Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Kini Pancarluas Hilal Bisa Dilihat Via Internet

Berita Terkait

2.025 views

Kini Pancarluas Hilal Bisa Dilihat Via Internet

JAKARTA (Berita SuaraMedia) - Dalam sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (10/8/2010) tadi malam, Ahmad Ghazali Masruri, Ketua Laznah Falaqiah Nahdlatul Ulama, memprotes keputusan panitia memilih Cilincing sebagai salah satu lokasi pengamatan hilal. "Daerah Cilincing, tidak bisa untuk mengamati hilal. Karena banyak hambatannya di lingkungan itu seperti, gedung-gedung yang menjulang tinggi," jelasnya.

"Untuk mengamati hilal di Jakarta, kenapa tidak dilakukan di Cakung. Tapi saya hanya mengingatkan, dan tidak menyesal dengan hasil sidang," tambahnya.

Sedangkan, Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan, keputusan penetapan awal puasa sudah disepakati oleh organisasi masyarakat atau ormas Islam, pejabat Kementerian Agama, serta perwakilan-perwakilan negara Islam. "Saya senang tidak ada perbedaan penetapan awal puasa dari pemerintah dengan ormas Islam lainnya," katanya

Sementara itu, masyarakat di seluruh penjuru Indonesia bisa menyaksikan penampakan hilal menandai awal Ramadhan melalui Internet dengan mengunjungi website http://hilal.depkominfo.go.id.

"Masyarakat juga dapat menyaksikan di alamat http://bosscha.itb.ac.id/hilal, yang berfungsi sebagai relay situs web hilal Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Kepala Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika Dr Yan Rianto melalui surat elektronik.

Menurut dia, pemberian alternatif ini dimaksudkan agar informasi hilal astronomi bisa tersebar lebih luas dan terbuka bagi masyarakat.

Ia mengatakan, pengamatan hilal tahun ini dilaksanakan dengan pola konsorsium yang melibatkan sembilan lembaga, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung, PT. Telkom, Tbk.

Selanjutnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Universitas Pendidikan Indonesia, Rukyatul Hilal Indonesia, Planetarium Jagad Raya Tenggarong dan UINSUSKA Pekanbaru, Riau.

Melancarkan kegiatan pengamatan hilal melalui website, tim Kementerian Kominfo bersama Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung telah menyelenggarakan bimbingan teknis pengamatan hilal dan video streaming.

"Pada tanggal 23 sampai 24 Juli lalu di Jakarta, dilatih petugas pengamatan hilal, dan video streaming untuk mendukung layanan informasi online itu.

Tradisi melihat awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah dengan memanfaatkan informasi dan teknologi dilaksanakan Kementerian Kominfo sejak tahun 2007.

Dalam pengamatan itu Kementerian Kominfo mempersiapkan seperangkat alat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pencarian hilal sore hari pada titik pemantauan yang akan mendukung tujuh sampai sebelas daerah tempat pemantauan.

"Selama ini hilal dilihat oleh perseorangan baik dengan mata telanjang atau pun dengan alat bantu teropong, yang kemudian orang-orang yang menemukan itu diambil sumpah," katanya.

Dengan teknologi informasi, apa yang dilihat oleh perseorangan itu bisa dipancarluaskan dan dilihat oleh seluruh masyarakat, dengan mekanisme alat bantu teropong digital yang kemudian ditransferkan melalui website dan bisa dipancarluaskan melalui televisi.

Sebelumnya Tim Observatorium Bosscha ITB Bandung untuk wilayah Nusa Tenggara Timur Dr Mahasena Putra, didampingi staf dari Kemenkominfo Taufik Hidayat di Kupang, mengatakan pengamatan hilal akan dilakukan di 12 titik di seluruh Indonesia .

Ke-12 titik hilal yang tersebar di seluruh Indonesia adalah SPD LAPAN Biak - Papua, Pantai Barat Kupang-Nusa Tenggara Timur, Mataram-Nusa Tenggara Barat.

Berikut Lantai atas MTB Makasar-Sulawesi Selatan, Tenggarong Kalimantan Timur, Condrodipo Gresik-Jawa Timur, Pos Observasi Bulan, Bukit Belabelu - Yogyakarta, Observatorium Bosscha - Bandung.

Menyusul Menara timur UPI ? Bandung, Anyer - Banten, UINSUSKA Pekanbaru-Riau dan terkahir adalah, Observatorium Lok Ngah-Nangro Aceh Darussalam. (fn/lp/ant) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X