Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.513 views

Amalmu Bukti Aqidahmu

 
Oleh: Muji S.pd (Pendidik. Anggota Pengajian Aonitat Magetan)
 
Ketidakpahaman kaum muslimin terhadap jatidirinya sebagai seorang muslim, membuat sebagian besar kaum muslim dalam menjalani kehidupan mereka dengan gambaran kehidupan yang tidak jelas dan tidak terarah.
 
Contohnya saja ketika perayaan Natal,  banyak kaum muslimin yang mengucapkan selamat hari natal kepada kaum nasrani. Bahkan ada juga umat islam yang ikut merayakan hari natal. Di samping itu ada umat islam yang malah membantu untuk menyiapkan dan memperlancar jalannya natal.
 
Contoh lain yang sering kita lihat yaitu ketika perayaan tahun baru masehi, banyak umat islam yang mempersiapkan berbagai cara bahkan rela untuk mengorbankan harta, jati diri, maupun agama untuk menyambut dan merayakan pergantian tahun baru masehi yang notabene bukan berasal dari islam.
 
Bukankah Rasulullah saw telah bersabda "sungguh kalian akan mengikuti jalan - jalan orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang - orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit swkalipun) pasti kalianpun akan mengikutinya " kami (para sahabat) berkata, "wahai Rasulullah,apakah yang diikuti itu adalah yahudi dan nasrani ? Beliau menjawab,  "Lantas siapa lagi? " (HR. muslim no.2679). 
 
Selain itu dari Ibnu Umar, Nabi d halal allahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka " (HR. Ahmad 2:50 dan Abu Daud no. 4031)
 
Amal/perbuatan seseorang sejatinya menunjukkan pemahaman seseorang terhadap suatu perkara. Ketika seseorang memiliki pemahaman yang berbeda terhadap suatu perkara yang sama, maka berbeda pula seseorang dalam menyikapinya dan dan mengambil tindakan, inilah yang menunjukkan aqidah seseorang. 
 
Aqidah, dalam bahasa arab berasal dari lafadz 'aqada ya'qidu 'aqidatan. yang berarti ma'qudah (sesuatu yang diikat), sesuatu yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan terima oleh akal pikiran.
 
Sedangkan aqidah dalam konteks islam didefinisikan sebagai pemikiran yang menyeluruh mengenai manusia, kehidupan, serta hubungan diantara semaunya dengan apa yang ada sebelum kehidupan (Pencipta) dan setelah kehidupkan (hari kiamat ), serta mengenai hubungan semuanya dengan apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan  (syariat dan hisab), yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan diterima oleh akal, sehingga menjadi pembenaran  (keyakinan) yang bulat, sesuai dengan realitas  (yang diimani) dan bersumber dari dalil (penj.  diskursus islam politik dan spiritual hal 114).
 
1) Seseorang yang beraqidah sekuler yaitu memisahkan agama dari kehidupan, pada hakekatnya mereka mengakuai akan adanya agama. Ia meyakini bahwa dunia, alam semesta, dan kehidupan ini ada yang menciptakan. pencipta itu ada. Allah itu ada. Ia pun yakin adanya akirat.
 
Namun ia berkeyakinan bahwa sang pencipta hanya bertugas menciptakan saja. Tidak berhak mengatur. urusan dunia menurut mereka harus diatur sendiri oleh manusia. Allah dalam keyakinannya, tidak menurunkan aturan apapun untuk mengatur seluruh bidang kehidupan manusia. Allah hanya menurunkan aturan dan tatacara ibadah ritual yang mengatur manusia denganNya.
 
Mereka berkeyakinan bahwa agama harus dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan negara. agama hanya mengurusi masalah ritual dan etika semata. Sehingga mereka bebas berbuat sekehendaknya. 
 
2. Seseorang yang beraqidah sosialis berarti mereka tidak meyakini adanya Sang Pencipta  (al khaliq), tidak meyakini adanya akhirat,  tidak meyakini adanya pembalasan. Ia meyakini bahwa hidup hanya sekali, di dunia ini. Ia pun merah bebas hidup di dunia dalam menentukan apa saja yang akan ia lakukan. Yang penting ia suka dan mau. pemikiran yang ada di akal dan hatinya inilah yang memimpinnya untuk bersikap dan berbuat. mereka berkeyakinan bahwa yang ada hanyalah yang bersifat materi saja. 
 
3. Sedangkan seseorang yang beraqidah islam berkeyakinan bahwa yang ada di alam ini di ciptakan oleh Allah swt. (Q.S. Thaha  20:14 dan Al Baqarah 2 :22). Allah menurunkan aturan, perintah dan larangan yang termaktub di dalam wahyu yang diturunkanNya sebagai aturan kehidupan.
 
Allah sajalah yang berhak menentukan hukum dan aturan bagi manusia (Q.s. Al Baqarah 2:2, al Qadr 97:1 an Nah 16:103 yang dibawa oleh Rasulullah  (Q.s.  Al Fath 48:28, 29;  Ash Shaf 61:9). Semua yang ada di dalam Al Quran harus diikuti  (Q.s.  Al Hasyr 59:7). Pada hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dihisab seluruh perbuatannya yang dilakukan di dunia ini (Q.s.  Al Mukmin 23:16 ; ar Ra'du 13:40).
 
Manusia di masukkan oleh Allah SWT ke surga dan ada juga yang ke neraka (Q.s.  Al Baqarah 2:25 ; ad Dukhan 44: 51-55 ; al Waqiah 55: 41-43). tugas manusia hanyalah untuk beribadah dalam arti luas (Q.s.  adz Dzariyat 51:56). Yang oleh Muhammad Quthub dalam bukunya mafahim yanbaghi an tushohah dimaknai sebagai taat kepada Allah, tunduk dan patuh kepadaNya serta terikat dengan aturan- aturan islam dalam segala aspek kehidupan. Maka orang yang berpegang kepada aqidah islam akan senantiasa terikat dengan aturan - aturan islam. 
 
Dengan demikian jelaslah bahwa seseorang yang sejatinya muslim tetapi tidak mau terikat dengan aturan Allah, bebas berbuat semaunya sendiri, meskipun dia muslim jelaslah aqidah mereka bukan islam. 
 
Seorang muslim hendaknya memiliki kepribadian  (syakhsiyah) islam. Kepribadian islam terbentuk dari pola pikir (aqliyah) islam dan pola sikap (nafsiyah) Islam.
 
Pola pikir islami adalah pola pikir yang senantiasa disandarkan pada syariat islam. sedangkan pola sikap Islami adalah sikap seseorang yang ketika hendak melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan nalurinya  senantiasa disandarkan pada islam  (syariat ialam). Dan inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim. [syahid/voa-islam.com]
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News
Tubuhku Milikku, Paham Rusak yang Diselipkan pada RUU P-KS?

Tubuhku Milikku, Paham Rusak yang Diselipkan pada RUU P-KS?

Ahad, 17 Feb 2019 00:59

TKN Sindir Ketum PAN, Wasekjen Menjawab

TKN Sindir Ketum PAN, Wasekjen Menjawab

Sabtu, 16 Feb 2019 23:25

Kepastian Hukum jika Prabowo-Sandi Terpilih

Kepastian Hukum jika Prabowo-Sandi Terpilih

Sabtu, 16 Feb 2019 22:25

SOHR Klaim Pasukan Dukungan AS Rebut Kantong Terakhir yang Dikuasai Islamic State di Timur Suriah

SOHR Klaim Pasukan Dukungan AS Rebut Kantong Terakhir yang Dikuasai Islamic State di Timur Suriah

Sabtu, 16 Feb 2019 22:15

Butuh Kepemimpinan Kuat Berantas Mafia

Butuh Kepemimpinan Kuat Berantas Mafia

Sabtu, 16 Feb 2019 21:25

15 Tentara Mesir Tewas dalam Bentrokan dengan Jihadis di Sinai Utara

15 Tentara Mesir Tewas dalam Bentrokan dengan Jihadis di Sinai Utara

Sabtu, 16 Feb 2019 20:50

Pejabat Pakistan Klaim Mohammed Bin Salman Kemungkinan Akan Bertemu Taliban di Islamabad

Pejabat Pakistan Klaim Mohammed Bin Salman Kemungkinan Akan Bertemu Taliban di Islamabad

Sabtu, 16 Feb 2019 20:30

Industri Turun Drastis, RUU Migas Dipertanyakan Keberadaannya

Industri Turun Drastis, RUU Migas Dipertanyakan Keberadaannya

Sabtu, 16 Feb 2019 20:25

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Sabtu, 16 Feb 2019 11:33

Save The Children: 100.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun Akibat Perang

Save The Children: 100.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun Akibat Perang

Sabtu, 16 Feb 2019 09:35

Menhan AS Sebut Militernya Tidak Akan Mundur dari Afghanistan Tanpa Koordinasi dengan Sekutu

Menhan AS Sebut Militernya Tidak Akan Mundur dari Afghanistan Tanpa Koordinasi dengan Sekutu

Jum'at, 15 Feb 2019 21:00

Laporan: Calon Istri Khashoggi Bisa Jadi Korban Kedua Jika Masuki Konsulat Saudi di Istanbul

Laporan: Calon Istri Khashoggi Bisa Jadi Korban Kedua Jika Masuki Konsulat Saudi di Istanbul

Jum'at, 15 Feb 2019 20:18

Parlemen Mesir Pilih 'Mosi Fir'aun', Setujui Al-Sisi Berkuasa Hingga 2034

Parlemen Mesir Pilih 'Mosi Fir'aun', Setujui Al-Sisi Berkuasa Hingga 2034

Jum'at, 15 Feb 2019 19:45

Intelijen Militer Israel Sedang Persiapkan Perang Baru di Gaza

Intelijen Militer Israel Sedang Persiapkan Perang Baru di Gaza

Jum'at, 15 Feb 2019 09:47

Ketika Guru Banyak Dilecehkan, Tanya Kenapa?

Ketika Guru Banyak Dilecehkan, Tanya Kenapa?

Jum'at, 15 Feb 2019 00:22

Anadolu: Polisi Turki Yakin Mayat Jamal Khashoggi Kemungkinan Dibakar

Anadolu: Polisi Turki Yakin Mayat Jamal Khashoggi Kemungkinan Dibakar

Kamis, 14 Feb 2019 23:00

Jaish e-Mohammed Nyatakan Tanggung Jawab Atas Bom Jibaku yang Menewaskan 40 Pasukan India di Kashmir

Jaish e-Mohammed Nyatakan Tanggung Jawab Atas Bom Jibaku yang Menewaskan 40 Pasukan India di Kashmir

Kamis, 14 Feb 2019 22:45

Menuduh Hoax

Menuduh Hoax

Kamis, 14 Feb 2019 22:38

Hamas dan Fatah Tolak Kesepakatan Abad Ini untuk Timur Tengah yang Digagas Trump

Hamas dan Fatah Tolak Kesepakatan Abad Ini untuk Timur Tengah yang Digagas Trump

Kamis, 14 Feb 2019 21:15

Soal Penolakan Prabowo Shalat Jumat, Bawaslu: Tidak Ada Larangan Peserta Pemilu Beribadah

Soal Penolakan Prabowo Shalat Jumat, Bawaslu: Tidak Ada Larangan Peserta Pemilu Beribadah

Kamis, 14 Feb 2019 20:14


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Kamis, 14/02/2019 15:20

Yang Gaji Kamu Siapa?