Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.373 views

Partai Republik Copot Ilhan Omar Dari Komite Urusan Luar Negeri DPR AS Karena Kritik Israel

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) – Partai Republik Amerika Serikat telah mencopot anggota Kongres progresif Ilhan Omar dari Komite Urusan Luar Negeri DPR atas kritik masa lalunya terhadap Israel, menuai teguran dan tuduhan kefanatikan dari Demokrat.

Dalam pemungutan suara 218-211 di sepanjang garis partai, DPR mengeluarkan resolusi pada hari Kamis (2/2/2023) untuk mencabut Omar – mantan pengungsi dari Somalia dan salah satu dari dua wanita Muslim di Kongres – dari tugas komitenya.

Anggota parlemen dari Partai Republik berpendapat bahwa Omar terlibat dalam retorika "anti-Semit" dan "anti-Israel" yang mendiskualifikasi dia untuk bertugas di panel kebijakan luar negeri.

Namun sebelum pemungutan suara, Omar menyatakan bahwa Partai Republik mengincarnya karena identitasnya.

“Ada gagasan bahwa Anda adalah tersangka jika Anda seorang imigran atau jika Anda berasal dari bagian dunia tertentu atau dengan warna kulit tertentu atau seorang Muslim,” kata Omar. "Bukan kebetulan bahwa anggota Partai Republik menuduh presiden kulit hitam pertama, Barack Obama, diam-diam sebagai seorang Muslim."

Omar menambahkan bahwa dia tidak akan terpengaruh oleh langkah Partai Republik.

“Jika saya tidak berada di komite ini untuk satu periode, suara saya akan semakin keras dan kepemimpinan saya akan dirayakan di seluruh dunia seperti sebelumnya,” kata anggota kongres itu. “Jadi ambil suaramu atau tidak. Saya di sini untuk tinggal.”

Dia bersumpah untuk terus membela mereka yang menderita "perang yang tidak adil, kekejaman, pembersihan etnis, pendudukan atau pemindahan".

Gedung Putih menyebut pencopotan Omar dari komite sebagai "aksi politik" dan "merugikan rakyat Amerika".

"Anggota Kongres Omar adalah anggota Kongres yang sangat dihormati," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan pada hari Kamis, mencatat bahwa Omar telah meminta maaf atas komentar sebelumnya yang berkaitan dengan Israel.

Pada tahun 2019, Omar menghadapi kemarahan bipartisan ketika menyarankan bahwa sumbangan politik dari kelompok lobi pro-Israel — termasuk Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC) — mendorong dukungan untuk Israel di Washington. Dia kemudian mengingkari pernyataan itu.

Dalam dua tahun terakhir, AIPAC dan organisasi pro-Israel lainnya menghabiskan jutaan dolar dalam pemilihan kongres untuk mengalahkan kaum progresif yang mendukung hak asasi manusia Palestina.

Sementara resolusi Partai Republik menuduh Omar anti-Semitisme, itu hanya menimbulkan pernyataan yang berkaitan dengan Israel, bukan orang-orang Yahudi.

Misalnya, tindakan tersebut memanggil anggota kongres untuk menggambarkan Israel sebagai "negara apartheid", meskipun kelompok hak asasi manusia terkemuka - termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch - juga menuduh Israel memaksakan sistem apartheid pada warga Palestina.

Perwakilan Tennessee dari Partai Republik David Kustoff pada hari Kamis menuduh Omar menyebarkan "keyakinan yang penuh kebencian".

“Sebagai pemimpin bangsa kita, kita memiliki kemampuan dan tanggung jawab untuk membantu memerangi anti-Semitisme dan memastikan bahwa anak-anak kita – para pemimpin masa depan – diajari bahwa retorika seperti itu tidak dapat diterima,” kata Kustoff.

Tetapi beberapa anggota Demokrat Yahudi membela Omar. Dean Phillips - yang, seperti Omar, mewakili distrik kongres di Minnesota - menyebut dorongan Partai Republik terhadap anggota kongres sebagai "persenjataan anti-Semitisme", yang menurutnya menurutnya "menjijikkan" sebagai orang Yahudi.

“Tindakan paling berbahaya oleh pejabat terpilih dalam demokrasi adalah membungkam suara perbedaan pendapat, bahkan yang pada dasarnya tidak kita setujui,” kata Phillips di lantai DPR.

Partai Republik mengklaim bahwa resolusi untuk mencopot Omar adalah tentang akuntabilitas, bukan pengembalian. Demokrat sebelumnya telah mencopot anggota Kongres dari Partai Republik Marjorie Taylor Greene dari komite yang ditugaskan padanya pada tahun 2021 karena komentar konspirasi, anti-Semit, dan Islamofobia di masa lalu.

Alexandria Ocasio-Cortez, seorang tokoh progresif DPR, mengatakan penargetan Omar merupakan perpanjangan dari warisan kefanatikan terhadap Muslim Amerika sejak serangan 11 September 2001.

“Tidak ada yang konsisten dengan serangan lanjutan Partai Republik kecuali rasisme dan hasutan kekerasan terhadap perempuan kulit berwarna di tubuh ini,” kata Ocasio-Cortez.

Ketika kelompok hak asasi Arab, Muslim dan Palestina bergegas untuk membela Omar sebelum pemungutan suara pada hari Kamis, anggota kongres tersebut mensponsori sebuah resolusi berjudul "mengakui Israel sebagai sekutu Amerika yang sah dan demokratis dan mengutuk antisemitisme".

Tindakan itu mengutuk kiasan anti-Semit tentang kesetiaan ganda dan menggambarkan Israel sebagai "negara Yahudi dan demokratis".

Kantor Omar tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Al Jazeera tentang bagaimana keputusan anggota kongres itu menuduh Israel melakukan apartheid sambil tetap mengakuinya sebagai sekutu AS yang “demokratis”.

“Kritik saya terhadap kebijakan luar negeri kami, kebijakan Israel terhadap Palestina atau negara asing mana pun tidak akan berubah,” tulis Omar di Twitter pada Kamis malam. “Sebagai orang yang menderita kengerian perang dan penganiayaan, advokasi saya akan selalu untuk mereka yang menderita karena tindakan pemerintah.” (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X