Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.126 views

Gempa dan Permulaan Akhir Zaman

Oleh:

Trisnawati, Member Revowriter Aceh

Setelah bencana gempa bermagnitudo 7 mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (5/8/2018), jumlah korban terus bertambah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, korban meninggal dunia bertambah menjadi 105 orang per Selasa (7/8/2018). "Sampai dengan siang ini, total 105 orang meninggal dunia, yang terdapat di Kabupaten Lombok Utara 78 orang, Kabupaten Lombok Barat 16 orang, Kota Mataram 2, Kabupaten Lombok Timur 2 orang, dan Kota Denpasar 2," di kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (7/8/2018). (www.kompas.com)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, kekuatan gempa Lombok yang mencapai 7 SR dapat berpotensi memunculkan gelombang laut besar atau tsunami."Berpotensi terjadi tsunami," tulis BMKG, Minggu (5/8/2018). (www.liputan6.com).

Jika mendengar kabar tentang gempa dan tsunami maka yang terbayang adalah Aceh. gempa berkekuatan 9,1 sampai 9,3 skala Richter mengguncang dasar laut di barat daya Sumatra, sekitar 20 sampai 25 kilometer lepas pantai. Hanya dalam beberapa jam saja, gelombang tsunami dari gempa itu mencapai daratan Afrika. Tsunami yang menyapu 14 negara termasuk Indonesia ini menewaskan lebih dari 230.000 orang. Indonesia menjadi satu dari lima negara di Asia Tengara yang mengalami kerusakan dan korban jiwa paling besar.

Yang terbayang adalah kiamat, di saat Aku dan keluarga mengalami musibah tsunami Aceh. Namun ada sedikit keraguan karena janji Allah tentang berkuasanya kaum muslimin dengan tegaknya kembali khilafah’ala minhajin nubuah belum terwujud. Mungkin inilah permulaan akhir zaman.

Dalam buku The Final Chapter (hari-hari terakhir dunia) karangan Jerry D. Gray, beliau menjelaskan berdasarkan Al-Qur’an dan hadist yang membuktikan bahwa saat ini kiamat sudah sangat dekat. Di mana saat ini kita berada pada titik kritis tepat sebelum dajjal muncul di hadapan umum. Namun sebelum itu terjadi kita akan memasuki masa keemasan dan menikmati dunia yang damai.

Tak dipungkiri tanda-tanda permulaan akhir zaman makin terlihat dan semakin kita rasakan. Berikut hal-hal yang kita rasakan dan dapat kita lihat secara nyata pertanda tersebut berdasarkan dalil:

1. Gempa Bumi

Sebagaimana yang kita rasakan beberapa hari yang lalu dimana kita kembali merasakan gempa, bahkan gempa hampir setiap saat dirasakan dari gempa ringan, sedang bahkan sampai gempa berat yang pernah terjadi di Aceh.

“Hari kiamat (hari akhir) tidak akan terjadi hingga....gempa bumi menjadi sangat sering” (HR. Bukhari)

“ ada dua peristiwa besar sebelum hari kiamat...dan kemudian tahun-tahun yang penuh gempa.” (Diriwayatkan Oleh Ummu Salamah r.a)

 

2. Mengeringnya Sungai Eufrat Tanda Munculnya Imam Mahdi

“ tidak lama lagi, sungai eufrat akan menampakkan harta karun berupa emas (setinggi gunung), maka siapapun yang hadir pada waktu itu, jangan mengambil sedikitpun dari harta itu.” (HR. Bukhari)

“Sungai (Eufrat) akan menampakkan tumpukan emas setinggi gunung (dibawahnya).” (HR. Abu Daud)

Sungai ini telah di curi oleh turki yang tidak memiliki wewenang untuk secara logis mengambil apa Allah telah sediakan bagi seluruh penduduk yang hidup di sepanjang sungai ini. Hadist ini jelas dan mengingatkan manusia untuk tidak mengambil atau makan dari apa yang tidak halal (tumpukan emas).

3. Gerhana Bulan Dan Matahari Di Bulan Ramadhan.

“Ada dua tanda untuk kedatangan Imam Mahdi...pertama adalah gerhana bulan dihari pertama dibulan Ramadhan, dan kedua adalah gerhana matahari ditengah bulan ini.” ( Ibnu Hajar al-Haitami, Al-Qawl al-Mukhtashar fi’alamat al-Mahdi al-Muntazar, hlm. 47)

“Akan ada dua gerhana matahari di bulan ramadhan sebelum kedatangan Imam mahdi.” (MukhtasharTadzkirah Qurthubi)

4. Kemiskinan

“Kemajuan hanya akan berputar diantara orang-orang kaya, tanpa sedikitpun manfaat bagi kaum miskin.” (HR. Tirmidzi)

Hampir seluruh negara tak luput dari keberadaan penduduk miskin. Terjadi kesenjangan sosial yang cukup tingi. Para konglomerat semakin haus akan harta dan kekayaan hingga hilang rasa kemanusiaannya. Mereka menimbun kekayaan dan menyimpan kekayaan untuk mereka sendiri dengan menciptakan monopoli, berdusta, menipu, memcuri dan membunuh. Di sisi lain rakyat miskin semakin meningkat imbas dari rakusnya para kaum kapital yang tak bermoral.

5. Berlomba-Lomba Meninggikan Bangunan

“Manusia akan saling berlomba-lomba dalam membangun gedung-gedung tinggi.” (HR. Bukhari)

Mereka para pengusaha berlomba-lomba membangun gedung-gedung tinggi dengan memborong setiap jengkal tanah, memaksa kaum miskin untuk menjual sedikit demi sedikit harta yang mereka miliki. Tak ada lagi tempat buat rakyat miskin, bahkan tanah pun tak akan dijumpai namun semua telah ditutup oleh semen dan aspal.

6. Waktu Terasa Cepat

Nabi saw telah mengungkapkan sejumlah kebenaran tentang masa depan.

“Waktu akan berlau dengan cepat.” (HR. Bukhari)

“Akhir zaman itu tidak akan datang sebelum waktu menyempit, satu tahun menjadi seperti sebulan, satu bulan seperti seminggu dan satu jam seperti menyalanya api.” (HR. Tirmidzi)

Beritulah fakta bahwa kita hidup dalam waktu yang benar-benar terasa singkat. Sudah dipastikan bahwa kita berada dalam permulaan akhir zaman bahkan sedang menjalaninya dan masih banyak tanda lain dari Al-Quran dan as Sunnah yang menyampaikan tentang hal itu. Dan semoga tanda-tanda ini menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa terus beramal dan terikat dengan syariatNya dalam seluruh aspek kehidupan kita walau kita tak pernah tahu kapan nyawa akan pisah dari raganya atau menunggu hingga hari akhirat kelak. Wallahu’alam bi shawab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Latest News
Israel Tahan 900 Warga Palestina di Yerusalem Sejak Awal 2019, Sepertiganya Anak-anak

Israel Tahan 900 Warga Palestina di Yerusalem Sejak Awal 2019, Sepertiganya Anak-anak

Sabtu, 20 Jul 2019 22:00

HCS Sebut Mesir, UEA dan Prancis Dukung Serangan Baru Haftar ke Ibukota Libya Tripoli

HCS Sebut Mesir, UEA dan Prancis Dukung Serangan Baru Haftar ke Ibukota Libya Tripoli

Sabtu, 20 Jul 2019 21:15

India dan Filipina Minta Iran Bebaskan Awak Kapal Warga Negara Mereka yang Ditangkap IRGC

India dan Filipina Minta Iran Bebaskan Awak Kapal Warga Negara Mereka yang Ditangkap IRGC

Sabtu, 20 Jul 2019 20:45

Pejuang AQAP Tewaskan 5 Tentara Pemerintah Yaman di Wilayah Mudiya Abyan

Pejuang AQAP Tewaskan 5 Tentara Pemerintah Yaman di Wilayah Mudiya Abyan

Sabtu, 20 Jul 2019 20:30

AS akan Kerahkan Pasukan ke Arab Saudi

AS akan Kerahkan Pasukan ke Arab Saudi

Sabtu, 20 Jul 2019 19:46

Inggris Peringatkan Kapal-kapal Tidak Masuki Selat Hormuz

Inggris Peringatkan Kapal-kapal Tidak Masuki Selat Hormuz

Sabtu, 20 Jul 2019 19:15

Iran Sita Kapal Tanker Minyak Inggris di Selat Hormuz

Iran Sita Kapal Tanker Minyak Inggris di Selat Hormuz

Sabtu, 20 Jul 2019 18:57

Pemilu Bersejarah Sedang Berlangsung di Bekas Distrik Suku Pakistan

Pemilu Bersejarah Sedang Berlangsung di Bekas Distrik Suku Pakistan

Sabtu, 20 Jul 2019 18:45

Drone Tak Dikenal Serang Markas MIlisi Syiah Irak Hashd al-Sha'abi

Drone Tak Dikenal Serang Markas MIlisi Syiah Irak Hashd al-Sha'abi

Sabtu, 20 Jul 2019 17:35

AILA: Berkebaya Itu Pilihan, Bagi Muslimah yang Paling Penting Ikut Perintah Allah Menutup Aurat

AILA: Berkebaya Itu Pilihan, Bagi Muslimah yang Paling Penting Ikut Perintah Allah Menutup Aurat

Sabtu, 20 Jul 2019 17:19

Pelecahan Hukum

Pelecahan Hukum

Sabtu, 20 Jul 2019 14:25

Bau Otoriter

Bau Otoriter

Sabtu, 20 Jul 2019 13:21

Bahaya UU ITE di Depan Mata, Pegiat: Lagi Pada Sadar?

Bahaya UU ITE di Depan Mata, Pegiat: Lagi Pada Sadar?

Sabtu, 20 Jul 2019 13:07

Sah, Inilah 3 Bentuk Kurban Untuk yang Sudah Wafat

Sah, Inilah 3 Bentuk Kurban Untuk yang Sudah Wafat

Sabtu, 20 Jul 2019 13:00

Anies, Icon Kerakyatan dan Ke-Indonesiaan

Anies, Icon Kerakyatan dan Ke-Indonesiaan

Sabtu, 20 Jul 2019 12:54

TransJakarta Buatan Cina, Kemanakah Kini?

TransJakarta Buatan Cina, Kemanakah Kini?

Sabtu, 20 Jul 2019 12:07

Waspadai Pelangi Buatan Manusia dalam Simbol Sexual Menyimpang

Waspadai Pelangi Buatan Manusia dalam Simbol Sexual Menyimpang

Sabtu, 20 Jul 2019 11:20

Fahri Hamzah: Bahayanya Kekuasaan di Tangan Orang Dungu

Fahri Hamzah: Bahayanya Kekuasaan di Tangan Orang Dungu

Sabtu, 20 Jul 2019 11:07

Suap Menyuap dan Korupsi sebagai Akarnya

Suap Menyuap dan Korupsi sebagai Akarnya

Sabtu, 20 Jul 2019 10:07

Film Dua Garis Biru, Potret Buram Tontonan Zaman Now

Film Dua Garis Biru, Potret Buram Tontonan Zaman Now

Sabtu, 20 Jul 2019 05:44


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X