Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
39.459 views

R4BIA Menjadi Simbol Perjuangan Muslimah Dunia

Istambul (voa-islam.com) Situs multibahasa bernama "R4BIA" yang menjadi simbol perjuangan gerakan rakyat anti kudeta militer, merupakan simbol yang paling cepat menyebar di seluruh dunia. Website yang lahir bersamaan dengan penggulingan Presiden Mohamad Mursi itu, diberi nama dengan : www.r4bia.com

Ia lahir di Rabia al-Adawiya Square, sekarang titik fokus dari perlawanan terhadap kudeta militer yang terjadi di Mesir pada 3 Juli, yang mengakibatkan penggulingan militer MohamAd MUrsi yang terpilih sebagai presiden.

Logo untuk mendaftar, menampilkan empat jari hitam pada latar belakang kuning, telah mencapai visibilitas online substansial. Jutaan orang di seluruh dunia Muslim dari Malaysia ke Maroko mulai menggunakannya sebagai gambar avatar pada profil media sosial mereka.

Sekarang tanda situs yaitu, www.r4abia.com, yang menampilkan informasi tentang bagaimana lahirnya situs dan apa dan apa artinya.

Website ini tampil dalam multibahasa, seperti bahasa Inggris, Arab dan Turki, juga berisi foto dan konten video, termasuk klip yang menunjukkan surat yang ditulis oleh senior yang pemimpin Ikhwanul Muslimin Mohamed Beltagy untuk almarhumah putrinya Asma, yang menjadi syuhada di Rabia al-Adawiya setelah ditembak oleh penembak jitu saat  berlangsung protes yang menentang kudeta.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan telah memberikan respon emosional yang kuat untuk versi Turki klip dengan tetesan air mata selama program TV disiarkan pekan lalu. Erdogan menangis mendengar saat dibacakan surat pemimpin Ikhwanul Muslimin Mohamad Beltagy, yang putrinya, Asmaa, tewas tanpa dia dapat melihat jenazahnya.

Tanda Kelahiran

Website menyambut para tamu dengan bagian dari artikel utamanya, berjudul Tidak menjelaskan asal tanda sebagai berikut "Bagaimana R4BIA muncul?": "Pemilik tanda ini tewas di Rabia al-Adawiya Square, oleh kudeta militer yang berlangsung di Mesir pada tanggal 3 Juli 2013.

"Orang-orang Mesir, yang ingin merebut kembali kepercayaan mereka, kebebasan, masa depan dan penilaian mereka bagi presiden terpilih pertama di Mesir Mohamad Mursi, melancarkan perlawanan kolektif belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah dunia, pada 28 Juni di Rabia al-Adawiya Square.

"Di sanalah mereka membuat tanda untuk pertama kalinya dengan menaikkan keempat jari mereka. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya, dan siapa yang menemukan tanda atau yang datang dengan ide untuk itu."

Artikel itu mengatakan mereka yang menggunakan tanda empat jari itu, sejatinya yang pertama kalinya, dan kemudian akhirnya dibunuh selama intervensi militer. Ditanya tentang makna tanda, para pengunjuk rasa di Lapangan Adawiya yang dikutip mengatakan, "" Ini adalah 'Rabia,.

Tanda 'Rabia' berarti empat atau keempat dalam bahasa Arab. Nama persegi ini berasal dari Rabia al- Adawiya, seorang wanita sholihah diberkati di antara hamba-hamba Allah yang saleh. Dia menerima nama Rabia, karena dia adalah anak yang keempat dalam keluarga. Kami menggunakan tanda untuk menghargai warisannya.

"Alasan kedua mengapa tanda ini memiliki makna penting adalah kenyataan bahwa Mohamad Mursi adalah presiden keempat Mesir setelah Gamal Abdel Nasser, Anwar Sadat dan Hosni Mubarak. Kami membuat tanda untuk mengingatkan rakyat dan Muslim tentang statusnya sebagai presidenan.

"Selain itu, orang-orang yang berkumpul di Tahrir Square untuk mendukung kudeta militer lebih memilih tanda V dibuat dengan dua jari. Kita tidak sama dengan para pendukung Kudeta. Kami menggunakan dan menyebarkan tanda Rabia untuk membedakan diri dari mereka. "

Mengapa Warna Hitam dan Kuning?

Bagian mengenai asal usul tanda juga memberikan informasi tentang bagaimana sangat populer logo hitam-kuning muncul.

"Di antara berbagai logo yang dirancang untuk mewakili tanda Rabia, satu tangan dengan warna  hitam, dan warna kuning pada latar belakang dapat tertangkap lebih cepat daripada yang lain. Orang-orang mulai menggunakannya di mana-mana.

"Yang perlu diperhatikan tentang desain bahwa pencipta logo dikatakan telah menggunakan warna kuning mengacu pada kubah emas Masjid Sakhra Qubbatus di Yerusalem, yang menjadi kiblat pertama bagi Muslim, dan warna hitam untuk menandai kain hitam yang menutupi Ka'bah. "

Website menjadi milik dan tanda Muslim seluruh dunia yang menolak kekejaman militer dan tanda kebebasan dan perjuangan.

Rabia al-Adawiyah adalah simbol kebangkitan, yang lahir dari peristiwa yang sangat menggugah hati, dan  dipicu terjadinya pembantaian massal, penindasan, penindasan terhadap hak-hak politik, ekonomi dan budaya - baik di Barat dan Timur - yang menargetkan Islam dan Muslim.

"Konsep-konsep Barat seperti demokrasi, hak asasi manusia, kebebasan, kesetaraan dan hak untuk hidup, sering bersifat standar ganda, dan benar-benar runtuh di Palestina, Suriah, Bosnia dan terakhir di Mesir. Dengan semangat tanda Rabia, ini dan konsep yang sejenis akan ditafsirkan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. "

Pada halaman lain dari situs web, pertanyaan "Apa itu R4BIA?" dijawab dengan mengacu pada sejumlah konsep dan definisi:

"R4BIA adalah simbol kebebasan,

R4BIA adalah lahirnya sebuah gerakan baru untuk kebebasan dan keadilan,

R4BIA adalah lahirnya dunia baru,

R4BIA adalah kembalinya umat Islam ke panggung dunia,

R4BIA berarti keadilan, kebebasan dan hati nurani,

R4BIA adalah tempat di mana nilai-nilai yang disebut Barat runtuh,

R4BIA berarti para pahlawan Mesir yang menjadi bebas dengan mati "

Sebuah aspek penting dari situs "www.r4bia.com" adalah kurangnya informasi yang lebih luas tentang peristiwa yang  terjadi di dalam dunia Islam, khususnya di Mesir, dan negara lainnya yang mengalami nasib yang sama. Semoga. ratna m/depok/wb.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Legislator Mengharapkan Pemerintah RI Terjunkan Pasukan Perdamaian di Palestina

Legislator Mengharapkan Pemerintah RI Terjunkan Pasukan Perdamaian di Palestina

Ahad, 16 May 2021 06:55

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Ahad, 16 May 2021 06:28

Innalillahi, Ketua Umum MUI Sulsel Berpulang

Innalillahi, Ketua Umum MUI Sulsel Berpulang

Ahad, 16 May 2021 06:18

Studi Buktikan Vegetarian Punya Biomarker Lebih Sehat

Studi Buktikan Vegetarian Punya Biomarker Lebih Sehat

Sabtu, 15 May 2021 23:33

WhatsApp Mulai Pakai Kebijakan Privasi Baru Mulai 15 Mei

WhatsApp Mulai Pakai Kebijakan Privasi Baru Mulai 15 Mei

Sabtu, 15 May 2021 23:22

HNW Desak Kemendikbud Segera Koreksi Seluruh Aturan yang Ditolak MA tentang SKB Seragam

HNW Desak Kemendikbud Segera Koreksi Seluruh Aturan yang Ditolak MA tentang SKB Seragam

Sabtu, 15 May 2021 23:20

Venezuela Minta Komunitas Internasional Hentikan Serangan Israel Di Jalut Gaza

Venezuela Minta Komunitas Internasional Hentikan Serangan Israel Di Jalut Gaza

Sabtu, 15 May 2021 22:06

Roket Hamas hantam Pangkalan Udara Hatzerim Israel

Roket Hamas hantam Pangkalan Udara Hatzerim Israel

Sabtu, 15 May 2021 21:05

Serangan Udara Israel Di Kamp Pengungsi Gaza Tewaskan 8 Anak dan 2 Wanita Dari Keluarga Yang Sama

Serangan Udara Israel Di Kamp Pengungsi Gaza Tewaskan 8 Anak dan 2 Wanita Dari Keluarga Yang Sama

Sabtu, 15 May 2021 20:48

Fraksi PKS: Dunia Harus Segera Menghentikan Kebiadaban Israel!

Fraksi PKS: Dunia Harus Segera Menghentikan Kebiadaban Israel!

Sabtu, 15 May 2021 15:55

Buya Anwar Abbas Serukan Boikot Produk Berafiliasi Israel

Buya Anwar Abbas Serukan Boikot Produk Berafiliasi Israel

Sabtu, 15 May 2021 08:54

Istiqamah Setelah Ramadhan

Istiqamah Setelah Ramadhan

Sabtu, 15 May 2021 08:46

Warga Bekasi Sumbangkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Warga Bekasi Sumbangkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Sabtu, 15 May 2021 08:27

Band Rock Amerika Rage Against The Machine Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Band Rock Amerika Rage Against The Machine Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Jum'at, 14 May 2021 20:35

Cina Tahan 1000 Lebih Imam Dan Pemimpin Agama Islam Di Xinjiang Sejak Penumpasan 2014

Cina Tahan 1000 Lebih Imam Dan Pemimpin Agama Islam Di Xinjiang Sejak Penumpasan 2014

Jum'at, 14 May 2021 19:05

AS Tarik Personil Militer Dan Sipil Dari Israel Karena Meningkatnya Ketegangan Di Wilayah Pendudukan

AS Tarik Personil Militer Dan Sipil Dari Israel Karena Meningkatnya Ketegangan Di Wilayah Pendudukan

Jum'at, 14 May 2021 18:35

Zionis Israel Lanjutkan Kampanye Kematian Dan Penghancuran Di Gaza

Zionis Israel Lanjutkan Kampanye Kematian Dan Penghancuran Di Gaza

Jum'at, 14 May 2021 17:55

Hamas Sebut Targetkan Stasiun Irone Dome Dan Pangkalan Udara Israel Dengan Peluru Kendali

Hamas Sebut Targetkan Stasiun Irone Dome Dan Pangkalan Udara Israel Dengan Peluru Kendali

Jum'at, 14 May 2021 17:25

PAN Minta KPK Pertahankan Novel Baswedan Cs

PAN Minta KPK Pertahankan Novel Baswedan Cs

Jum'at, 14 May 2021 10:19

AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

Jum'at, 14 May 2021 10:07


MUI

Must Read!
X