Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Sistem Pendidikan Nabi Muhammad Bimbing Generasi Muda Kenya

Berita Terkait

3.370 views

Sistem Pendidikan Nabi Muhammad Bimbing Generasi Muda Kenya

WAJIR, KENYA (Berita SuaraMedia) – Dari jantung sebuah desa di kota Wajir, wilayah Kenya yang didominasi Muslim, suara para pelajar Al Quran bergema ke seluruh tempat.

"Sistem pendidikan Islam tradisional ini berasal dari jaman Nabi Muhammad S.A.W," ujar Moalim Nur Osman, pengajar, kepada Kantor Berita IslamOnline.

"Kami merasa sistem ini telah berhasil mencapai sebuah prestasi yang mengagumkan dalam membimbing generasi muda Muslim membentuk takdir mereka dan ambil bagian dalam penyebaran Islam."

Sekolah-sekolah Al Quran, terkenal dengan sebutan Dugsi, sebagian besar dibangun dengan struktur bongkar pasang dan para murid belajar dalam bentuk lingkaran.

Materi pembelajaran dibuat dari produk-produk yang telah tersedia. Arang misalnya dihancurkan sebagai tinta hitam untuk menulis.

"Selama bertahun-tahun Dugsi tetap beroperasi dengan cara yang sederhana yang menciptakan lingkungan yang antusias untuk menghafalkan Al Quran, yang merupakan dasar dari pendidikan Islam," ujar Osman.

"Membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk seorang anak dapat menghafalkan seluruh isi Al Quran, ini akan memenuhi kehidupan anak itu dan dia akan menjadi seorang yang relijius."

Sekolahnya telah memberikan pelajaran tentang dasar-dasar Islam selama 30 tahun.

"Yang sulit di sini adalah mempelajari Al Quran terlebih dahulu," ujar Ahmed Ali, 13, salah satu murid.

"Kami mendapat pelajaran Al Quran dua kali setiap hari.

Dugsi adalah landasan dari sistem pendidikan Islam yang telah tumbuh di banyak tempat di bagian timur laut Kenya yang didominasi oleh penduduk Somalia Sunni.

Sejarawan Islam mengatakan bahwa sekolah-sekolah seperti Dugsi itu telah ada di Timur Tengah dan Afrika sejak abad 7 M.

Sekolah itu memiliki akar sejarah yang dapat ditelusuri ke Arab dan praktik pendidikan Nabi Muhammad.

Dalam ketiadaan dana pemerintah untuk mendukung pendidikan Islam, komunitas Somalia di sana memegang peran penting dalam mendidik anak-anak mereka.

"Dugsi adalah cara informal yang paling dapat diandalkan untuk mengajarkan Islam kepada masyarakat," ujar Sheikh Abdulwahab Sheikh Issack, pejabat di Dewan Imam dan Penceramah Kenya.

"Sekolah ini menawarkan akses murah ke pendidikan, terutama pendidikan Islam."

Meskipun memberikan pengajaran dasar Al Quran dan bahasa Arab, banyak yang mengakui sekolah-sekolah semacam ini sebagai sebuah elemen penting dalam mentransfer nilai dan sosialisasi Islam.

Mereka menyediakan pendidikan Islam bagi anak-anak dan mengisi peran sosial dan relijius dalam komunitas, serta bertindak sebagai agen perubahan.

"Tujuannya adalah untuk mengatasi kurangnya studi agama," ujar Osman.

Dan bahkan saat bentuk-bentuk baru pendifusian pengetahuan Islam memperoleh momentumnya beberapa tahun belakangan ini, termasuk madrasah-madrasah yang lebih formal, Dugsi masih bertahan.

"Kami mengantisipasi bahwa sistem Dugsi akan selalu ada," ujar Sheikh Mohamed Abdi, pengajar Dugsi lainnya.

Ia menyebutkan dukungan dari komunitas terhadap sekolah-sekolah tradisional dengan para pengajar Dugsi yang bekerja tanpa gaji samasekali atau terkadang mendapat upah yang sangat kecil dari tiap murid.

Tingginya jumlah penduduk Somalia yang dapat membaca dan menghafalkan seluruh isi Al Quran adalah bukti dari kesuksesan sekolah ini.

"Kami dapat mengatakan bahwa ini adalah berkat peran Dugsi karena semua anak dalam komunitas harus belajar di Dugsi, itu adalah tahap pertama dalam kehidupan setiap anak," ujar Sheikh Issack.

Bagi para murid, Dugsi adalah sebuah batu loncatan untuk memperdalam pengetahuan Islam dan memberikan mereka sebuah kesempatan untuk membentuk karir Islami mereka.

"Saya ingin menjadi Kadhi," ujar Mohamed Ali, 13 tahun.

"Saya harus mempelajari Al Quran, karena itulah saya harus mengikuti pelajaran Dugsi di sini." (rin/io) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X