenangan bagi Taliban memungkinkan mereka untuk menimbun senjata dan peralatan. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X