Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.690 views

Presiden SBY Frustasi Oleh Korupsi, Rakyat Akan Berontak

Jakarta (voa-islam.com) Presiden SBY seperti sudah melempar "handuk" (menyerah) menghadapi korupsi di Indonesia. Korupsi sudah menggeroroti sistem negara. Tidak ada lagi yang bebas dari pedemi korupsi. Bahkan, Partai Demokrat, di mana Presiden SBY menjadi ketua umumnya, sekarang hancur oleh korupsi.

Presiden SBY seperti sudah kehilangan kemauan menghadapi korupsi di Indonesia. Padahal, Presiden SBY memiliki "discreassi" (kewenangan) bertindak dengan berdasar undang-undang pasti mampu menghapus korupsi di Indonesia.

Presiden SBY bisa menggunakan kekuasaan secara maksimum mehghapus korupsi di Indonesia. Tetapi, semua itu, tidak terjadi, dan tidak ada pada diri Presiden SBY sebagai  kepala ekskutif, yang sangat diharapkan oleh rakyat dan bangsa.

Tetapi, justeru Presiden SBY mengeluarkan unek-uneknya di Singapura, hanya "carmuk" (cari muka), seakan-akan SBY sudah mengguanakan segala kewenangannya dalam upaya memberantas korupsi di Indonesia. Sejatinya, SBY belum apa-apa, alias belum menggunakan kekuasaannya dan kewenangan secara maksimum dalam memberantas korupsi.

Seperti diketahui, saat berlangsung dialog di depan Forum Pasar Global yang diselenggarakan Thomson Reuters di Singapura, pekan lalu, saat berkunjung ke Singapura, Presiden SBY membuat pernyataan yang sangat mengejutkan. Presiden SBY dalam pernyataan itu, dua kali mengakur "frustasi", karena membangun sistem yagn bersih dari korupsi di tanah air tak semudah yang dibayangkan.

Memang, Presiden SBY, dirinya, keluarga, dan partainya, seharusnya menjadi tauladan, sebagai sosok tokoh yang bersih, benar-benar tidak terkontaminasi dengan segala bentuk korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), seperti yang pernah terjadi di zaman Soeharto.

Seandainya, SBY bisa menjadi tokoh panutan,dan memberikan tauladan secara gamblang, dan bersikap tegas terhadap segala bentuk KKN, maka SBY akan mendapatkan penghargaan, dan  akan dikenang sebagai tokoh yang bersih dan bebas dari korupsi.

Tetapi, SBY sendiri tidak mampu memberikan tauladan, dan tidak mampu hidup dengan bersahaja, serta menjauhkan diri dari KKN. Ini sangat nyata, karena bersamaan itu sebagian tokoh-tokoh utama di  Partai Demokrat terlibat dalam KKN. Ini menandakan SBY tidak juga terbebas dari KKN.

Namun, sikap Presiden SBY yang secara eksplisit menegaskan dirinya merasa frustasi, dan gagal menciptakan sistem yang bersih dari KKN itu, menunjukkan Presiden SBY sudah melemparkan "handuk" alias menyerah terhadap KKN.

Seandainya, Presiden SBY menggunakan seluruh kewenangannya, kalau membuat dekrit negara dalam keadaan  bahaya, akibat ancaman korupsi, dan kemudian melakukan tindakan tegas terhadap para koruptor, dan menghukum mati para koruptor, maka SBY akan dikenang, usai jabatannya. Tetapi, semuanya hanya nonsen, alias tiak akan pernah terjadi.

Menanggapi sikap Presiden SBY yang sudah merasa frustasi itu, selanjutnya Dosen Sosiologi Politik UGM Arie Sujito mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak boleh frustrasi membangun sistem negara yang bersih dari korupsi, saat di Singapura.

Menurut Arie, SBY punya otoritas melakukan sesuatu kebijakan, sehingga tidak boleh mengeluh frustrasi. "Waduh, gimana kalau Presiden sudah frustrasi? Rakyat bisa ngamuk. Dia punya otoritas untuk melakukan sesuatu. Jadi jangan meratapi sesuatu yang seharusnya dia mampu," tandasnya saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (24/4).

Hampir 10 tahun pemerintahannya kini, hingga SBY mengatakan bahwa dirinya frustrasi, lanjut Arie, itu sama halnya ia menyadari bahwa dirinya (SBY) gagal, sama seperti hipotesis terkait dirinya yang menilai demikian.

"Ini artinya ada kesalahan sistemik. Dengan dia mengatakan dirinya frustrasi berarti sadar bahwa dia gagal. Kalau dia memang punya komitmen, tentu SBY berani melakukan gebrakan dan terobosan di tiap kebijakannya," lanjutnya.

Pihaknya mencontohkan, SBY seharusnya bisa bertindak tegas terhadap menteri yang terlibat kasus pidana korupsi untuk dipecat. "Ia juga harus menciptakan bagaimana sistem agar tidak ada celah untuk korupsi. Jadi, siapapun menteri yang korup pecat saja, kementerian yang di evaluasi bermasalah, juga di pecat," tandasnya.

Terkadang,  SBY terlalu mentolerir laporan bawahannya. Sehingga hanya mengetahui hal yang baik-baik saja. Padahal di lapangan amburadul. Contohnya, papar Arie, masalah Ujian Nasional (UN), tambahnya.

"Ya jangan terlalu percaya kepada bawahan. Laporan baik-baik ternyata hasilnya jeblok. Itu tandanya ada yang salah dengan kepemimpinannya. Jika ia tidak melakukan terobosan, rasa frustrasi ini akan jadi boomerang nantinya," tandasnya.

"SBY jangan memaklumi sistem yang salah, sementara dia punya otoritas untuk memperbaiki sistem. Sekarang tinggal pertaruhan dirinya di sisa masa jabatannya ini. Rakyat sedang menungggu keberaniannya," pungkasnya.

Nampaknya, SBY sudah kehabisan akal menghadapi korupsi di Indonesia, dan tidak mampu lagi bertindak dengan tegas. Karena pemerintahan SBY dibangun  diatas "koalisi" partai-partai politik, dan yang melakukan korupsi para dedengkot partai politik. Sehingga, SBY kehilangan nyali menghadapi para dedengkot partai politik.

Apalagi, SBY dan Partai Demokrat tidak dapat memberikan tauladan. Justeru Partai Demokrat menjadi juara nomor "wahid" dalam korupsi. Ini yang membuat SBY menjadi frutasi. Wallahu'alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Sabtu, 16 Jan 2021 07:51

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Sabtu, 16 Jan 2021 07:37

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Sabtu, 16 Jan 2021 06:27

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

Sabtu, 16 Jan 2021 02:14

Memilih Pemimpin

Memilih Pemimpin

Jum'at, 15 Jan 2021 21:15

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Jum'at, 15 Jan 2021 19:45

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Jum'at, 15 Jan 2021 16:56

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 12:59

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Jum'at, 15 Jan 2021 11:35

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Jum'at, 15 Jan 2021 11:10

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 15 Jan 2021 10:59

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 10:47

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

Jum'at, 15 Jan 2021 00:16

Ketua KPU Arief Budiman Dipecat

Ketua KPU Arief Budiman Dipecat

Jum'at, 15 Jan 2021 00:10

Unduhan WhatsApp Menyusut Buntut Pengumuman Kebijakan Privasi Baru

Unduhan WhatsApp Menyusut Buntut Pengumuman Kebijakan Privasi Baru

Kamis, 14 Jan 2021 21:05

Pemberonak Syi'ah Houtsi Bantai 20 Petani di Taiz Yaman

Pemberonak Syi'ah Houtsi Bantai 20 Petani di Taiz Yaman

Kamis, 14 Jan 2021 20:45

Ngenes, Kematian Nakes Tertinggi se-Asia?

Ngenes, Kematian Nakes Tertinggi se-Asia?

Kamis, 14 Jan 2021 18:54

Ketua STAI PTDII: Syekh Ali Jaber Inspirasi Program Tahfiz

Ketua STAI PTDII: Syekh Ali Jaber Inspirasi Program Tahfiz

Kamis, 14 Jan 2021 16:21

Orang Meninggal dengan Izin Allah, Apa Maksudnya?

Orang Meninggal dengan Izin Allah, Apa Maksudnya?

Kamis, 14 Jan 2021 14:45

Meski Sempat Jadi WN Arab Saudi, MUI Sebut Syekh Ali Jaber Cinta Indonesia Sepenuh Hati

Meski Sempat Jadi WN Arab Saudi, MUI Sebut Syekh Ali Jaber Cinta Indonesia Sepenuh Hati

Kamis, 14 Jan 2021 14:36


MUI

Must Read!
X