Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.282 views

Blok Anti Kudeta Membuat Usulan Baru Rencana Mengatasi Krisis Mesir

Cairo (voa-islam.com) Pendukung Presiden Mohammad Mursi melakukan gerakan  protes baru pada hari Jumat. Aksi demonstrasi pertama sejak berakhirnya undang-undang darurat Kamis, di mana pemerintah dengan menggunakan kekuatan militer memadam aksi demonstrasi, dan gagal, Jum'at, 15/11/2013.

Demonstrasi yang berlangsung hari Jumat, digerakkan oleh “Aliansi Nasional untuk Pertahanan Legitimasi”, blok pendukung utama Mursi, dan mendesak para hakim Mesir mengeluarkan "Kieputusan peradilan” membebaskan Presiden Mursi.

Selama berlangsungnya darurat militer  141 hari, demonstran pro-demokrasi melakukan unjuk rasa hampir setiap hari, dan mengecam apa yang mereka gambarkan sebagai peristiwa Juli 3, adalah tindakan “kudeta militer” yang menumbangkan Presiden Mesir Mohmmad Mursi, sebagai presiden pertama  pertama yang terpilih secara bebas .

Para pendukung  Presiden Mursi, melambaikan gambar presiden yang terguling, dan para demonstran berbaris dari Masjid Salaam di Kairo Nasr City menuju istana presiden Ittihadiya .

Aksi demo berangkat dari Masjid Maraghi di distrik Helwan selatan Kairo , di mana demonstran meneriakkan lagu-lagu mengutuk hukuman penjara yang sangat keras yang dijatuhkan kepada demonstran anti - kudeta .

Awal pekan ini , 12 dari pendukung presiden terguling masing-masing dihukum 17 tahun penjara, karena berusaha menyerbu kampus Universitas al-Azhar Kairo, pada bulan Oktober .

Demonstrasi serupa terlihat di Giza City,  dan  di pinggiran ibukota untuk menuntut pemulihan Presiden  Mursi sebagai presiden.

Berteriak menyanyikan rezim militer Mesir yang secara luas dilihat sebagai telah berada di balik pemecatan Mursi itu, demonstran pro-demokrasi juga berbaris di kawasan Seyouf,  Alexandria .

Para pengunjuk rasa mnenggunakan simbol  Rabaa, sebagai tanda sekarang terkenal dalam ingatan ribuan demonstran pro-demokrasi tewas dalam kekerasan berdarah  pada 14 Agustus, saat berlangsung aksi damai di kota-kota Cairo. Sementara itu, demonstran pro - militer , menggelar aksi mereka  di dekat Masjid Ibrahim Qaed, di  pusat kota Alexandria dalam mendukung militer dan Jendral Abdul Fattah al - Sisi.

Demonstrasi anti - kudeta juga dipentaskan di kota-kota kanal Suez dan Ismailia, Delta Nil Provinsi Menoufiya dan Mansoura dan di provinsi selatan Beni Sueif .

Demonstrasi hari Jumat berlangsung satu hari setelah berakhirnya keadaan darurat yang diberlakukan oleh pemerintah dukungan militer pada bulan Agustus.

Blok Anti Kudeta Usulan Rencana Mengatasi Krisis Baru

Sebuah koalisi kelompok menyerukan mengembalikan  Presiden Mohamed Mursi akan mengusulkan jalan baru pada hari Sabtu dengan tujuan mengatasi krisis politik Mesir yang berlangsung  panjang.

" Aliansi Nasional untuk Mempertahankan Legitimasi akan mengeluarkan resolusi sebuah jalan baru untuk menyelesaikan krisis saat ini”,  Amr Farouq , juru bicara dari Partai Wasat yang merupaan anggota blok anti - kudeta , ujarnya  kepada kantor berita Turki, Anadolu .

Dia mengatakan jalan baru akan sejalan dengan “kerangka konstitusional” , tetapi dia menolak menjelaskan  lebih rinci.

“Koalisi akan mengundang kekuatan politik yang ada bertujuan  membicarakan visi dalam  rangka menyelesaikan krisis, " katanya .

Tapi Magdi Qurqur , seorang pemimpin dari koalisi anti - kudeta , mengatakan konsep baru tidak akan menyertakan proposal baru untuk mengatasi krisis .

“Kami hanya akan mengumumkan prinsip-prinsip umum yang kita mengkalkulasi  dalam perlawanan kami terhadap kudeta , " katanya kepada Anadolu. Magdi Salem , pemimpin koalisi yang lain, mengatakan visi baru akan diarahkan ke opini publik , bukan pemimpin kudeta”, ujarnya.

Mesir tetap dalam keadaan kacau sejak rezim militer menggulingkan Presiden Mursi yan gterpilih secara demokratis yang terus-menerus diguncang aksi  protes oposisi yang dikendalikan oleh Zionis-Israel. Perdana Menteri Turki, Erdogan, mengatakan memiliki bukti-bukti yang cukup campur tangan Zionis-Israel dalam penggulingan Presiden Mursi.

Kudeta militer merupakan tindakan perubahan yang inkonstitusional, dan                                                                 tidak memiliki landasan yang sah. Maka pemerintah ad-interim yang sekarang dibentuk oleh rezim militer harus bubar.

PEMBANTAIAN  

Pada hari Kamis , juru bicara ahli  forensik Hisham Abdel - Hamid dikutip media lokal mengatakan bahwa jumlah korban tewas hampir 6.000.  Angka ini termasuk 627 tewas selama berlangsungnya kekerasan terhadap anti – kudeta, yang melakukan aksi damai di  Rabia al- Adawiya Square,  Giza, dan Nahda Square.

Dibagian lain, para pemimpin aliansi anti kudeta mengumpulkan 30  juta tanda-tangan,  menentang kudeta militer, dan memulihkan kembali hak-hak konstitusional Presiden Mohammad Mursi. Af/h


Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X