Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.551 views

Kasus Narkoba di Arab Saudi Meningkat

Menurut peneliti dari UNODC,  tingginya angka kejahatan narkoba tidak lepas banyaknya  pekerja asing

Hidayatullah.com--Sebuah konferensi internasional yang membahas masalah narkoba mulai digelar di Saudi, Selasa kemarin. Setelah satu pekan sebelumnya pemerintah mengumumkan salah satu hasil tangkapan terbesar narkoba dalam sejarah Arab Saudi.

Konferensi yang diikuti lebih dari 480 pakar dari 26 negara itu akan fokus membahas perang melawan narkoba melalui pelatihan petugas keamanan, program-program pencegahan dan berbagi informasi.

Data United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menyebutkan, Arab Saudi menempati daftar teratas negara yang berhasil menyita obat-obatan jenis amfetamin selama tahun 1998-2007, yang jumlahnya mencapai 27% dari total hasil tangkapan di berbagai negara.

Annemarie Profanter, profesor dari Libera Università di Bolzano, Italia, yang meneliti perdagangan narkoba di kawasan Teluk khususnya Arab Saudi, mengatakan bahwa penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda Saudi terus meningkat. Mereka mengkonsumsi berbagai jenis narkoba seperti kokain, heroin, ganja dan alkohol. Termasuk obat-obat yang biasa diberikan dengan resep dokter seperti ridlin, oxyconton, seconal dan sebagainya.

Wilayah yang paling banyak kasus penyalahgunaan narkoba di Arab Saudi justru Propinsi Mekah. Dalam beberapa tahun belakangan, jumlahnya terus meningkat. Puncaknya pada tahun 2009 dengan jumlah sekitar 9.000 kasus, demikian menurut harian Al Madinah, Selasa (27/4).

Menurut Dr. Ashraf Shilbi dari Universitas King Saud, Riyadh, pertambahan kasus pertahunnya mencapai angka 1.000.

Wilayah kedua yang paling banyak kasus narkoba adalah Riyadh, disusul Jazan, Ash-Sharqiyah, Asir, Madinah, Tabuk, Al-Qassim dan Al-Jawf.

Jumlah pecandu yang dirawat di Jeddah naik dari 10.876 pada tahun 2000 menjadi 35.857 pada tahun 2009. Di Riyadh dari 13.520 melonjak jadi 40.515 pada periode yang sama. Sementara di Dammam pada tahun 2000 jumlahnya 1.263, naik menjadi 2.932 pada tahun 2009.

Menurut kajian yang dilakukan Dr. Shilbi, kejahatan narkotika dan obat terlarang melibatkan warga Saudi dan asing. Sekitar 22% yang terlibat sindikat penyelundupan narkoba adalah warga negara asing.

Beberapa negara yang mengkuti pertemuan internasional itu antara lain Yordania, Bahrain, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Sudan, Mesir, Libya, Libanon, Kuwait, Iraq, Suriah, Yaman, Rumania, Belgia, Australia, Perancis, Qatar, Uni Emirat Arab, Jerman, Austria, Rusia dan Iran.

Menurut peneliti dari UNODC, Thomas Pietschmann, tingginya angka kejahatan narkoba di Saudi tidak lepas dari pembangunan pesat negara kaya minyak itu. Di mana Saudi membuka hubungan dengan negara-negara maju dan mengimpor banyak pekerja asing.

Dalam presentasinya di hari kedua, Nawal Al-Shammari  menyampaikan hasil studinya. Kurangnya pendidikan pada anak dan kurangnya perhatian orangtua terhadap anak dituding menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba. Kajian yang menyoroti usaha lembaga pendidikan dalam memerangi narkoba itu menilai, perlakuan kasar seperti memukuli anak dan menghukum mereka tanpa sebab yang jelas, membuat anak-anak frustasi dan menjadi nakal.

"Mereka kabur dari rumah dan mencari perlindungan orang tak bermoral yang menggunakan narkoba," katanya ketika presentasi.
 
"Anak-anak putus sekolah rawan menjadi korban narkoba," tambahnya.

Al-Shammari menyeru organisasi-organisasi sosial agar menyelenggarakan program bersama keluarga, untuk memberikan konsultasi kepada mereka bagaimana cara membesarkan anak-anaknya.

Acara tiga hari itu dibuka pada hari Selasa lalu oleh Wakil PM Kedua dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif. Dalam acara yang dihadiri ratusan orang dari 26 negara itu juga digelar sesi khusus wanita. [di/an/tml/hidayatullah.com]

foto: sebuah toko obat di Saudi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X