Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.729 views

Merindukan Ulama

Oleh: Lia Sulastri (Member Akademi Menulis Kreatif )

"Ulama adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan Dinar atau dirham, yang mereka wariskan adalah ilmu. Siapa yang mengambil warisan itu berarti ia mengambil bagian yang banyak." (HR. Abu Dawud & Tirmidzi)

Makna hadits di atas adalah bahwa ulama mewarisi apa-apa yang menjadi tugas dan kewajiban para nabi yaitu menyebarkan dan menyampaikan ilmu yang dimilikinya kepada umat agar umat dapat memahami ilmu itu dan mampu mengamalkannya.

Ulama mempunyai peranan yang sangat penting di tengah-tengah umat, karena ulama merupakan sosok yang disegani dan diteladani baik dari bicara, sikap maupun perbuatan nya.

Ibnul Qayyim dalam l'lamul muwaqqi'in nya menyatakan bahwa ulama adalah orang yang pakar dalam hukum Islam, yang berhak berfatwa ditengah-tengah manusia, yang menyibukkan diri dengan hukum-hukum Islam kemudian menyimpulkannya dan merumuskan kaidah-kaidah halal haram.

Namun ada yang berbeda dengan kondisi ulama saat ini, dimana ada sebagian ulama yang menyimpulkan suatu hukum kemudian dengan hukum itu dikeluarkan suatu fatwa. Baru-baru ini MUI mengeluarkan fatwa yang membolehkan suatu bank ( syariah ) menggunakan dana non halal untuk kepentingan umat.

Dana non halal yang dimaksud adalah segala bentuk pemasukan bank syariah yang bersumber dari kegiatan yang tidak halal. Seperti bunga/denda dari keterlambatan pinjaman nasabah. Dana-dana non halal tersebut boleh digunakan untuk kemaslahatan umat, seperti pemberian bantuan korban bencana, penyaluran penunjang pendidikan di mesjid, dll.

Dengan sistem demokrasi kapitalis sekularisme ini dimana didalamnya mengusung asas manfaat akan menggiring manusia kepada perbuatan yang menghalalkan segala cara demi tercapainya suatu tujuan, termasuk para ulama itu sendiri. Ketika ulama menjadikan manfaat sebagai standar perbuatan dan mengesampingkan standar Islam yaitu halal haram maka yang terjadi adalah kehancuran.

Kondisi seperti ini tentu akan semakin membuat umat berada dalam kebingungan dan kerancuan. Tidak lagi berpegang teguh pada standar sesungguhnya yang sudah diberikan oleh islam yaitu halal dan haram.

Dalam pandangan Islam tentu saja hal ini sangat kontras..dimana peran ulama adalah sebaik-baik nya orang yang memainkan perannya sebagai pemimpin umat.

"Kami jadikan diantara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat kami." (QS. As-Sajdah: 24).

Ulama adalah orang yang mampu memahamkan penguasa dan umat mengenai hukum-hukum Allah SWT tanpa terkecuali. Memahamkan kepada umat betapa penting nya diterapkan hukum Allah SWT khususnya di negri ini agar umat mampu menjadikan standar kehidupan nya yaitu halal haram sesuai yang Allah perintahkan. Ulama yang berlaku lurus dan tegas yang tidak takut kepada penguasa, karena yang ia takutkan hanyalah Allah semata.

Inilah ulama yang dirindukan umat..ulama yang mampu membawa kebaikan kepada umat tidak hanya dunia nya saja tetapi juga kebaikan akhirat. Maka disinilah pentingnya merevitalisasi peran ulama agar kembali kepada hakikatnya sebagai ulama yaitu pewaris para nabi (warotsat Al-anbiya) yang mampu membangkitkan umat pada kebangkitan yang hakiki menuju tegaknya 'izzul islam wal muslimin. Wallahu 'alam bish-showabb. [syahid/voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Menunggak 3 Tahun, Dua Santri Yatim ini Tidak Bisa Ikut Ujian, Ayo Bantu..!!

Bercita-cita ngin jadi Dai hafiz Quran, Gasyim & Julaibib tak bisa ikut Ujian Nasional karena menunggak biaya selama 3 tahun (Rp 32 juta). Sang ibu tidak bekerja krn uzur sakit-sakitan....

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X