Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.178 views

Tarekat Naqsabandiyah Sudah Idul Adha Hari Senin

Padang (voa-islam.com) - Sebanyak 100 lebih pengikut tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatra Barat, Senin (15/11), memadati Surau Baru untuk melaksanakan salat id.

Kumandang takbir yang dilantunkan sejak pukul 07.00 WIB menandakan mereka hari ini merayakan Iduladha. Perayaan ini lebih cepat dibandingkan dengan keputusan Kementerian Agama yang menetapkan Iduladha jatuh pada Rabu nanti atau lusa.

Usai bertakbir, mereka kemudian melaksanakan salat id dua rakaat. Menurut imam Surau Baru, Zahar, jemaah tarekat Naqsabandiyah menetapkan jatuhnya 10 Zulhijah berdasarkan perhitungan hisab munjid yang telah dilakukan secara turun-temurun.

Tidak hanya di Surau Baru, ribuan pengikut tarekat Naqsabandiyah yang tersebar hingga ke Jambi dan Bengkulu juga serentak merayakan Iduladha pada hari ini. Usai melaksanakan salat id, mereka langsung menyembelih sejumlah hewan kurban

Menag: Jadilah Umat Yang Universal

Semantara itu dari Arafah, Menteri Agama Suryadharma Ali mengajak seluruh umat muslim dapat menjadi umat yang universal setelah wukuf, yaitu memperhatikan nasib dan kesejahteraan saudara-saudaranya agar terhindar dari keterpurukan.

..."Universalitas keutamaan hari arafah dapat dimaknai bahwa keutamaan ini berlaku bagi seluruh umat Muslim yang menunaikan ibadah haji maupun yang tidak melaksanakan,...

"Universalitas keutamaan hari arafah dapat dimaknai bahwa keutamaan ini berlaku bagi seluruh umat Muslim yang menunaikan ibadah haji maupun yang tidak melaksanakan," kata Menag selaku Amirul Haj dalam sambutannya, di Arafah, Senin.

Pada pidato yang disampaikan di tenda misi haji Indonesia itu, nampak hadir Dubes RI Gatot Abdullah Mansyur, Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Irjen Suparta, Dirjen PHU Slamet Rianto, Konjen RI Zakaria Anzar dan Kepala Staf Tekhnis Urusan Haji (TUH) Syairazi Dhimyati.

Menag mengatakan, puncak ibadah haji adalah wukuf di Arafah, berdiam diri antara tergelincirnya matahari pada 9 Zulhijah sampai matahari terbenam dengan berpakaian ihram. Wukuf punya makna sebagai replika kehidupan baru di Padang Mahsyar saat manusia dibangkitkan kembali dari kematian oleh Allah.

Saat itu, katanya, semua manusia sama di hadapan Allah, yang membedakan kualitas imannya. "Wukuf juga melambangkan kehidupan baru setelah hari pengadilan. Karena itu, wukuf hendaklah menjadi umat yang universal," katanya.

Pada bagian lain menag juga menjelaskan sejarah Rasulullah, Nabi Muhammad SAW menjelang wafat yang menyampaikan pidato di Padang Arafah.

Pidato itu kemudian dikenal sebagai "Khutbatul Wada", pidato perpisahaan. Pesan pidato Rasulullah mengandung pesan universal yang menafikan perbedaan di antara sesama manusia, yang merupakan ajaran Islam, penuh dengan pesan kemanusiaan, sarat dengan akhlak dan persaudaraan bagi seluruh umat manusia.

Dalam kaitan ini, ia minta jemaah haji Indonesia diharapkan dapat mengaplikasikan makna hari Arafah dalam konteks kondisi bangsa yang tengah ditimpa berbagai bencana alam, banjir di Wasior, tsunami di Mentawai dan meletusnya Merapi.

Karena itu, ia sebagai amirul haj mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk melaksanakan shalat ghaib di tenda masing-masing untuk para arwah korban musibah tersebut.

"Semoga Allah menurunkan rahmatNya untuk tidak membebani bangsa kita dengan cobaan di atas kemampuan yang diberikan kepada kita," kata Suryadharma Ali. (Ibnudzar/yho)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam