Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.605 views

Dapatkah ISIS Mengelola Sistem Pemerintahan Khilafah?

MOSUL (voa-islam.com) - Dunia seperti  tersentak saat mendengar deklarasi Khilafah. Seperti dentuman meriam yang sangat menggetarkan setiap telinga yang mendengarkannya. ISIS mendeklarasikan sebagai bentuk 'Khilafah' yang membentang dari Irak sampai Suriah, namun para analis mempertanyakan berapa lama ISIS mampu mempertahankan hegemoni kekuasaannya?

Masyarakat internasional sangat terkejut sesudah ISIS berhasil menguasai kota terbesar kedua Irak Mosul pada awal Juni. Keberhasilan ISIS menguasai Mosul memberikan dasar pijakan sebagai kekuatan dan politik mendirikan pemerintahan Islam.

Sejauh ini ISIS sebagian besar harus dihadapkan persoalan yang sangat pelik, dan komplek tentang pembebasan wilayah-wilayah yang masih dikuasai oleh rezim Syi'ah dibawah Nuri al-Maliki. Sekalipun ISIS mendapatkan keuntungan dengan sentimen golongan Sunni yang terdzalimi oleh al-Maliki. Inilah salah faktor yang membuat begitu cepatnya Mosul jatuh ke tangan ISIS.

Mereka yang tinggal di kekhalifahan sekarang dapat memperoleh paspor negara Islamiyah, dan membuat surat kabar dan online dalam berbagai bahasa.

Komitmen ISIS sebuah pemerintahan yang Islami dan terorganisir, dan menghapus segala ancaman keamanan, dan membuka jalan, memulihkan jaringan listrik dan membayar pegawai pemerintah.

Abu Bakr al-Baghdadi - j dikenal sebagai Khalifah Ibrahim - ISIS mempertahankan para pegawai secara penuh, di mana  sekitar 1.000 komandan lapangan tingkat atas yang terlibat dalam pengelolaan negara. Mereka semua bertanggungjawab atas kelangsungan pemerintahan Khilafah Islam.

Gaji bulanan berkisar dari $ 300 dollar sampai $ 2.000 dollar, dan  ini dipandang cukup, mengingat bahwa pekerja pemerintah Irak tahun lalu hanya $ 400 dollar. ISIS juga membayar semua pejuang di semua tingkatan, bahkan di tingkat (level) yang paling rendah

Namun, menjaga tidak menjaga kelangsungan kota-kota yang sudah dikausainya bisa berjalan lancar tidak mudah, dan ini bisa menghambat keberadaannya,  karena mengelola pemerintahan setiap kota memberlukan biaya besar, terutama  mempertahankan kekhalifahan, kata seorang pakar.

Anggaran yang sangat dibutuhkan mengelola pemerintahan, dan biaya operasional, dibayai dengan  menjual minyak mentah dari ladang minyak di bawah kekuasaannya. ISIS akan sangat mampu membiayai pemerintahan, karena ISIS menguasi ladang minyak terbesar di Irak.

Setiap harinya bissa menghasilkan 2 juta barrel, dan sekarang harga minyak mentah di pasaran internasional $ 114 perbarel. Ini sudah sangat cukup dengan 2 juta barel. ISIS sekarang juga mengendalikan bank-bank yang ada, dan menarik pajak terhadap truk yang melintasi wilayah perbatasan.

Namun, ISIS tidak mungkin memiliki sumber daya yang cukup, terus beroperasi memprluas wilayahnya , kata Charles Ries, mantan duta besar AS yang mjabat sebagai wakil presiden di think-thank Rand Corp.

"Saya tidak melihat situasi yang seperti berkelanjutan dari sudut pandang ekonomi," kata Ries, saluran AS CNBC melaporkan. Namun, segalanya tetap berlangsung. Tanpa dipengaruhi situasi yang ada. Bahkan, pejuang ISIS berhasil merebut kota Tikrit kembali dari tangan pasukan pemerintah Irak.

Kemungkinan untuk mencukupi keuangannya, ISIS  akan mencoba  mengambil alih ladang minyak lebih luas sekitar Irak, kata David Ottaway, seorang peneliti senior di Woodrow Wilson Center, dan mantan koresponden Washington Post, di Timur Tengah.

"Mereka akan membutuhkan lebih banyak uang daripada yang mereka sudah dapatkan sejauh ini," kata Ottaway Al Arabiya News. Dalam pencarian minyak, dan menyebabkan konflik berkepanjangan dengan Kurdi, tambahnya.

Mungkin penentu lainnya bagi masa depan depan kekhalifahan adalah respon dan sikap dari masyarakat internasional dan regional.  Negara-negara Arab Teluk yang berbatasan dengan Irak sejauh ini mengambil sikap defensif.

Presiden AS Barack Obama menyerukan "kewaspadaan" atas ancaman kepentingan Amerika, dan  ia tidak membuat komitmen apapun, yang bertujuan memberantas ISIS. Meskipun, AS memberikan bantuan senjata besar-besaran kepada Presiden Irak Nuri al Maliki.

"Apa yang kita tidak akan lakukan adalah berpikir bahwa kita hanya akan mengirim pasukan AS yang terbatas. Kita akan mengambil tindakan terhadap kekuatan yang menduduki sebuah negara mana pun, atau  organisasi-organisasi ini muncul dan menjadi ancamaN," kata Obama saluran TV Amerika CBS bulan lalu.

Sementara itu,  akhir Juni, Raja Saudi Abdullah bin Abdul Aziz memerintahkan "semua langkah yang diperlukan" untuk melindungi negaranya dari ancaman terorisme.

Arab Saudi sudah mensiagakan sekitar 30.000 tentara  ke perbatasan dengan Irak, Al Arabiya News Channel melaporkan pada awal Juli. Seorang juru bicara pemerintah Yordania mengatakan pada Juni bahwa pembangunan militer di perbatasan Irak hanyalah "pencegahan," seperti dilaporkan AFP.

Kalangan pemimpin negara-negara Arab, melihat ancaman yang serius bisa datang dari ISIS, atau datang dari Syiah yang dipimpin Iran, kata Ottaway. 

Teheran terus-menerus memperbesar kekuatan militer Nuri al-Maliki, dan mengirimkan pasukan ke Irak, yang digunakan menopang rezim Maliki, yang paling baru Iran mengirimkan  jet tempur buatan Rusia yang khusus ditujukan melawan ISIS. Timur Tengah berada dalam dilema antara ISIS dan Syi'ah. Wallahu'alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Sabtu, 16 Jan 2021 23:17

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Sabtu, 16 Jan 2021 21:25

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Sabtu, 16 Jan 2021 21:05

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Sabtu, 16 Jan 2021 20:13

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Sabtu, 16 Jan 2021 16:41

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Sabtu, 16 Jan 2021 11:59

MUI Sampaikan Keberatan Kremasi Jenazah Muslim Covid-19 Sri Lanka

MUI Sampaikan Keberatan Kremasi Jenazah Muslim Covid-19 Sri Lanka

Sabtu, 16 Jan 2021 11:19

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Semasa Muda, Syekh Ali Jaber Sempat Bela Klub Sepakbola Terkenal di NTB

Sabtu, 16 Jan 2021 07:51

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Pak Taufan Damanik, Komnas HAM Itu Bukan Organisasi Selebriti

Sabtu, 16 Jan 2021 07:37

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Pesan Syeikh Ali Jaber kepada Putranya: Jaga Shalat dan Ibu!

Sabtu, 16 Jan 2021 06:27

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Wafatnya Syekh Ali Jaber

Sabtu, 16 Jan 2021 02:14

Memilih Pemimpin

Memilih Pemimpin

Jum'at, 15 Jan 2021 21:15

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Jum'at, 15 Jan 2021 19:45

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Jum'at, 15 Jan 2021 16:56

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 12:59

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Jum'at, 15 Jan 2021 11:35

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Jum'at, 15 Jan 2021 11:10

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 15 Jan 2021 10:59

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 10:47

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

Jum'at, 15 Jan 2021 00:16


MUI

Must Read!
X