Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.846 views

Penyelenggara Pemilu Bekerjalah Secara Profesional

Oleh:

Karnali Faisal, Kolumnis

 

JIKA ada rakyat yang wanti-wanti berpesan kepada petugas KPU agar berhati-hati dalam memasukan data, tak harus ditanggapi sebagai upaya mendelegitimasi hasil pemilu.

Pesan itu harus dimaknai sebagai kontrol sosial terhadap penyelenggaraan pemilu. Ibarat peribahasa, tak ada asap kalau tak ada api. Tak muncul pesan itu, kalau tidak ada bukti kesalahan input data.

Mungkin situasi menjadi terasa lebih gaduh karena 'teriakan-teriakan' kepada KPU agar memperbaiki data yang salah. Tapi sebenarnya itu lebih baik ketimbang masyarakat mendiamkannya.

Pembiaran terhadap kesalahan input data justeru akan menurunkan kredibilitas KPU sebagai penyelenggara pemilu. Di sisi lain, ini akan memicu resistensi publik terhadap hasil pemilu.

Kesalahan input data itu manusiawi. Kesalahan entri data itu pun bisa terjadi pada suara 01 maupun 02. Yang terpenting ketika publik memberi alarm terhadap kesalahan itu, KPU langsung memperbaiki sesuai data yang sebenarnya.

Prinsipnya lebih baik salah input langsung diperbaiki ketimbang terus membiarkannya sehingga berdampak buruk terhadap penilaian kualitas pemilu.

Tak perlu ada yang dicemaskan dengan keriuhan pasca pemilu. Keriuhan-keriuhan itu merupakan konsekuensi dari era keterbukaan informasi.

Media-media sosial yang bisa diakses siapapun menjadi katalis dari semakin terbukanya informasi tersebut. Rekaman video dari Aceh hingga Papua bisa beredar cepat dalam hitungan menit.

Perolehan suara di masing-masing TPS bisa diketahui persis setelah penghitungan selesai. Tak perlu kurir yang harus berminggu-minggu mengirimkan hasil pemilu, cukup teknologi internet yang membuat kita dengan mudah mengetahui semuanya.

Dengan kondisi tersebut, tak ada pilihan lain bagi para petugas penyelenggara pemilu. Bekerjalah secara profesional. Masyarakat dengan berbagai perangkat yang dimilikinya akan ikut mengawasi. Salah satunya emak-emak yang paling jeli urusan hitung-menghitung.

Ingatlah selalu karakter Emak-emak. Uang kembalian kurang 100 perak aja ditanyain, apalagi data suara yang berkurang, pasti bakal teriak terus. Ayo teriak lagi, Maaak...!**

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

IDC akan menggelar santunan yatim, jompo dan lansia bertepatan dengan peresmian Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya. Mari berjihad bersama Yatim dan dhuafa, peluang masuk surga bersama Nabi sedekat...

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

Pengasuh Madrasah Diniyah Tarbiyatut Tholabah Purbalingga ini diuji Allah dengan penyakit langka. Kulit di sekujur tubuhnya mengelupas, bersisik, luka bernanah, gatal dan nyeri cekot-cekot....

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Di pekan ketiga IDC sudah serahkan donasi 29 juta rupiah untuk biaya perawatan Khaulah Kamilah. Bayi prematur anak ustadz aktivis dakwah ini masih dirawat intensif inkubator di rumah sakit Anna...

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X