Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.483 views

Amalmu Bukti Aqidahmu

 
Oleh: Muji S.pd (Pendidik. Anggota Pengajian Aonitat Magetan)
 
Ketidakpahaman kaum muslimin terhadap jatidirinya sebagai seorang muslim, membuat sebagian besar kaum muslim dalam menjalani kehidupan mereka dengan gambaran kehidupan yang tidak jelas dan tidak terarah.
 
Contohnya saja ketika perayaan Natal,  banyak kaum muslimin yang mengucapkan selamat hari natal kepada kaum nasrani. Bahkan ada juga umat islam yang ikut merayakan hari natal. Di samping itu ada umat islam yang malah membantu untuk menyiapkan dan memperlancar jalannya natal.
 
Contoh lain yang sering kita lihat yaitu ketika perayaan tahun baru masehi, banyak umat islam yang mempersiapkan berbagai cara bahkan rela untuk mengorbankan harta, jati diri, maupun agama untuk menyambut dan merayakan pergantian tahun baru masehi yang notabene bukan berasal dari islam.
 
Bukankah Rasulullah saw telah bersabda "sungguh kalian akan mengikuti jalan - jalan orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang - orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit swkalipun) pasti kalianpun akan mengikutinya " kami (para sahabat) berkata, "wahai Rasulullah,apakah yang diikuti itu adalah yahudi dan nasrani ? Beliau menjawab,  "Lantas siapa lagi? " (HR. muslim no.2679). 
 
Selain itu dari Ibnu Umar, Nabi d halal allahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka " (HR. Ahmad 2:50 dan Abu Daud no. 4031)
 
Amal/perbuatan seseorang sejatinya menunjukkan pemahaman seseorang terhadap suatu perkara. Ketika seseorang memiliki pemahaman yang berbeda terhadap suatu perkara yang sama, maka berbeda pula seseorang dalam menyikapinya dan dan mengambil tindakan, inilah yang menunjukkan aqidah seseorang. 
 
Aqidah, dalam bahasa arab berasal dari lafadz 'aqada ya'qidu 'aqidatan. yang berarti ma'qudah (sesuatu yang diikat), sesuatu yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan terima oleh akal pikiran.
 
Sedangkan aqidah dalam konteks islam didefinisikan sebagai pemikiran yang menyeluruh mengenai manusia, kehidupan, serta hubungan diantara semaunya dengan apa yang ada sebelum kehidupan (Pencipta) dan setelah kehidupkan (hari kiamat ), serta mengenai hubungan semuanya dengan apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan  (syariat dan hisab), yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan diterima oleh akal, sehingga menjadi pembenaran  (keyakinan) yang bulat, sesuai dengan realitas  (yang diimani) dan bersumber dari dalil (penj.  diskursus islam politik dan spiritual hal 114).
 
1) Seseorang yang beraqidah sekuler yaitu memisahkan agama dari kehidupan, pada hakekatnya mereka mengakuai akan adanya agama. Ia meyakini bahwa dunia, alam semesta, dan kehidupan ini ada yang menciptakan. pencipta itu ada. Allah itu ada. Ia pun yakin adanya akirat.
 
Namun ia berkeyakinan bahwa sang pencipta hanya bertugas menciptakan saja. Tidak berhak mengatur. urusan dunia menurut mereka harus diatur sendiri oleh manusia. Allah dalam keyakinannya, tidak menurunkan aturan apapun untuk mengatur seluruh bidang kehidupan manusia. Allah hanya menurunkan aturan dan tatacara ibadah ritual yang mengatur manusia denganNya.
 
Mereka berkeyakinan bahwa agama harus dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan negara. agama hanya mengurusi masalah ritual dan etika semata. Sehingga mereka bebas berbuat sekehendaknya. 
 
2. Seseorang yang beraqidah sosialis berarti mereka tidak meyakini adanya Sang Pencipta  (al khaliq), tidak meyakini adanya akhirat,  tidak meyakini adanya pembalasan. Ia meyakini bahwa hidup hanya sekali, di dunia ini. Ia pun merah bebas hidup di dunia dalam menentukan apa saja yang akan ia lakukan. Yang penting ia suka dan mau. pemikiran yang ada di akal dan hatinya inilah yang memimpinnya untuk bersikap dan berbuat. mereka berkeyakinan bahwa yang ada hanyalah yang bersifat materi saja. 
 
3. Sedangkan seseorang yang beraqidah islam berkeyakinan bahwa yang ada di alam ini di ciptakan oleh Allah swt. (Q.S. Thaha  20:14 dan Al Baqarah 2 :22). Allah menurunkan aturan, perintah dan larangan yang termaktub di dalam wahyu yang diturunkanNya sebagai aturan kehidupan.
 
Allah sajalah yang berhak menentukan hukum dan aturan bagi manusia (Q.s. Al Baqarah 2:2, al Qadr 97:1 an Nah 16:103 yang dibawa oleh Rasulullah  (Q.s.  Al Fath 48:28, 29;  Ash Shaf 61:9). Semua yang ada di dalam Al Quran harus diikuti  (Q.s.  Al Hasyr 59:7). Pada hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dihisab seluruh perbuatannya yang dilakukan di dunia ini (Q.s.  Al Mukmin 23:16 ; ar Ra'du 13:40).
 
Manusia di masukkan oleh Allah SWT ke surga dan ada juga yang ke neraka (Q.s.  Al Baqarah 2:25 ; ad Dukhan 44: 51-55 ; al Waqiah 55: 41-43). tugas manusia hanyalah untuk beribadah dalam arti luas (Q.s.  adz Dzariyat 51:56). Yang oleh Muhammad Quthub dalam bukunya mafahim yanbaghi an tushohah dimaknai sebagai taat kepada Allah, tunduk dan patuh kepadaNya serta terikat dengan aturan- aturan islam dalam segala aspek kehidupan. Maka orang yang berpegang kepada aqidah islam akan senantiasa terikat dengan aturan - aturan islam. 
 
Dengan demikian jelaslah bahwa seseorang yang sejatinya muslim tetapi tidak mau terikat dengan aturan Allah, bebas berbuat semaunya sendiri, meskipun dia muslim jelaslah aqidah mereka bukan islam. 
 
Seorang muslim hendaknya memiliki kepribadian  (syakhsiyah) islam. Kepribadian islam terbentuk dari pola pikir (aqliyah) islam dan pola sikap (nafsiyah) Islam.
 
Pola pikir islami adalah pola pikir yang senantiasa disandarkan pada syariat islam. sedangkan pola sikap Islami adalah sikap seseorang yang ketika hendak melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan nalurinya  senantiasa disandarkan pada islam  (syariat ialam). Dan inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim. [syahid/voa-islam.com]
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Berbagai ikhtiar dilakukan pasangan Eddy Saputra dan istrinya untuk mengatasi beratnya himpitan ekonomi, tapi selalu menemui jalan buntu. Bantuan justru datang dari orang yang membahayakan akidah:...

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Latest News
Kasus Sukmawati, Polisi Panggil Sekjen GNPF Ulama

Kasus Sukmawati, Polisi Panggil Sekjen GNPF Ulama

Selasa, 21 Jan 2020 23:08

Anggota Parlemen Iran Tawarkan 3 Juta USD untuk Membunuh Trump, Utusan AS: 'Itu Konyol'

Anggota Parlemen Iran Tawarkan 3 Juta USD untuk Membunuh Trump, Utusan AS: 'Itu Konyol'

Selasa, 21 Jan 2020 22:48

PDIP Bisa Tergiring Menjadi Pabrik Korupsi

PDIP Bisa Tergiring Menjadi Pabrik Korupsi

Selasa, 21 Jan 2020 22:24

Pemimpin Hamas Bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia di Doha Qatar

Pemimpin Hamas Bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia di Doha Qatar

Selasa, 21 Jan 2020 22:17

Laporan: Identitas Pemimpin Baru Islamic State Terungkap, Bukan Keturunan Arab Namun Turki Irak

Laporan: Identitas Pemimpin Baru Islamic State Terungkap, Bukan Keturunan Arab Namun Turki Irak

Selasa, 21 Jan 2020 22:05

Kapal Rombongan Wartawan Terbalik di Labuan Bajo, DPR Ingatkan SOP di Kawasan Wisata

Kapal Rombongan Wartawan Terbalik di Labuan Bajo, DPR Ingatkan SOP di Kawasan Wisata

Selasa, 21 Jan 2020 21:12

Fahira Idris: Kegaduhan Tak Pernah Berhenti, Gimana Bangsa Ini Mau Maju

Fahira Idris: Kegaduhan Tak Pernah Berhenti, Gimana Bangsa Ini Mau Maju

Selasa, 21 Jan 2020 20:18

Kalau Mau ke Neraka Sendirian Saja, Tidak Usah Ngajak-ngajak

Kalau Mau ke Neraka Sendirian Saja, Tidak Usah Ngajak-ngajak

Selasa, 21 Jan 2020 19:00

Antara Tipu Daya Wanita dan Tupu Daya Setan

Antara Tipu Daya Wanita dan Tupu Daya Setan

Selasa, 21 Jan 2020 14:59

Kapal Pinisi Rombongan Wartawan Peliput Kegiatan Jokowi Terbalik di Labuan Bajo

Kapal Pinisi Rombongan Wartawan Peliput Kegiatan Jokowi Terbalik di Labuan Bajo

Selasa, 21 Jan 2020 13:22

Garam di Negara Maritim Tak Lagi Asin

Garam di Negara Maritim Tak Lagi Asin

Selasa, 21 Jan 2020 12:54

Sukses Belum Identik Bahagia

Sukses Belum Identik Bahagia

Selasa, 21 Jan 2020 12:01

Ditlantas Polda Aceh Sosialisasi Tertib Lalu Lintas di SMA Adi Darma

Ditlantas Polda Aceh Sosialisasi Tertib Lalu Lintas di SMA Adi Darma

Selasa, 21 Jan 2020 11:49

Hilangkan Trauma Pada Anak, WMI Gelar Trauma Healing di Desa Cilleuksa

Hilangkan Trauma Pada Anak, WMI Gelar Trauma Healing di Desa Cilleuksa

Selasa, 21 Jan 2020 11:46

Menjadi Ibu dan Anak Tangguh di Tengah Gempuran Media Digital

Menjadi Ibu dan Anak Tangguh di Tengah Gempuran Media Digital

Selasa, 21 Jan 2020 10:57

Selamat Jalan ''Mujahidku''

Selamat Jalan ''Mujahidku''

Selasa, 21 Jan 2020 08:51

Soal BPJS, Mufida: Pemerintah Tak Punya Itikad Baik kepada Rakyat Kecil

Soal BPJS, Mufida: Pemerintah Tak Punya Itikad Baik kepada Rakyat Kecil

Selasa, 21 Jan 2020 08:04

Presiden PKS: Natuna Harga Diri Bangsa

Presiden PKS: Natuna Harga Diri Bangsa

Selasa, 21 Jan 2020 01:01

Partai Demokrat: Jiwasraya Kejahatan yang Sempurna

Partai Demokrat: Jiwasraya Kejahatan yang Sempurna

Senin, 20 Jan 2020 23:56

Ketua Ikatan Gay Tulungagung Cabuli 11 Bocah Laki-laki, Wasekjen MUI Minta Hukum Mati atau Kebiri

Ketua Ikatan Gay Tulungagung Cabuli 11 Bocah Laki-laki, Wasekjen MUI Minta Hukum Mati atau Kebiri

Senin, 20 Jan 2020 22:42


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X