Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.250 views

Libanon Tidak Akan Deportasi Enam Pengungsi Asal Daraa Suriah Yang Masuki Negara Itu Secara Ilegal

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Libanon telah bersumpah untuk tidak mendeportasi enam pengungsi Suriah menyusul protes dari organisasi hak asasi manusia bahwa orang-orang itu akan menghadapi penganiayaan jika kembali ke negara asal mereka.

Lima dari enam pria - yang ditahan bulan lalu setelah memasuki Libanon dari Suriah - berasal dari provinsi Daraa yang terkepung, di mana pasukan pemerintah dan komite perunding lokal mencapai gencatan senjata yang rapuh pada Senin.

Pengacara keenam pria itu diberi ultimatum selama akhir pekan agar mereka menemukan negara ketiga untuk berlindung atau dideportasi kembali ke Suriah, meskipun paspor mereka ditahan di kedutaan, dan tidak ada kerabat mereka yang ditahan di Libanon untuk mengumpulkannya.

Namun, pada hari Kamis (9/9/2021), badan Keamanan Umum mengatakan orang-orang itu akan diizinkan untuk tetap berada di Libanon. "Keamanan Umum tidak akan mendeportasi enam warga Suriah dan akan bekerja untuk mengatur status hukum mereka," kata kepala pejabat badan tersebut, Abbas Ibrahim, kepada AFP.

Tentara Libanon mengumumkan penangkapan enam warga negara Suriah yang dilaporkan memasuki negara itu secara ilegal akhir bulan lalu.

Pasukan pemerintah Suriah telah mengepung kota Daraa sejak akhir Juni, yang meningkatkan ketegangan di seluruh provinsi dan membuat ribuan warga sipil mengungsi.

Pada hari Senin, beberapa pejuang oposisi mulai menyerahkan senjata mereka kepada pemerintah dengan harapan mengakhiri pengepungan dan mempercepat kembalinya para pengungsi.

Risiko bagi mereka yang kembali

Sebuah laporan dari Amnesty International telah mendokumentasikan penangkapan dan penyiksaan oleh pihak berwenang terhadap 66 pengungsi Suriah yang kembali ke rumah.

Organisasi hak asasi manusia itu mendokumentasikan kasus-kasus petugas intelijen Suriah yang menyetrum dan memperkosa para pengungsi yang kembali.

Lima orang tewas dalam tahanan, dan 17 orang yang hilang masih belum diketahui keberadaannya.

“Orang-orang yang kembali dalam bahaya,” Lynn Maalouf, wakil direktur regional di Amnesty International mengatakan kepada MEE.

“Temuan kami menunjukkan bahwa pihak berwenang Libanon tidak boleh mendeportasi siapa pun ke Suriah, karena mereka akan berisiko melakukan pelanggaran berat ini di bagian mana pun di negara itu. Para pengungsi ini sering dituduh oleh petugas intelijen sebagai pengkhianat karena meninggalkan negara itu. Jadi dalam kasus orang-orang dari Daraa, mereka akan menghadapi risiko yang lebih tinggi.”

Ada sedikit lebih dari 850.000 pengungsi Suriah di Libanon yang terdaftar di PBB, meskipun jumlah total warga Suriah di negara itu sekitar 1,5 juta.

Dewan Pertahanan Tinggi Libanon pada 2019 mengeluarkan keputusan untuk mendeportasi warga Suriah yang memasuki Libanon melalui penyeberangan perbatasan secara ilegal.

Sekitar setengah juta orang tewas dalam konflik Suriah, termasuk ribuan orang yang ditahan di penjara intelijen Suriah akibat penyiksaan brutal, di tengah kegagalan mencapai solusi komprehensif untuk mengakhiri perang 10 tahun.

Dengan merebut kembali selatan dan tengah negara itu oleh pemerintah Suriah, dan pertempuran mereda sampai batas tertentu, pemerintah Libanon telah berulang kali meminta pengungsi Suriah untuk kembali, tetapi organisasi hak asasi manusia mengatakan kondisinya tidak benar. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X