Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.040 views

Memoar Singkat Sejarawan Rachmad Abdullah (Bagian 2-Selesai)

Oleh: Tatang Hidayat (Pegiat Student Rihlah Indonesia)

Prestasi yang pernah ditorehkan Rachmad Abdullah di antaranya Juara 1 Lomba Khitobah dalam Bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq (2007), Juara 3 Lomba Olimpiade Sains Guru se-Surakarta (2013), Juara 1 Lomba Krenova Bappeda Surakarta 2013 atas penemuan Charger HP Mekanik (Spalsa Mechanical Charger) bersama Tim SMC, dan membimbing Olimpiade Fisika SMP hingga lolos tingkat Propinsi Jawa Tengah (2012).

Beliau pernah belajar Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare (HEC-2), Kediri, Jawa Timur sebanyak 3 kali (2011, 2012, & 2014).

Buku-buku Rachmad Abdullah yang hampir semua bersifat bantahan :

1. Di manakah Allah? (Sendang Ilmu, 2006)

2. Teori Absolutivitas: Matahari Mengelilingi Bumi (Pustaka Arafah, 2011)

3. Syekh Siti Jenar : Pemutarbalikan Sejarah Perjalanan Hidup dan Ajarannya, bantahan atas buku Syekh Siti Jenar, Pergumulan Islam Jawa karya Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan (Aqwam, 2012).

4. Benarkah Matahari Mengelilingi Bumi? (Emir, 2015).

5. Serial Trilogi Revolusi Islam Jawa

6. Wali Songo: Gelora Dakwah dan Jihad di Tanah Jawa (Al-Wafi, 2015).

7. Sultan Fattah: Raja Islam Pertama Penakluk Tanah Jawa (Al-Wafi, 2015).

8. Kerajaan Islam Demak: Api Revolusi Islam di Tanah Jawa (Al-Wafi, 2015).

9. Perserekatan Al-Islam: Kontributor Pendidikan Islam di Indonesia (Yayasan Perguruan Al Islam, 2017)

10. Pada 29 Januari 2015, Rachmad Abdullah dipercaya melaksanakan Surat Perintah dari Yayasan Perguruan Al-Islam Surakarta untuk menulis satu buku tentang sejarah Al-Islam. Maka lahirlah buku tersebut.

11. Tinta Emas Sejarah (Al-Wafi, 2017)

12. Benarkah Bumi Datar? Studi Kritis Konspirasi Bumi Datar Eric Dubay & Boss Darling (Pustaka Al-Kautsar, 2018).

13. The Magnificent Sulaiman Al Qanuni: Sultan Penakluk Tiga Benua (Al-Wafi, 2018)

14. JAS HITAM, Jangan Sekali-Kali Menghitamkan Sejarah Islam (Al-Wafi, 2020)

15. JAS PUTIH, Jadikan Ajaran dan Sejarah Islam Memutih (Al-Wafi, 2020)

16. Sultan Bayazid Adli  (Al-Wafi, 2021)

Buku berikutnya yang masih dalam proses penulisan adalah Tetralogi Revolusi Islam Dalam Ilmu Alam sebagai respon terhadat nasihat Asy-Syaikh Ahmad Mansur Suryanegara (Penulis Buku Best Seller Api Sejarah)

17. Ayaturrahman fil ‘Alam  Mengungkap Ayat-Ayat Allah di alam

18. Sejarah Islamisasi Fisika

19. Aplikasi Sains Fisika Dalam Teknologi Modern

20. Sains dan Teknologi Fisika: Antara Idealita dan Realita

Keempat buku di atas merupakan buku pengantar bagi upaya Islamisasi Sains di dunia pendidikan dalam bentuk buku paket Qur’anic Science untuk kelas 7, 8 dan 9 MTs dan Islamic Science untuk kelas 10, 11 dan 12 MA (Madrasah Aliiyah).

Pada 2015 Rachmad Abdullah mencetuskan metode Arrahmaty (Menghafal Nomor, Arti dan Nama Surat Dalam Al-Quran)

Dengan background pendidikan jurusan Fisika FMIPA UNS, Rachmad Abdullah banyak melibatkan diri dalam penulisan buku-buku sejarah Islam bukan tanpa alasan. Penulis lebih kepada statusnya sebagai seorang Muslim, bukan karena hoby dalam mempelajari sejarah Islam, namun karena kebutuhannya sebagai seorang Muslim.

Bagaimana bisa seorang Muslim yang pedoman hidupnya Al-Qur`an dan Sunnah tidak mencintai sejarah? sedangkan sebagian besar dari Al-Qur`an adalah tentang kisah nyata (sejarah) dan hadits-hadits Nabi semuanya memiliki sejarah periwayatan dan kejadian dalam makna matan-matannya?

Sebagai seorang penulis buku dengan icon Tinta Emas Sejarah, Rachmad Abdullah akan terus berusha melanjutkan goresan penanya dalam banyak karya yang bertajuk serial tinta emas sejarah.

Buku-buku yang direncakan terbit berikutnya, namun masih dalam proses penulisan adalah Heksalogi Keemasan Islam Turki Utsmani sebagai bagian dan seriatl Tinta Emas Sejarah :

1. Sultan Muhammad I

2. Sultan Murad II

3. Sultan Muhammad Al-Fatih

4. Sultan Bayazid II

5. Sultan Salim I

Sedangkan buku ke-6 yang justru lebih dahulu terbit adalah Sulaiman Al Qanuni: Masa Keemasan Khilafah Tukri Utsmani.

Bila Tinta Emas sejarah lebih cenderung kepada penulisan kisah nyata sejarah (historiografi) maka buku berikutnya lebih kepada behind of scence (dibalik layar) yang bukan kisah nyata saja (historiografi), namun juga tentang sumber sejarah (heuristik) yang menempatkan makna terjemah ayat-ayat Al-Qur`an dan Sirah Nabawiyah sebagai sumber utama, sekilas status shahih atau tidaknya sumber sejarah (verifikasi), hingga yang terpenting adalah studi kritis tentang tafsir atas kisah (interpretasi) untuk membongkar distoris sejarah dalam Dwilogi JAS HITAM–PUTIH.

Cita-cita Rachmad Abdullah dalam sisa umurnya yang belum terlaksana yakni sedang menulis buku Sirah Nabawiyyah sebanyak 27 Jilid. Beliau sudah lebih dari 20 kali memenuhi undangan bedah buku.

Telah 13 kali menjadi narasumber di salah satu Stasiun TV di Surakarta. Pernah diundang beberapa kali siaran sebagai narasumber di sebuah stasiun Radio di Solo. Juga undangan bedah buku di masjid masjid berbagai kota dan kabupaten serta di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sebelas Maret (UNS), UIN Sunan Kalijaga Yogya, IAIN Surakarta, Univesitas Tanjungpura Pontianak (2019), dan IAIN Raden Intan Lampung (9 Januari 2016).

Rachmad Abdullah tinggal bersama istri, Ummy Hany (wafat terlebih dahulu pada Kamis, 4 Maret 2021) beserta Aisya Azzahra, Umar Abdurrahman dan Hafshah Rahmatullah di Karanganyar. Di hari-hari terakhir penulisan buku Tinta Emas Sejarah (Selasa, 4 Jumadil Awwal 1438 H / 31 Januari 2017 M I 01.30 WIB), beliau dihadapkan kepada ujian keimanan. Menghadapi musibah yang memilukan hati dan menggetarkan jiwa hingga meneteskan air mata. Suatu ujian kesabaran hati tentang arti pentingnya eksistensi seorang ummi.

Setelah ditinggalkan oleh istrinya pada Kamis, 4 Maret 2021 di Solo karena sakit, Rachmad Abdullah menyusul kembali ke rahmatullah pada hari Senin, 9 Dzulhijjah 1442 H / 19 Juli 2021 sekitar pukul 10.28 WIB di RSUD Dr. Moewardi Surakarta setelah melewati ujian wabah covid 19. Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa'aafihi Wa'fu'anhu. 

Bandung ketika kalimat takbir, tahlil dan tahmid berkumandang di seluruh alam semesta. Selesai.

 

Daftar Pustaka

Abdullah, Rachmad (2018) Tinta Emas Sejarah Solo : Al-Wafi Publishing

Abdullah, Rachmad (2020) JAS PUTIH : Jadikan Ajaran dan Sejarah Islam Memutih Solo : Al-Wafi Publishing

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Akal Juga Butuh Nutrisi Bergizi

Akal Juga Butuh Nutrisi Bergizi

Senin, 27 Sep 2021 19:56

CIA Dilaporkan Berencana Culik Atau Bunuh Pendiri Wikileaks Julian Assange Pada 2017

CIA Dilaporkan Berencana Culik Atau Bunuh Pendiri Wikileaks Julian Assange Pada 2017

Senin, 27 Sep 2021 18:35

Pemuda Palestina Pukul Mundur Pasukan Israel Dan Pemukim Ilegal Yahudi Yang Coba Masuki Nablus

Pemuda Palestina Pukul Mundur Pasukan Israel Dan Pemukim Ilegal Yahudi Yang Coba Masuki Nablus

Senin, 27 Sep 2021 17:38

Training Masak ala Quranic Quantum Food yang tayang 2x di Khazanah Trans7

Training Masak ala Quranic Quantum Food yang tayang 2x di Khazanah Trans7

Senin, 27 Sep 2021 14:46

Pajak, Haruskah Ada dalam Dunia Pendidikan?

Pajak, Haruskah Ada dalam Dunia Pendidikan?

Senin, 27 Sep 2021 11:08

Boyband BTS & Behind The Scene Agenda Besar SDGs

Boyband BTS & Behind The Scene Agenda Besar SDGs

Senin, 27 Sep 2021 09:30

Bukhori Kritik Wacana Opsi TNI-Polri sebagai Penjabat Kepala Daerah: Pemerintah Jangan Seret Mereka

Bukhori Kritik Wacana Opsi TNI-Polri sebagai Penjabat Kepala Daerah: Pemerintah Jangan Seret Mereka

Senin, 27 Sep 2021 08:22

Belajar Quantum Emotional Healing Langsung ke Masternya, DR. Syamsul Balda

Belajar Quantum Emotional Healing Langsung ke Masternya, DR. Syamsul Balda

Senin, 27 Sep 2021 07:49

Taliban: Bandara Kabul Siap Untuk Penerbangan Internasional

Taliban: Bandara Kabul Siap Untuk Penerbangan Internasional

Ahad, 26 Sep 2021 21:15

Komunis Benci Agama, Tapi Anehnya Mendukung Pancasila

Komunis Benci Agama, Tapi Anehnya Mendukung Pancasila

Ahad, 26 Sep 2021 21:00

Hamas Desak Sudan Lindungi Aset Warga Palestina

Hamas Desak Sudan Lindungi Aset Warga Palestina

Ahad, 26 Sep 2021 20:50

Turki Pertimbangkan Beli Rudal S-400 Rusia Kedua Meski Keberatan AS

Turki Pertimbangkan Beli Rudal S-400 Rusia Kedua Meski Keberatan AS

Ahad, 26 Sep 2021 20:35

Serangan Balik

Serangan Balik

Ahad, 26 Sep 2021 20:31

Santri Darul Aman Gombara Raih Gelar Juara Kombanas Virtual 2021

Santri Darul Aman Gombara Raih Gelar Juara Kombanas Virtual 2021

Ahad, 26 Sep 2021 20:26

73 Anak Palestina Terluka Akibat Serangan Pasukan Zionis Israel Di Tepi Barat Dalam 2 Pekan Terakhir

73 Anak Palestina Terluka Akibat Serangan Pasukan Zionis Israel Di Tepi Barat Dalam 2 Pekan Terakhir

Ahad, 26 Sep 2021 20:04

Gaji Fantastis Wakil Rakyat

Gaji Fantastis Wakil Rakyat

Ahad, 26 Sep 2021 19:49

 Penyerangan kepada Ustaz Tak Boleh Diremehkan!

Penyerangan kepada Ustaz Tak Boleh Diremehkan!

Ahad, 26 Sep 2021 19:24

Anis Minta Lembaga dan Kementerian Optimalkan Sumber Daya Anggaran

Anis Minta Lembaga dan Kementerian Optimalkan Sumber Daya Anggaran

Ahad, 26 Sep 2021 18:59

Mimbar Masjid Raya Makassar Dibakar, Alquran Ikut Terbakar

Mimbar Masjid Raya Makassar Dibakar, Alquran Ikut Terbakar

Ahad, 26 Sep 2021 18:10

Mewaspadai Pikiran Komunis dalam Program Moderasi Beragama

Mewaspadai Pikiran Komunis dalam Program Moderasi Beragama

Ahad, 26 Sep 2021 16:55


MUI

Must Read!
X