Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.304 views

Benarkah Nabi Tidak Marah Jika Agama Allah Dihina?

Oleh: Zaqy Dafa (Pemerhati Pemikiran Islam)

Beberapa waktu lalu ada sebuah artikel menarik di sebuah situs Islam nasional, tajuknya adalah “Benarkah Nabi Marah Jika Agama Allah Dihina?”. Artikel ini ditulis sebagai tanggapan atas beredarnya Hadits Rasulullah yang menunjukkan bahwa beliau marah ketika agama Allah dilanggar. Berikut kutipan teksnya:

‎كان صلى الله عليه وسلم لا يغضب لنفسه فإذا ا تنتهكت حرمات الله لم يقم لغضبه شيء

Lalu diterjemahkan sebagai berikut:

"Nabi SAW tidak marah untuk kepentingan (pribadinya). Namun jika agama Allah dihina (ajaranNya dilanggar), maka tidak ada sesuatu apapun yang bisa tegak di hadapan kemarahan beliau."

Penulis tersebut menilai penerjemahan teks Hadits diatas “cukup keliru” dan “tendensius”, meski dia mengakui kesahihan Hadits diatas karena ada riwayat senada dari riwayat Imam Bukhari.

‎٦٢٨٨ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ مَا خُيِّرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَمْرَيْنِ إِلَّا اخْتَارَ أَيْسَرَهُمَا مَا لَمْ يَأْثَمْ فَإِذَا كَانَ الْإِثْمُ كَانَ أَبْعَدَهُمَا مِنْهُ وَاللَّهِ مَا انْتَقَمَ لِنَفْسِهِ فِي شَيْءٍ يُؤْتَى إِلَيْهِ قَطُّ حَتَّى تُنْتَهَكَ حُرُمَاتُ اللَّهِ فَيَنْتَقِمُ لِلَّهِ

"Rasul memilih perkara yg ringan jika ada dua pilihan selama tidak mengandung dosa. Jika mengandung dosa, Rasul akan menjauhinya. Demi Allah, beliau tidak pernah marah karena urusan pribadi, tapi jika ajaran Allah dilanggar maka beliau menjadi marah karena Allah (lillah)."

Penulisnya menyalahkan jika makna “ajaran Allah dilanggar” sama dengan “ajaran Allah dihina”. Seakan jika orang melanggar aturan Allah maka Rasulullah marah, namun jika agama Allah ‘hanya’ dihina saja beliau tidak marah. Padahal, orang tua kita saja dihina saja kita marah besar dan berusaha membela mati-matian. Ini Tuhan dihina kita mau marah tidak boleh, dikata tidak ikut Haditsnya Kanjeng Nabi. Logika aneh bin ajaib.

Akal-akalan mudah saja. Salahkah menganggap penghinaan dan penistaan Tuhan dan agama dianggap sebagai melanggar aturan? Kita menghina presiden atau lambang negara saja dipastikan melanggar aturan negara tentang penistaan dan pasti dipenjara. Ini Allah dan agamanya dihina kita umat Islam tidak boleh marah dan dianggap bukan melanggar aturan agama? Keadilan berpikir dimana?

Selanjutnya, penulis artikel diatas sepertinya tidak memahami makna “Hurumat” dalam hadits diatas. Disangkanya “Untuhikat HurumatuLlah” maknanya hanya “dilanggarnya ajaran Allah”. Padahal, “Hurumat” dalam keterangan pensyarah Hadits artinya tidak hanya larangan namun juga meliputi berbagai kewajiban dan perkara yang wajib ditegakkan menurut agama (Muhammad Humaidi, Tafsir Gharib ma fi al-Shahihain, juz 1 hlm. 191), termasuk di dalamnya kewajiban amar ma’ruf nahi munkar ketika terjadi perusakan ataupun penghinaan agama. Barangsiapa yang merusak atau melecehkan “HurumatuLlah” baik perintah maupun larangannya, maka Rasulullah akan marah terhadapnya. Itu makna Hadits tersebut. Lha sekarang Anda bersikeras Islam dihina tidak perlu dibela. Ghirah Islamiyyah Anda dimana?

Sekarang masuk ke ranah Fiqih. Penghinaan terhadap ajaran Islam merupakan tindakan extraordinary crime dalam Islam yang berkonsekuensi sangat serius dunia akhirat. Jika pelakunya adalah Muslim, maka hal itu mengantarkannya menjadi seorang murtad dimana amal perbuataannya sewaktu di dunia hangus semua tidak ada sisa, sekaligus wajib bagi pemerintahan untuk mendesak dan memeranginya hingga dia bertaubat. Jika pelakunya adalah non-Muslim, maka penistaan tersebut dapat menjadikannya seketika berstatus sebagai kafir harbi atau yang konfrontasi terang-terangan kepada umat Islam.

Maka sudah sewajarnya dan seharusnya umat Islam marah dan membela jika agamanya dihina dan dinodai baik oleh sesama Muslim sendiri maupun lainnya. Ini sebagai langkah menghentikan perbuatan mereka agar mereka berhenti, syukur jika mau bertaubat. Lha kok malah dilarang dengan alasan “Tuhan tidak perlu dibela”? Ngaji lagi yang serius.

Selanjutnya, kami ingin berdiskusi dengan beberapa alasan yang dikemukakan dalam masalah ini yang mewakili kelompok “kepala dingin”.

Pertama, kata penulis artikel diatas, “Rasulullah marah bukan karena Allah dihina. Tapi marah kalau kebenaran/ajaran Allah dinodai dengan cara melanggar atau mendustai ajaran Islam itu sendiri. Jadi marahnya Rasul itu semata karena Allah, bukan karena dendam pribadi apalagi karena urusan politik pilpres dan pilkada di TPS (tempat pemungutan suara).”

Sudahlah, tidak perlu kami jelaskan keanehan berpikirnya lagi karena sudah kami jelaskan diatas. Tambahan saja, Anda tidak bisa memukul rata ribuan umat Islam yang menyalurkan aspirasi dan pembelaan mereka kepada Islam lewat media manapun bahkan hingga harus turun ke jalan berkali-kali saking terlalu “dinginnya” kepala orang-orang yang dikritik dan diingatkan itu tidak ikhlas, hanya karena kepentingan politik, ataupun diperalat politik saking lugunya. Seakan Anda menganggap kelompok yang kontra atau tidak senang dengan yang mereka lakukan itu sudah yang paling ikhlas, paling adem, paling toleran, dan seterusnya. Itu namanya stigmatisasi tanpa dasar, dan itu bukan tipe orang yang “kepalanya dingin” karena menuduh orang serampangan tanpa mikir dulu.

Kedua, kata penulis itu “Kita marah, terus kita sok penting seakan-akan Allah juga ikutan marah. Emang siapa kita sih?! Terus kita marah-marah dengan kutip sana-pelintir sini, biar disangka Allah ikutan marah juga.” Terus Anda mengajak orang tidak marah, adem-adem saja melihat agama sendiri dihina. Kira-kira Allah lebih marah kepada siapa? Kepada orang yang membela agama yang memang diperintahkan Allah menjaganya, atau kepada orang yang berlagak elegan melihat agamanya digempur sana-sini?

Namun marah juga memang harus di-manage. Jangan sampai marah kita menjadikan kita tidak terkendali hingga kita juga jatuh dalam caci maki dan anarkisme, bahkan sampai melintir-melintir dalil. Melawan kejahatan tidak bisa dengan kejahatan pula, harus dilawan dengan kebaikan meskipun harus dilakukan secara keras. Jangan mau kita jadi seperti mereka yang sok kepala dingin itu, tapi di belakang paling hobi memperkosa dalil dan keterangan ulama.

Ketiga, kata penulis tadi “kasih sayang Allah itu melebihi murkaNya! Kalau kita terbalik: marahnya kita sampai ke ubun-ubun hingga lepas kontrol mengeluarkan kosa kata yang tidak pantas, dan marahnya terus berkepanjangan dari 2014 sampai 2019.” Jadi jutaan orang yang berkumpul membela agama, contoh saja soal penistaan agama Ahok dan keharaman memilih pemimpin non-Muslim, menurut Anda hanya karena mereka kalah pilpres tahun 2014 dan berkepanjangan hingga 2019?

Duh Gusti (pake “G” besar), umpama orang yang kontras dengan kepentingan mereka adalah kyai-kyai dan santri-santri pesantren apalagi pesantren salaf yang tiap harinya makan nasi dua ribu rupiah per makan dan tidak pernah sama sekali ikut makan uang partai, masihkah Anda berani menganggap mereka mempunyai kepentingan politik? Dimana logika “dingin” dan nurani “adem” Anda dan teman-teman pendukung Anda?

Kami tidak akan putus-putusnya mengingatkan sebagai sesama Muslim untuk selalu berjalan yang bener-bener saja sesuai aturan Allah. Pedoman kita adalah Al-Quran Sunnah dan kitab-kitab ulama sebagai penjelasnya yang otoritatif dan dapat dipercaya.

Anda mau menuduh tidak ikhlas, kepentingan politik, itu hak Anda sebagai bagian penyampaian aspirasi dan dialog, tapi mbok ya mikir dulu sebelum menuduh. Kami hanya selalu berusaha menyesuaikan dengan pedoman tersebut dalam kehidupan kami. Semoga saja dihitung amal shalih dan meningkatkan keikhlasan kami kepada Allah Ta’ala. Amin. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Bocah SD ini Mengidap Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!!

Bocah SD ini Mengidap Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!!

Digerogoti tumor ganas, tubuh Fatkhur Kurniawan kurus kerontang. Pundaknya terus membesar hingga sekuran bola basket. Kondisi keluarga memprihatinkan, penghasilan keluarga 16 ribu rupiah perhari....

Digerogoti TBC Tulang, Bunda Evi Terancam Lumpuh Total. Butuh Biaya Operasi 60 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!!

Digerogoti TBC Tulang, Bunda Evi Terancam Lumpuh Total. Butuh Biaya Operasi 60 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!!

Virus TBC menggerogoti tulangnya hingga menjalar ke sumsum tulang punggung. Harus segera dioperasi untuk menghindari kelumpuhan total....

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Tinggal 2 Hari Lagi, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Tinggal 2 Hari Lagi, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

IDC siap menerima zakat fitrah senilai Rp 30.000 hingga 52.000 per-jiwa untuk disalurkan kepada Mustahiq dengan prioritas Muallaf dan Fakir Miskin dari kalangan aktivis Islam dan yatim....

Yatim Muallaf ini Mau Masuk Pesantren, Butuh Biaya 24 Juta Rupiah. Ayo Bantu Zakat & Infaq..!!

Yatim Muallaf ini Mau Masuk Pesantren, Butuh Biaya 24 Juta Rupiah. Ayo Bantu Zakat & Infaq..!!

Lahir dalam keluarga Kristen taat, Valentino Nainggolan menjadi muallaf dalam usia SD. Untuk memperdalam Islam, ia dan kakaknya akan melanjutkan pendidikan ke pesantren Ayo Bantu.!!!...

Sudah Satu Bulan Mushalla Kasinoman ini Hancur Diterjang Gempa. Ayo Bantu.!!

Sudah Satu Bulan Mushalla Kasinoman ini Hancur Diterjang Gempa. Ayo Bantu.!!

Sudah 30 hari mushalla korban gempa ini hancur dan belum dibangun lagi. Ramadhan akan tiba, mushalla ini sangat dibutuhkan. Ayo bantu sedekah jariyah, pahala terus mengalir tak terbatas umur....

Latest News
Afrika Selatan Tolak tekanan Saudi dan UEA untuk Blokade Qatar

Afrika Selatan Tolak tekanan Saudi dan UEA untuk Blokade Qatar

Sabtu, 21 Jul 2018 21:30

Rusia Bunuh 1.771 Anak-anak di Suriah Sejak Tahun 2015

Rusia Bunuh 1.771 Anak-anak di Suriah Sejak Tahun 2015

Sabtu, 21 Jul 2018 21:20

Zionis Israel Kembali Serang Gaza, Langgar Gencatan Senjata dengan Hamas

Zionis Israel Kembali Serang Gaza, Langgar Gencatan Senjata dengan Hamas

Sabtu, 21 Jul 2018 21:10

Jihadis Suriah Serang Pangkalan Udara Hmeimim Milik Rusia untuk Kali ke-4 Bulan Ini

Jihadis Suriah Serang Pangkalan Udara Hmeimim Milik Rusia untuk Kali ke-4 Bulan Ini

Sabtu, 21 Jul 2018 21:00

Pizza Diva Halal dan Pikulbareng Donasikan 80 Porsi Pizza dan Teh Poci

Pizza Diva Halal dan Pikulbareng Donasikan 80 Porsi Pizza dan Teh Poci

Sabtu, 21 Jul 2018 11:37

Polling: Aher Bakal Cawapres yang Paling Dekat dengan Umat Islam

Polling: Aher Bakal Cawapres yang Paling Dekat dengan Umat Islam

Sabtu, 21 Jul 2018 07:16

Pendiri Insist: Yang Lebih Tepat Bukan Islam Nusantara tapi Fiqh Nusantara

Pendiri Insist: Yang Lebih Tepat Bukan Islam Nusantara tapi Fiqh Nusantara

Sabtu, 21 Jul 2018 06:37

Bunda, Jangan Jadikan Ananda Penghalang Kewajiban

Bunda, Jangan Jadikan Ananda Penghalang Kewajiban

Jum'at, 20 Jul 2018 23:15

Menjaga Keluarga dari Ancaman Liberalisasi, Mungkinkah?

Menjaga Keluarga dari Ancaman Liberalisasi, Mungkinkah?

Jum'at, 20 Jul 2018 22:54

Utang yang Dimiliki BUMN 5.000 T

Utang yang Dimiliki BUMN 5.000 T

Jum'at, 20 Jul 2018 22:53

Aturan hanya tinggalah Aturan, Banyak Fakta Pemerintah Abaikan Pasal Ini

Aturan hanya tinggalah Aturan, Banyak Fakta Pemerintah Abaikan Pasal Ini

Jum'at, 20 Jul 2018 21:53

1500 Tahanan Dibebaskan dari Penjara Assad Menyusul Kesepakatan Evakuasi Fou'a dan Kafraya

1500 Tahanan Dibebaskan dari Penjara Assad Menyusul Kesepakatan Evakuasi Fou'a dan Kafraya

Jum'at, 20 Jul 2018 21:50

Gaza Kehabisan Gas Untuk Memasak setelah Penutupan Perlintasan Karem Shalom oleh Israel

Gaza Kehabisan Gas Untuk Memasak setelah Penutupan Perlintasan Karem Shalom oleh Israel

Jum'at, 20 Jul 2018 21:40

Mesir Tunda Persidangan Mantan Presiden Mursi

Mesir Tunda Persidangan Mantan Presiden Mursi

Jum'at, 20 Jul 2018 21:25

Turki Tidak Akan Ekstradisi Jihadis Paling Dicari Australia Neil Prakash

Turki Tidak Akan Ekstradisi Jihadis Paling Dicari Australia Neil Prakash

Jum'at, 20 Jul 2018 21:07

Fahri Khawatir BUMN jadi Tempat Mangkal Tim Sukses

Fahri Khawatir BUMN jadi Tempat Mangkal Tim Sukses

Jum'at, 20 Jul 2018 20:53

Apakah Boleh Jual Aset BUMN tanpa Diketahui DPR?

Apakah Boleh Jual Aset BUMN tanpa Diketahui DPR?

Jum'at, 20 Jul 2018 19:53

Salafi Sejati Menyeru Kepada Allah, Bukan Kepada Gurunya

Salafi Sejati Menyeru Kepada Allah, Bukan Kepada Gurunya

Jum'at, 20 Jul 2018 15:24

Yusril Minta Pahami PT dengan Logika Hukum, bukan dengan Logika Politik

Yusril Minta Pahami PT dengan Logika Hukum, bukan dengan Logika Politik

Jum'at, 20 Jul 2018 13:59

GAN: Menteri Yang Ikut Caleg Harus Mundur

GAN: Menteri Yang Ikut Caleg Harus Mundur

Jum'at, 20 Jul 2018 13:24


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X