Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.535 views

SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Gelar Plasmic 2021

SURAKARTA (voa-islam.com)--267 siswa SD/MI yang berasal baik dari Jawa maupun luar Jawa mengikuti kegiatan Perlombaan Plasmic 2021 (PK Olimpiad Social, Mathematics, and science) yang digelar SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta pada 25-30 September 2021. Perlombaan tingkat nasional tersebut digelar secara virtual.

Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko mengatakan perlombaan tahunan ini sudah dipersiapkan sejak Juli lalu. “Tujuan kompetisi ini adalah untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan diri siswa, serta mengasah kemampuan akademik,” terangnya. 

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Aryanto menambahkan, tahun ini Plasmic dilaksanakan secara nasional. Peserta lomba terjauh berasal dari Kabupaten Sorong, Papua dan Kupang, NTT. Terdapat empat siswa dari MI Muhammadiyah 2 Kabupaten Sorong dan lima siswa dari MI Nurul Huda Kota Kupang. Terdapat pula siswa dari MIN 1 Berau, Kalimantan. 

“Selain dari luar jawa, ada peserta dari SD/MI Bekasi, Blora, Sragen, Karanganyar, Prambanan, Bogor, Cirebon, Boyolali, Surakarta, dan sebagainya. Tercatat 122 peserta olimpiade IPA, 43 peserta IPS, dan 86 peserta Matematika. Adapun LCC diikuti 16 tim,” jelas Aryanto. 

Asyanda Nabila Rachamadani, siswa MI Nurul Huda Kota Kupang merasa senang karena bisa berkompetisi dengan siswa di luar daerah. Meski persiapan diri hanya singkat, tetapi berusaha percaya diri dalam berkompetisi. Hal yang serupa diungkapan Galih Satria dari MI Muhammadiyah Sorong, Papua. Ia mengaku senang dan gembira bisa mengikuti lomba. “Semoga setiap tahun diadakan lomba serupa untuk menambah wawasan dan membawa nama baik sekolah,” ungkap siswa luar jawa tersebut.

Proses perlombaan olimpiade tiga mapel yakni IPA, IPS, dan Matematika diikuti siswa secara virtual pada Kamis (30/9). Peserta terlebih dahulu masuk melalui zoom meeting. Panitia mengarahkan peserta untuk masuk di link CBT soal sesuai petunjuk. Selama mengerjakan siswa wajib memperlihatkan diri melalui kamera zoom meeting dengan pengawasan penuh dari panitia. Terlihat ratusan siswa antusias mengikuti.

Sementara itu, tim Muhammad Rizky Ovarla Pratama dari SD Muhammadiyah Plus Salatiga bertarung melawan tim Muhammad Luthfi Hammam dari SD Muhammadiyah Tahfizul Qur'an Wonokerto, Pekalongan serta tim Nursafitryah dari MI At Taqwa, Bekasi dalam final Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang live di youtube PK TV pada Jumat (1/10). Sebelumnya tiga tim tersebut sudah melalui seleksi penyisihan dan babak semi final. Akhir kompetisi dimenangkan oleh tim LCC dari SD Muhammadiyah Plus Salatiga. 

Adapun, juara Lomba Olimpiade Matematika antara lain, Juara pertama diraih oleh Satria Yudhistira, SDN Kebon Baru 4, Cirebon, Juara kedua Moses Markhesywan Ganda Ribowo, SDN 2 Genteng, Juara 3 Naila Rosyada Wahyudi, MI At Taqwa Bondowoso. 

Juara Olimpiade IPS antara lain, Juara pertama Khairana Widi Apsarini, SD Muhammadiyah PK Banyudono, Juara kedua Chiquita Zakiyah Ramadhani Setiawan, SD Muhammadiyah PK Boyolali, dan Juara ketiga, Bintang Pradipta, SD Muhammadiyah PK Boyolali. 

Juara Olimpiade IPA antara lain, Ibrahim Naufal Yuhdi, SD Muhammadiyah 1 Puncanganom, Sidoarjo, Juara kedua Thian Adelio Naufal, SDN Kebon Baru 4, Cirebon, dan Juara ketiga Muhammad Rifat Abdullah SD Takmirul Surakarta.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X