Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.069 views

Gubernur Kepri Lepas Kafilah Da'i Dewan Dakwah

Riau (voa-islam.com) - Penempatan para da’i di Kepulauan Riau (Kepri) akan sangat membantu pembinaan spiritual masyarakat setempat. Sebab, warga tersebar di wilayah Provinsi Kepri yang cukup luas, terdiri ribuan nusa, dan sebagian besar merupakan berupa lautan.

Hal itu disampaikan Gubernur Kepri H Muhammad Sani, dalam acara penglepasan kafilah da’i Dewan Dakwah di rumah Gedung Daerah Kepri di Tanjungpinang, Ahad (16/2/2014) pagi.

Kafilah da’i dipimpin jajaran pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Provinsi Kepri yang diketuai Fauzi Mahbub. Sedang tuan rumah yang besoknya berangkat umroh sekeluarga, didampingi antara lain Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin Jamal.

"Pemerintah dan masyarakat Kepri mengucapkan terimakasih kepada para da’i Dewan Da’wah ini, yang dengan ikhlas mau membantu membina masyarakat di pulau-pulau," ucap Muhammad Sani.

Dalam ramah tamah usai sarapan itu, Gubernur Sani tak lupa menyampaikan sejumlah pesan kepada para da’i yang kebanyakan masih muda dan berasal dari luar Kepri.

Para da’i yang akan ditempatkan di desa-desa terpencil, kata Gubernur, bisa menjadi penyambung lidah Pemerintah Provinsi Kepri. Utamanya para da’i yang berasal dari luar Kepri, ia mengingatkan agar bisa menempatkan dan menyesuaikan diri dengan kultur masyarakat setempat.

"Lakukanlah dakwah dengan baik dan santun. Beradaptasi dengan budaya setempat, jangan menggurui, jangan memaksakan kehendak. Selalulah rendah diri, rendah hati sehingga masyarakat bisa menerima. Sebelum berdakwah, kehadiran saudâra-saudara harus bias diterima terlebih dulu oleh masyarakat setempat," pesan Sani. 

Kepala Daerah Kepri berharap, kehadiran da’i semakin meningkatkan keharmonisan masyarakat yang sebagian berbeda agama.

Para da’i, imbuh Sani, juga harus sabar dalam berdakwah di lingkungan yang sangat terbatas fasilitas kehidupannya. Juga bersabar terhadap keragaman respon masyarakat setempat.

‘’Kita dalam posisi benar saja, ada sebagian masyarakat yang tidak puas dan menentang. Apalagi kalau kita melakukan kesalahan,’’ katanya, sambil berharap da’i jangan bersedih jika amalnya tidak dihargai manusia.

Dalam laporannya, Fauzi Mahbub menyampaikan, Dewan Dakwah Kepri sudah memiliki Radio Dakwah dan sedang membangun Markas Dakwah. Markas Dakwah terdiri masjid dan gedung enam lantai yang akan difungsikan sebagai asrama da’i, aula, mini swalayan, dan laboratorium bahasa.

Fauzi mengungkapkan, da’i Dewan Dakwah yang akan diterjunkan ke Kepri pada angkatan pertama ini berjumlah 50 orang. ‘’Kloter pertama berjumlah 36 dai, sisanya akan menyusul pada Maret 2014,’’ katanya.

Para da’i akan ditempatkan di 50 desa yang tersebar di 4 kabupaten yaitu Karimun, Bintan, Lingga, dan Natuna.

Sebelum diterjunkan, para da’i mengikuti pembekalan selama 10 hari di Tanjungpinang. Pembekalan menghadirkan narasumber dari Dewan Dakwah Pusat dan Provinsi Kepri seperti Ketua Dewan Syuro Dewan Dakwah Kepri Huzrin Hood, serta dari Pemprov Kepri. Materi pembekalan terdiri spiritualitas, fiqih ibadah praktis, praktik penyelenggaraan fardhu kifayah, sosiologi dakwah, dan lifeskill di bidang pertanian.

Untuk mendukung dakwah para da’i di Kepri, LAZIS Dewan Dakwah mengajak masyarakat turut membiayai program-program spiritual-sosial-kemanusiaan seperti asuransi kesehatan da’i, qurban, pengembangan usaha jamaah, ifthor Ramadhan, dan sebagainya.

Partisipasi silakan menghubungi 021-31901233 atau SMS 0858-8282-4343.[PurWD/nurbowo/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X