Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.935 views

Yuk Bermuhasabah!

Oleh:

Novyana Choerunisa*

 

PERNAH gak sih berfikir? Kenapa ya hidup tuh gini-gini aja? Makan, tidur, kerja, nonton tv, main, sekolah, jalan - jalan, sosmed-an? Kayaknya ga jauh beda deh sama yang lain? Bahkan ga jauh beda dengan orang-orang di luar Islam? Paling yang membedakan, kita ada shalat, puasa, baca Al Qur'an, sama dengerin ceramah, yang kadang masuk kadang engga materi ceramahnya. Iya ga sih? Kalau iya, mungkin ini saatnya kamu untuk muhasabah. Introspeksi diri. Kenapa ya bisa gini? Apa bakal terus-terusan kaya gini? Sayang banget kan kalau ternyata pola kita kaya gini berulang terus hingga kita dewasa.

Ga ada nilai tambahnya di mata Allah SWT. Apa memang bener, Allah menciptakan kita untuk seperti ini? Pernah ga sih berfikir, kok kayaknya perilaku kita itu seakan-akan polanya turun temurun dari keluarga kita? Apa iya kita mau pola hidup kita yang biasa-biasa aja ini, nantinya akan menurun juga ke anak keturunan kita? Mending kalau yang turun-temurun itu semua kebaikannya. Kadang kalanya ada kebaikan orang tua kita, yang mungkin gak kita lakukan dengan berbagai alasan, hingga akhirnya terjadi degradasi akhlak kepada turunan di bawahnya. Ditambah lagi karena kita lebih banyak aktifitas di luar rumah. Akhirnya kita lebih banyak mengadopsi perilaku - perilaku yang ada di lingkungan sekitar.

Makanya gak aneh. Kenapa sebagian besar anak-anak muda makin ke sini makin kurang adab dan akhlaknya? Ada yang sampai tega membunuh orang tuanya, hi serem banget kan? Kalau zaman dulu, ibu-bapak, kakek- nenek kita mungkin gak ada yang berani untuk ngelawan ke orang tua, tapi lihat saat ini. Mereka kadang hilang adabnya kepada orang tua. Disuruh ini dan itu, jawabannya males.

Pernah ga sih, kadang kita dibanding-bandingin sama orang tua kita, seperti "ibu mah dulu, seumur kamu, udah bisa ini dan itu", atau "bapak mah dulu seumur kamu, udah jualan, menghasilkan uang buat nafkah keluarga". Kalau pernah, cepet - cepet introspeksi diri kita deh. Berarti kita sudah menerapkan kekhawatiran saya di atas, yaitu kita hanya meniru pola orang tua, dan kadang menghilangkan beberapa aspek kebaikan di dalamnya. Kok bisa gitu ya? Apa yang salah dalam diri kita?

Tenang guys, karna saya tau manusia itu tidak suka disalahkan. Saya informasikan bahwa kesalahan tidak 100% ada di kita. Tapi kita ga boleh santai-santai aja, menganggap ini bukan salah kita, sehingga kita terus larut dalam kesalahan kesalahan ini. Tapi sebaliknya, kita harus tau nih, what's wrong with me? With us? Kenapa? Karena kelak ketika di hisab, kita ga bisa menyalahkan orang lain, karena orang lain begini dan begitu. Yang pasti Allah SWT itu akan bertanya kepada kita, umurmu kau habiskan untuk apa? Kebayang dong, kalau ternyata justru dihabiskan oleh hal - hal yang tidak bermanfaat kaya yang disebutin di awal? Jikapun ada manfaatnya, mungkin perbandingannya kecil sekali. Apa iya kita mau terus - terusan hidup seperti ini? Dan menurunkan pola hidup seperti ini pula kepada anak cucu kita kelak?

Sudah saatnya kita mengenali diri sendiri. Muhasabah, lontarkan tiga pertanyaan kepada diri sendiri, dan jawab dengan jujur sesuai dengan apa yang kita lakukan dalam kehidupan ini. Pertanyaamnya: untuk apa kah kita hidup di Dunia? Kenapa kita bisa ada di Dunia ini? Dan akan kemana jika kelak kita meninggalkan dunia ini? Tiga pertanyaan ini, jadikan selalu bahan evaluasi diri. Pertanyaan di atas bukanlah pertanyaan biasa. Sebab, di dalamnya kita akan mengenal jati diri kita sesungguhnya. Kita akan tau apa yang akan kita lakukan ke depan, dan langkah-langkah apa saja yang akan kita ambil. Insyaallah jika kita memahami betul jawaban dari pertanyaan tersebut, Insyaallah kita akan mengenal kerangka yang jelas dalam menjalani hidup.

Tujuan hidup kita adalah alasan bagi kita untuk tetap melanjutkan hidup di dunia, apa kira - kira jawabannya? Karena kita berasal dari Allah yang Maha Menciptakan kita. Maka tentulah kita juga meyakini bahwa ketika kita meninggal dunia, kita akan menghadapi fase baru kehidupan. Dimana tidak ada pilihan lagi disana, akan dimasukkan ke dalam surga atau neraka, itu tergantung dari Allah SWT. Maka oleh karena itu, sudah seharusnya kita menjalani kehidupan itu karena Allah, walaupun melalukan aktivitas lain - lain, tetapi jangan sampai aktivitas itu menjadi poros kehidupan, karena sejatinya Allah telah mencukupkan (menjadikan) Islam sebagai agama sempurna segala kebutuhan ada di dalam Islam. Yuk muhasabah! Penulis tinggal di Bandung.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Latest News
Apresiasi Kerja TNI-Polri, Fadli: Kian Jelas Kelompok Teroris dengan Semangat Separatis

Apresiasi Kerja TNI-Polri, Fadli: Kian Jelas Kelompok Teroris dengan Semangat Separatis

Senin, 20 Nov 2017 11:27

Reuni Akbar 212 Diharap Menangkan Kekuasaan Umat

Reuni Akbar 212 Diharap Menangkan Kekuasaan Umat

Senin, 20 Nov 2017 10:58

Doa Paul Pogba untuk 'Budak' Afrika di Libya; Semoga Allah di Sisimu dan Kekejaman Ini Berakhir

Doa Paul Pogba untuk 'Budak' Afrika di Libya; Semoga Allah di Sisimu dan Kekejaman Ini Berakhir

Senin, 20 Nov 2017 10:06

Pejuang Islamic State Tewaskan Seorang Komandan Senior IRGC di Al-Bukamal Suriah

Pejuang Islamic State Tewaskan Seorang Komandan Senior IRGC di Al-Bukamal Suriah

Senin, 20 Nov 2017 08:15

'The Untouchable Papah', Korupsi dan Solusi Islam Mengatasinya

'The Untouchable Papah', Korupsi dan Solusi Islam Mengatasinya

Ahad, 19 Nov 2017 22:30

300 Istri Pejuang Islamic State (IS) Menolak Pergi dari Al-Bukamal, Siap Lawan Pasukan Assad

300 Istri Pejuang Islamic State (IS) Menolak Pergi dari Al-Bukamal, Siap Lawan Pasukan Assad

Ahad, 19 Nov 2017 18:28

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Sabtu, 18 Nov 2017 23:05

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Sabtu, 18 Nov 2017 22:00

Baghdad Klaim Kehadiran IS Telah Berakhir di Irak

Baghdad Klaim Kehadiran IS Telah Berakhir di Irak

Sabtu, 18 Nov 2017 21:22

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Sabtu, 18 Nov 2017 16:39

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Sabtu, 18 Nov 2017 16:28

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Sabtu, 18 Nov 2017 16:25

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

Sabtu, 18 Nov 2017 16:12

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:42

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Sabtu, 18 Nov 2017 10:41

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:11

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Sabtu, 18 Nov 2017 09:33

Keadilan yang Hilang

Keadilan yang Hilang

Sabtu, 18 Nov 2017 08:14

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Sabtu, 18 Nov 2017 08:11

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Jum'at, 17 Nov 2017 22:13


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X