Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.155 views

The Power Of Emak atau Ibu Bangsa?

Oleh : Tari Ummu Hamzah  

Masyarakat Indonesia memiliki banyak julukan kepada ibunya. Ada yang memanggil dengan sebutan Mamak, Si Mbok, Biyung, Emak, dll. Tapi akhir-akhir ini kata Emak tidak lagi dipakai dalam berbagai bahasan. Sebab kata Emak sudah dikonotasikan negatif oleh sebagian orang. Mengapa demikian? Kita sering mendapati di jalan raya, jika Emak membawa motor, yang paling sering terjadi adalah "sen kiri belok kanan". Kalau di rumah, hukum yang berlaku adalah Emak tidak pernah salah. Selalu benar. Kalau sudah terpojok, tangis yang menjadi senjata. Selesai masalah .

Jika sudah demikian, apakah itu yang namanya "Power" seorang Emak? Lantas seperti apa "Power" emak yang sesungguhnya? Kalau dilihat dari kacamata agama Islam, bukankah syurga itu ditelapak kaki ibu? Islam memberikan kemuliaannya yang indah bagi para Ibu. Itu point pertama.

Point yang kedua. Emak juga identik dengan pendidikan pertama anak-anaknya. Jadi seperti apa generasi bangsa kelak itu juga tergantung bagaimana ibunya. Apakah akan dididik menjadi seorang pemimpin atau sebagai pengikut saja.

Point yang ketiga. Istilah dibalik suami yang hebat, ada istri yang hebat pula. Nah di sini peran Emak tidak hanya memiliki posisi sebagai Ibu, tapi juga sebagai istri. Jika istrinya berakhlak baik sesuai dengan syariat Islam, maka seorang suami juga akan terjaga tingkah lakunya dari hal-hal yang diharamkan.

Point ke empat. Seorang Ibu juga bagian dari masyarakat, sehingga memiliki peran dalam perubahan tatanan masyarakat. Kita ambil contoh peran politik seorang Ibu dalam masyarakat. Peran politik ini bukan berarti harus duduk di singgasana sekelas DPR. Berperan aktif dalam mengurusi urusan ummat lewat dakwah Islam Kaffah, ini juga peran politik. Sebab dakwah Islam tidak melulu masalah ibadah, akhlak, dan hukum syariat tapi juga peduli terhadap kondisi bangsa ini. Bukankah Ibu adalah tiang negara? Jadi seorang Ibu juga harus mengetahui kondisi bangsa dan solusinya.

Itulah sedikit point yang menyangkut peran seorang Emak atau Ibu. Jadi mengapa kata Emak harus dikonotasikan negatif jika perannya sangat strategis untuk sebuah bangsa. Bahkan karena dianggap berkonotasi negatif, kata Emak diganti dengan ibu bangsa.

Apakah pergantian kata ini akan mengubah makna dan peran dari seorang Ibu itu sendiri? Tentu tidak kan? Apalah arti sebuah kata jika Emak tidak memiliki peran yang baik. Pergantian kata dari Emak menjadi Ibu bangsa ini, akankah mengubah nasib Emak? Saya rasa juga tidak. Sebab sampai detik ini para Ibu rumah tangga masih dipusingkan dengan kondisi ekonomi. Harga-harga melambung tinggi. Padahal kebutuhan banyak yang harus dipenuhi.

Disini memang Emak punya "Power" untuk mengatur keuangan rumah tangga. Tapi Emak pun punya hak untuk sejahtera. Sebab keinginan para Ibu sebenarnya cukup sederhana. Yaitu bisa memenuhi kebutuhan pokok dan gizi anggota keluarga, bersedekah, serta beribadah.

Jadi meskipun kata Emak akan diubah menjadi ibu bangsa, tak masalah. Selama hak dan kewajibannya terpenuhi agar para Emak menjadi ibu bangsa sejati. Wallahu alam bishowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Bercita-cita ngin jadi Dai hafiz Quran, Gasyim & Julaibib tak bisa ikut Ujian Nasional karena menunggak biaya selama 3 tahun (Rp 32 juta). Sang ibu tidak bekerja krn uzur sakit-sakitan....

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X