Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.980 views

Salimah Gelar Silaturahmi Kossuma Nasional

JAKARTA (voa-islam.com)--Pimpinan Pusat Persudaraan Muslimah menggelar Silaturrahmi Kossuma Nasional pada Ahad (12/11). Acara yang dilaksanakan secara daring diikuti oleh para pengurus Kossuma (Koperasi Syariah Serba Usaha Muslimah), Outlet Salimah, UMKM binaan serta pengurus Salimah seluruh Indonesia.

Silaturrahmi Kossuma (Silatkos) ini mengangkat tema "Bersama Kossuma, Bergerak Menggapai Indonesia Maju dan Berkah".

Menurut Ketua Departemen Ekonomi PP Salimah, Eko Sri Wahyuni, Silatkos kali ini merupakan salah satu rangkaian Gebyar Hari Ibu yang diselenggarakan Salimah sejak tanggal 1 hingga 26 Desember 2021.

"Silaturrahmi Kossuma sebenarnya merupakan agenda tahunan yang mengumpulkan pengurus Kossuma seluruh Indonesia. Idealnya ini merupakan Kossuma Fair, dimana seluruh Kossuma dan outlet Salimah menampilkan dan menjual produk-produknya. Namun, dua tahun terakhir Silatkos tidak bisa dilaksanakan disebabkan pandemi," jelas Eko.

Namun demikian, keterbatasan acara daring dimeriahkan dengan pelaksanaan lomba video kreatif yang diikuti oleh Kossuma, UMKM, dan Outlet Salimah seluruh Indonesia. Di video tersebut para peserta mempromosikan produk-produknya yang diunggah di tik tok.

Sementara itu, Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati, menjelaskan bahwa Silatkos sudah dilaksanakan sejak tahun 2018. Menurutnya, di era digital kebaikan lebih cepat tumbuh berkembang sehingga manfaat Kossuma dapat dirasakan oleh masyarakat secara lebih luas.

"Paradigma yang dibangun Salimah adalah bahwa dalam ekonomi, urusan sekecil apapun harus dihitung sebagai amal yang akan dibawa di hari akhir. Dan dalam beramal, Salimah bekerjasama dengan berbagai lapisan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berkah," tutur Etty.

Silaturrahmi Kossuma kali ini menampilkan tiga narasumber yang membahas topik-topik update yang dibutuhkan untuk peningkatan ekonomi anggota.

Ketua Kossuma Sleman, Hilmy Istiqomah, membahas topik Membebaskan Anggota dari Jeratan Rentenir. Ia menjelaskan bahwa Kossuma Sleman yang berdiri sejak tahun 2006 menerapkan sistem tanggung renteng, dimana setiap anggota masuk dalam kelompok-kelompok.

"Setiap kelompok mendapat pembinaan rutin terkait penerapan transaksi syariah. Dalam pertemuan rutin tersebut didiskusikan masalah dan solusi untuk semua anggota," kata Hilmy.

Selanjutnya, Ketua Kossuma Depok, Ratna Munayya, menjelaskan topik Pendampingan Usaha Mikro di Era Pandemi. Menurutnya, Kossuma Depok tetap melaksanakan RAT meski di tengah pandemi. Melalui RAT, Kossuma bergerak menghadapi pandemi dengan menghidupkan UMKM anggotanya.

"Untuk anggota yang terdampak pandemi, Kossuma Depok memberikan bantuan berupa paket sembako. Selain itu, kami menjalin hubungan dengan pemerintah untuk mendapat peluang bagi anggota menerima dana hibah. Kami juga mendorong anggota untuk memproduksi barang-barang yang dibutuhkan masyarakat selama pandemi," ucap Ratna.

Topik berikutnya adalah Rencana Kerja Produktif 100 Hari Pertama di 2022 yang disampaikan oleh Staff Departemen Ekonomi PP Salimah, Yuli Prassetiowati.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba video kreatif dengan kategori Kossuma, UMKM, dan Outlet Salimah.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Jum'at, 12/04/2024 13:42

Generasi Enggan Menikah, Apa yang Salah?