Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.288 views

Libanon Tidak Akan Deportasi Enam Pengungsi Asal Daraa Suriah Yang Masuki Negara Itu Secara Ilegal

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Libanon telah bersumpah untuk tidak mendeportasi enam pengungsi Suriah menyusul protes dari organisasi hak asasi manusia bahwa orang-orang itu akan menghadapi penganiayaan jika kembali ke negara asal mereka.

Lima dari enam pria - yang ditahan bulan lalu setelah memasuki Libanon dari Suriah - berasal dari provinsi Daraa yang terkepung, di mana pasukan pemerintah dan komite perunding lokal mencapai gencatan senjata yang rapuh pada Senin.

Pengacara keenam pria itu diberi ultimatum selama akhir pekan agar mereka menemukan negara ketiga untuk berlindung atau dideportasi kembali ke Suriah, meskipun paspor mereka ditahan di kedutaan, dan tidak ada kerabat mereka yang ditahan di Libanon untuk mengumpulkannya.

Namun, pada hari Kamis (9/9/2021), badan Keamanan Umum mengatakan orang-orang itu akan diizinkan untuk tetap berada di Libanon. "Keamanan Umum tidak akan mendeportasi enam warga Suriah dan akan bekerja untuk mengatur status hukum mereka," kata kepala pejabat badan tersebut, Abbas Ibrahim, kepada AFP.

Tentara Libanon mengumumkan penangkapan enam warga negara Suriah yang dilaporkan memasuki negara itu secara ilegal akhir bulan lalu.

Pasukan pemerintah Suriah telah mengepung kota Daraa sejak akhir Juni, yang meningkatkan ketegangan di seluruh provinsi dan membuat ribuan warga sipil mengungsi.

Pada hari Senin, beberapa pejuang oposisi mulai menyerahkan senjata mereka kepada pemerintah dengan harapan mengakhiri pengepungan dan mempercepat kembalinya para pengungsi.

Risiko bagi mereka yang kembali

Sebuah laporan dari Amnesty International telah mendokumentasikan penangkapan dan penyiksaan oleh pihak berwenang terhadap 66 pengungsi Suriah yang kembali ke rumah.

Organisasi hak asasi manusia itu mendokumentasikan kasus-kasus petugas intelijen Suriah yang menyetrum dan memperkosa para pengungsi yang kembali.

Lima orang tewas dalam tahanan, dan 17 orang yang hilang masih belum diketahui keberadaannya.

“Orang-orang yang kembali dalam bahaya,” Lynn Maalouf, wakil direktur regional di Amnesty International mengatakan kepada MEE.

“Temuan kami menunjukkan bahwa pihak berwenang Libanon tidak boleh mendeportasi siapa pun ke Suriah, karena mereka akan berisiko melakukan pelanggaran berat ini di bagian mana pun di negara itu. Para pengungsi ini sering dituduh oleh petugas intelijen sebagai pengkhianat karena meninggalkan negara itu. Jadi dalam kasus orang-orang dari Daraa, mereka akan menghadapi risiko yang lebih tinggi.”

Ada sedikit lebih dari 850.000 pengungsi Suriah di Libanon yang terdaftar di PBB, meskipun jumlah total warga Suriah di negara itu sekitar 1,5 juta.

Dewan Pertahanan Tinggi Libanon pada 2019 mengeluarkan keputusan untuk mendeportasi warga Suriah yang memasuki Libanon melalui penyeberangan perbatasan secara ilegal.

Sekitar setengah juta orang tewas dalam konflik Suriah, termasuk ribuan orang yang ditahan di penjara intelijen Suriah akibat penyiksaan brutal, di tengah kegagalan mencapai solusi komprehensif untuk mengakhiri perang 10 tahun.

Dengan merebut kembali selatan dan tengah negara itu oleh pemerintah Suriah, dan pertempuran mereda sampai batas tertentu, pemerintah Libanon telah berulang kali meminta pengungsi Suriah untuk kembali, tetapi organisasi hak asasi manusia mengatakan kondisinya tidak benar. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X