Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.572 views

Tiga Jenderal Turki Dihukum 20 Tahun!

Ankara (voa-islam.com) Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, di mana militer Turki, yang menjatuhkan Khilafah Otsmaniyah, dan mengganti sistem Turki dari Khilafah menjadi Republik, serta selalu mengcoup setiap pemerintahan yang mencoba menjadikan Islam sebagai sistem, mengganti sistem sekuler. Itu berlangsung sejak tahun l924, di mana seorang  opsir Jenderal Kemal Attaturk, berkuasa dan menjadi presiden.

Tetapi, sekarang para jenderal itu, sudah tidak lagi sakti, dan harus menghadapi pengadilan. Mereka tidak dapat berbuat apapun, kecuali menerima keputusan pengadilan, yang mengadili mereka. Di bawah kekuasaan Partai AKP, yang berbasis Islam, tiga orang jenderal dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, karena mencoba melakukan kudeta.

Tiga mantan jenderal Turki yang menjadi  tersangka utama dalam percobaan kudeta Sledgehammer dijatuhi hukuman 20 tahun penjara atas tuduhan kudeta, dengan keputusan itu, mengakhiri secara terus-menerus keterlibatan militer dalam politik, dan sering terlibat dalam keributan kekuasaan, melalui kudeta, setiap pemerintahan sipil, yang dianggap tidak sesuai dengan konstitusi Turki yang sekuler.

Mantan Panglima Angkatan Darat Jenderal purnawirawan Cetin Dogan, mantan Panglima Angkatan Udara Jenderal Halil Ibrahim Firtina dan mantan Komandan Pasukan Angkatan Laut Laksamana Ozden Ornek awalnya ditutut hukuman penjara seumur hidup, tetapi pengadilan mengubah ketiga jenderal di vonis 20 tahun penjara, karena mereka terbukti dengan fakta-fakta melakukan percobaan kudeta.

Mantan Jenderal Engin Alan, Kepala Akademi Militer Jenderal Bilgin Balanlı, mantan Jenderal Ergin Saygun, mantan Sekjen Dewan Keamanan Nasional (MGK) Sukru Sarıışık, mantan Jenderal Nejat Bek, mantan Adm Ahmet Feyyaz Öğütçü dan mantan Jenderal Suha Tanyeri juga masing-masing dijatuhi hukuman 18 tahun penjara.

Jaksa menuntut hukuman penjara 15-20 tahun untuk terdakwa yang ikut berkomplot ingin menjatuhkan pemerintahan Turki, dibawah Partai AKP yang dipimpin Perdana Menteri Tayyeb Erdogan.

Pensiunan Jenderal Alan, yang terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Gerakan Nasionalis (MHP) dalam pemilu lalu, juga di antara para tersangka. Pensiunan Jenderal Levent Ersöz merupakan tersangka utama dalam penyelidikan. Dia tidak menghadiri sidang hari Jumat.

Sledgehammer

Pertama kali plot Sledgehammer adalah muncul di depan publik, pada tanggal 20 Januari, 2010, ketika harian Taraf mengklaim bahwa sekelompok jenderal  bersekongkol berusaha menggulingkan pemerintahan yang dipimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP Party). Mereka merancang plot berjudul Sledgehammer (Rencana Operasi Keamanan).

Harian mengklaim bahwa di antara rencana para jenderal itu pengeboman Masjid Fatih, salah satu masjid yang terbesar İstanbul, selama berlangsungnya shalat Jumat, dan ini sebuah kekejaman yang tujuannya menghancurkann  kepercayaan publik pada pemerintah. Plot ini dirancang pada tahun 2003, menurut kertas.

Keesokan harinya, Kantor Kejaksaan İstanbul melancarkan penyelidikan atas klaim itu. Empat puluh pensiunan jenderal dan perwira yang bertugas aktif - termasuk berpangkat tinggi,  jenderal dan laksamana Dogan, Suha Tanyeri, Saygun dan Ozden Ornek ditahan pada 24 Februari 2010.

Tujuh orang, termasuk Ramazan Cem Gürdeniz, seorang laksamana senior, ditangkap dalam gelombang pertama penangkapan. Pada 26 Februari, Dogan dan pensiunan Jenderal Engin Alan bersaksi untuk khusus berwenang jaksa Bilal Bayraktar, dan ditahan oleh putusan Pengadilan Tinggi Pidana 10, menghadapi tuduhan "mencoba untuk menggulingkan pemerintah Republik Turki dengan penggunaan kekuatan dan kekerasan. "

Dakwaan terhadap tersangka diterima pada tanggal 19 Juli 2010. Awalnya ada 196 tersangka - semuanya pensiun atau  perwira militer aktif  - dalam persidangan.

Pada 6 Desember, 2010, sidang mengambil sembilan karung dokumen yang ditemukan di bawah ubin lantai di Komando Angkatan Laut Golcuk, yang  merinci skenario untuk menggulingkan Partai AK. Sidang pertama pada 16 Desember 2010.

Pada Juni 2011, empat perwira militer ditangkap dalam persidangan. Jaksa Hüseyin Ayar menyelesaikan dakwaan kedua pada tanggal 16 Juni, mendakwa 28 orang tersangka, termasuk Jenderal Bilgin Balanlı dan Jenderal İsmail Taş. Surat dakwaan itu diterima oleh pengadilan pada tanggal 28 Juni 2011, dan jaksa menuntut hukuman hingga 20 tahun untuk tersangka atas tuduhan mencoba kudeta. Pada 15 Agustus 2011, pengadilan mulai mendengar tuduhan dalam dakwaan kedua.

Sebuah penangkapan pada 19 September 2011, yang menjdi saksi kunci Kolonel Senior Ümit Metin - yang sudah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan terpisah ke dalam dugaan persekongkolan untuk membunuh laksamana angkatan laut beberapa - ditangkap sebagai tersangka Sledgehammer.

Pada tanggal 3 Oktober 2011, Jenderal Beyazıt Karatas, sebagai tersangka, menyerahkan diri ke pihak berwenang.  Oktober, gabungan pengadilan dengan dua dakwaan ke dalam percobaan tunggal yaitu, kudeta. Namun dakwaan ketiga - terhadap 143 tersangka - telah diterima pada 23 November, 2011. Dakwaan ini dimasukkan ke dalam sidang utama pada tanggal 29 Desember 2011, sehingga jumlah tersangka dalam persidangan menjadi 365.

Pada tanggal 2 Maret tahun ini, mantan Kepala Staf Umum Jenderal Yasar Buyukanit pensiun dan Panglima Gendarmerie Jenderal Bekir Kalyoncu bersaksi di pengadilan. Pada tanggal 14 Maret, pensiunan Jenderal Ergin Saygun, tersangka lain yang dicari oleh jaksa, menyerahkan diri masuk Dia ditangkap pada hari yang sama.

Pada tanggal 29 Maret, jaksa menyampaikan 920-halaman opini pada persidangan. Pada tanggal 6 April, pengadilan mengajukan keluhan terhadap 11 pengacara dengan mencoba untuk mempengaruhi pengadilan yang adil.

Pada 3 Agustus, pensiunan Jenderal Hilmi OZKOK,  kepala staf umum pada saat dugaan penyusunan plot Sledgehammer, bersaksi di pengadilan. Ia mengatakan ia telah memperingatkan para jenderal terhadap melewati garis yang tidak lazim, terlibat dalam politik,  dan berusaha melakukan kudeta.

Dengan dijbloskan  ke dalam penjara  para jenderal yang melakukan percobaan kudeta terhadap pemerintahan Erdogan itu, maka  berakhirlah superemasi kekuasaan militer Turki, dan sekarang dibawah kendali sipil, dan tunduk kepada konstitutsi baru.

Di mana militer hanya sebagai penjaga keamanan dan kedaulatan negara, di bawah perintah pemerintahan sipil, Partai AKP, yang dipimpin Perdana Menteri Recep Tayyeb Erdogan.

Inilah sebuah prestasi terbesar dalam sejarah Turki, di mana kekuasaan sipil, berhasil mengakhiri supremasi militer yang sudah berkuasa sejak tahun l924. mhd.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X