Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.674 views

Kebangkitan Hakiki Di Mata Ummat

Oleh: Khairunnisa Fajriyanti (Aktivis Remaja Muslimah)

Apa yang Anda pikirkan ketika sudah memasuki tanggal 20 Mei? Ya, ada salah satu momen penting nan bersejarah bagi semesta rakyat Indonesia: Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), yang bertujuan mengenang perjuangan dari suatu gerakan segelintir pemuda mahasiswa STOVIA yang ingin ‘bangkit’ dari keterpurukan pemerintahan kolonial di Indonesia, yakni Boedi Oetomo.

Didirikan pada 20 Mei 1908, membuat tanggal tersebut dijadikan patokan dimulainya revolusi nasional, agar bumi pertiwi tidak tercengkram lama oleh tangan-tangan imperialisme.

Secara teoritis, adanya perayaan Harkitnas ini akan menjadikan pendorong bagi kemajuan seluruh elemen bangsa Indonesia, agar cita-cita bangsa dapat tercapai sejalan dengan Pancasila dan UUD 1945. Tahun ini, 110 tahun sudah kebangkitan nasional, apakah kita sudah benar-benar bangkit?

Apa yang kita lihat, dijalani, maupun diyakini dalam fakta kehidupan berbangsa dan bernengara sudah cukup membuat Indonesia tampil bangkit di mata dunia? Ataukah hanya mimpi di siang bolong, makna dari momen tahunan ini?

Mari kita telisik arti dari elemen penyusun kalimat “Kebangkitan Nasional” menurut KBBI.

1. “Bangkit” (diambi beberapa arti yang mendukung) :

bangkit/bang·kit/ v 1 bangun (dari tidur, duduk) lalu berdiri: ia -- dari duduknya; ia -- berdiri sambil mempersilakan tamunya duduk; 2 bangun (hidup) kembali: -- dari kubur; 3 timbul atau terbit (tentang marah): -- amarahnya mendengar ejekan itu

2. “Kebangkitan”:

kebangkitan/ke·bang·kit·an/ n 1 kebangunan (menjadi sadar): - Indonesia hanyalah satu bagian dari - umum di Asia; 2 perihal bangkit dari mati: Hari - Isa Almasih;- nasional perihal bangkitnya seluruh rakyat Indonesia sebagai satu kesatuan bangsa melawan dan mengusir penjajah melalui berbagai cara. 

3. “Nasional”:

nasional/na-si-o-nal/ a bersifat kebangsaan, berkenaan atau berasal dari suatu bangsa sendiri; meliputi suatu bangsa: cita-cita-; perusahaan-; tarian-

Sedangkan Wikipedia berpendapat bahwa, Kebangkitan Nasional adalah masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan Negaranya. Dari pengertiannya saja dapat kita simpulkan bahwa yang bangkit hanyalah semangat serta perasaan. Dimanakah peran akal untuk bangkit? Padahal sejatinya ada kontribusi akal pemikiran di dalam mengendalikan semangat dan perasaan tersebut, agar tidak salah dalam meluapkan keduanya.

Negara-negara di dunia, saling berlomba mengadakan pembangunan infrastruktur, penggalian teknologi, perkembangan SDA dan SDM. Namun, apakah semua itu menjamin negara-negara tersebut bisa bangkit? Apakah semua manusia yang tinggal di dalamnya sudah sepenuhnya sadar akan perlunya kebangkitan dalam hidupnya? Tengoklah Indonesia. Dengan segala kekayaan yang dipunyai, terlihat sangat menjanjikan rakyatnya lebih maju pesat menyaingi belahan dunia lain.

Tapi apa? Dengan pemerintahan yang bertindak semaunya; menjadikan uang sebagai tradisi mempermudah segala urusan; tak mempedulikan halal-haram yang penting perut kenyang hati senang; apatis dalam segala hal; demokrasi yang hanya memakan janji dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat namun tanpa realisasi; sekularisme kapitalis yang berhasil mencengkeram dan menggerogoti ideologi anak bangsa, sehingga yang diharapkan menjadi penerus kehidupan negara malah menjadi bibit perusaknya.

Fakta seperti itukah yang kita bilang Indonesia sudah bangkit? Masih ingin terus bersantai ria melihat kondisi ummat seperti itu? Apa yang harus kita perbuat? Kebangkitan seperti apa yang membangun ummat?

Kebangkitan ummat menurut Syekh Taqiyuddin an-Nabhani dalam kitab Hadayats ash-Shiyam mendefinisikan kebangkitan sebagai “irtifa’ul fikri” alias peningkatan taraf berpikir. Dari pengertian tersebut, bukan berarti ummat harus meraih pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bahkan berlomba-lomba mendirikan banyak institusi pendidikan agar tercipta generasi yang pintar dan cerdas, melainkan adanya perubahan keadaan dari rendah (terpuruk) menjadi tinggi (berjaya).

Contohnya dalam menanggapi persoalan maupun kebijakan pemerintah yang terus mencekik rakyat, jika ummat tak menyadari bahkan bisa tak mau tau atau hanya berpasrah dengan keadaan, akan berpikir “ah udah lah yang penting hidup saya tercukupi walau pas-pasan”, atau seperti ini, “ya gimana caranya mau ngerubah peraturan kalo ujung-ujungnya pejabat yang berkuasa, demo-demo juga ga didengar, mending terima aja deh daripada nambah beban hidup”.

Kalau pola pikir masyarakat sudah seperti ini, berbahaya. Kebangkitan akan dirinya saja sudah terbenam, bagaimana dengan negerinya?

Sebagai agama mayoritas di Indonesia, Islam merupakan agama yang haq; pengatur segala macam aspek kehidupan manusia berdasarkan wahyu Allah yang tertuang dalam nash Al-Quran dan sunnah Rasulullah saw.

Islam juga sebagai ideologi, yang menjadikan Islam sebagai pedoman hidup, yang akan mengatur segala pola pikir kita dalam menjalani hari-hari dalam hidupnya. Tak hanya berbicara aturan ibadah ritual saja (shalat, puasa, pergi Haji, dsb.), namun ada kontribusi terhadap bidang-bidang lain seperti halnya ekonomi, sosial, politik, pendidikan, hukum dan pemerintahan, dll.

Maka sewajarnya sebagai seorang Muslim sadar akan agamanya sebagai ideologi yang memuaskan akal serta menenteramkan hati, tak perlu takut maupun risau dengan penilaian segelintir manusia, yang selama ini menuduh paham Islam kaffah sebagai ‘radikalis’, ‘kolot’, ‘intoleran’.

Yakinlah bahwa pemikiran Islami sebagai suatu tonggak dalam kebangkitan ummat yang hakiki di mata Allah swt. Wallaahua’lam bi showab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
ATSI Dukung Pemerintah Beri Bantuan Kuota Internet untuk PJJ

ATSI Dukung Pemerintah Beri Bantuan Kuota Internet untuk PJJ

Ahad, 27 Sep 2020 21:07

Ilham Aliyev: Azerbaijan Hancurkan Peralatan Militer Armenia Sebagai Pembalasan Serangan Armenia

Ilham Aliyev: Azerbaijan Hancurkan Peralatan Militer Armenia Sebagai Pembalasan Serangan Armenia

Ahad, 27 Sep 2020 21:05

UEA Tandatangani Nota Kesepahaman Jadikan Dubai Sebagai Pusat Penting Bagi Bisnis Israel

UEA Tandatangani Nota Kesepahaman Jadikan Dubai Sebagai Pusat Penting Bagi Bisnis Israel

Ahad, 27 Sep 2020 20:45

Kasihan Pak Prabowo

Kasihan Pak Prabowo

Ahad, 27 Sep 2020 20:20

Pemerintah Yaman dan Pemberontak Syi'ah Houtsi Setujui Pertukaran 1000 Lebih Tahanan

Pemerintah Yaman dan Pemberontak Syi'ah Houtsi Setujui Pertukaran 1000 Lebih Tahanan

Ahad, 27 Sep 2020 20:00

Militer AS Gunakan Rudal 'Ninja' Rahasia Untuk Bunuh Target Penting di Suriah

Militer AS Gunakan Rudal 'Ninja' Rahasia Untuk Bunuh Target Penting di Suriah

Ahad, 27 Sep 2020 17:34

Demo Sejuta Umat Menolak Rencana Paroki Bunda Theresia Bekasi

Demo Sejuta Umat Menolak Rencana Paroki Bunda Theresia Bekasi

Ahad, 27 Sep 2020 09:39

Kalau Bukan PKI Nyatakan PKI Jahat dan Penghianat

Kalau Bukan PKI Nyatakan PKI Jahat dan Penghianat

Sabtu, 26 Sep 2020 23:36

Kanada Tangkap 'Mantan' Anggota IS Karena Diduga Berbohong Tentang Membunuh Orang di Podcast NYT

Kanada Tangkap 'Mantan' Anggota IS Karena Diduga Berbohong Tentang Membunuh Orang di Podcast NYT

Sabtu, 26 Sep 2020 21:45

7 Orang Ditahan di Prancis Setelah Penikaman Terkait Surat Kabar Satir Charlie Hebdo

7 Orang Ditahan di Prancis Setelah Penikaman Terkait Surat Kabar Satir Charlie Hebdo

Sabtu, 26 Sep 2020 21:05

AS Lipat Gandakan Hadiah Untuk Penangkapan Pemimpin Tertinggi Islamic State

AS Lipat Gandakan Hadiah Untuk Penangkapan Pemimpin Tertinggi Islamic State

Sabtu, 26 Sep 2020 20:35

Dokter: Saat Ini yang Terbaik Tetap Belajar dari Rumah

Dokter: Saat Ini yang Terbaik Tetap Belajar dari Rumah

Sabtu, 26 Sep 2020 20:35

Tragedi 21-22 Mei Jangan Dilupakan

Tragedi 21-22 Mei Jangan Dilupakan

Sabtu, 26 Sep 2020 20:20

Laporan: Oman dan Sudan Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Pekan Depan

Laporan: Oman dan Sudan Akan Umumkan Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Pekan Depan

Sabtu, 26 Sep 2020 19:30

Menkeu Gelontorkan Rp20 Triliun untuk Jiwasraya, Anis: Pencederaan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Menkeu Gelontorkan Rp20 Triliun untuk Jiwasraya, Anis: Pencederaan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sabtu, 26 Sep 2020 11:43

Korean Wave Inspirasi Halu

Korean Wave Inspirasi Halu

Sabtu, 26 Sep 2020 09:37

Pengabaian Keselamatan Jiwa Rakyat dalam Pilkada 2020

Pengabaian Keselamatan Jiwa Rakyat dalam Pilkada 2020

Sabtu, 26 Sep 2020 08:49

Covid-19: Antara Bunuh Diri dan Membunuh

Covid-19: Antara Bunuh Diri dan Membunuh

Sabtu, 26 Sep 2020 05:37

Rezim Nekad dan Tuli

Rezim Nekad dan Tuli

Jum'at, 25 Sep 2020 23:34

WhatsApp Akan Bisa Digunakan di 4 Perangkat

WhatsApp Akan Bisa Digunakan di 4 Perangkat

Jum'at, 25 Sep 2020 22:33


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X