Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.066 views

Pembunuhan Kepala Politik Saleh Al-Sammad Kemunduran Besar Bagi Pemberontak Syi'ah Houtsi

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman menderita kemunduran besar dengan pembunuhan kepala politik mereka dalam serangan udara koalisi yang dipimpin Saudi, kata para analis, sebagai tanda tekad Riyadh untuk mengejar kampanye militernya terhadap para pemberontak.

Saleh al-Sammad, kepala badan politik utama Houtsi yang didukung Iran, mati hari Kamis dalam serangan di provinsi barat Yaman, Hodeidah.

Dia adalah pejabat Houtsi paling senior yang dibunuh oleh koalisi sejak meluncurkan intervensi terhadap para pemberontak pada Maret 2015.

Analis mengatakan bahwa meskipun upaya baru untuk menemukan solusi negosiasi untuk konflik, pemogokan terbaru menunjukkan tidak hanya keinginan Riyadh untuk melanjutkan di jalur militer, tetapi efektivitas koalisi meningkat.

"Tidak ada pilihan lain pada tahap ini," kata Mustafa Alani, seorang analis di Gulf Research Center. "Kaum Houtsi tidak fleksibel dalam penyelesaian politik dan - orang-orang tidak memperhatikan - ada kemajuan nyata di lapangan untuk koalisi."

Meskipun tidak sering menjadi sorotan, Sammad bukanlah sosok kecil. Sebagai kepala Dewan Politik Tertinggi pemberontak Syi'ah Houtsi, dia sebenarnya adalah presiden dari wilayah luas Yaman yang berada di bawah kendali pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran tersebut.

"Ini tentu merupakan kemunduran utama," kata Adam Baron dari Dewan Eropa tentang Hubungan Luar Negeri.

"Sehubungan dengan menargetkan para pemimpin Houtsi, itu merupakan pukulan terbesar untuk koalisi sejauh ini - dan menunjukkan kemampuan intelijen mereka meningkat."

Sammad mati bersama dengan enam orang lainnya dalam serangan tersebut

Pemimpin utama pemeberontak Syi'ah Houtsi, Abdelmalek al-Houtsi, mengatakan tindakan tersebut "tidak akan tanpa balasan."

Pakar Barat lainnya, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Sammad adalah orang yang "masuk akal" yang telah mengambil bagian dalam negosiasi damai dan bahwa kematiannya adalah "kemunduran bagi prospek untuk pembicaraan yang produktif."

Alani mengatakan serangan itu merupakan bagian dari tren serangan yang ditargetkan oleh koalisi, dengan sedikitnya 25 komandan lapangan juga baru-baru ini tewas.

"Itu penting," kata Alani.

“Orang-orang itu selalu memiliki cara untuk melindungi diri mereka sendiri dan gerakan mereka selalu sangat rahasia karena mereka tahu mereka menjadi sasaran. Jadi ini sebuah pencapaian. ”

Banyak perhatian internasional terfokus pada serangan udara koalisi, yang telah dikritik karena menyerang warga sipil. Sebuah serangan pada pernikahan pada hari Ahad yang pemberontak Syi'ah disalahkan pada koalisi menewaskan sedikitnya 23 orang.

Namun Alani mengatakan pasukan koalisi - yang termasuk pasukan Saudi dan Emirat untuk mendukung pejuang pro-pemerintah - juga telah membuat kemajuan yang signifikan di lapangan.

"Tidak ada kemenangan besar tetapi mereka perlahan bergerak menuju empat kota besar di Yaman," katanya, termasuk Sana'a, Saada di jantung utara Houthsi, ibu kota ekonomi Taiz di barat daya dan kota pelabuhan Laut Merah Hodeidah.

Pemberontak Syi'ah Houtsi sementara itu telah meningkatkan serangan rudal balistik ke wilayah Saudi, termasuk beberapa serangan yang dihadang di Riyadh.

Alani mengatakan ini adalah tanda meningkatnya tekanan pada para pemberontak.

“Mereka sekarang dalam posisi defensif murni di lapangan. Mereka hanya berusaha mempertahankan kendali mereka dan ada masalah. Jadi cara termudah adalah dengan menembakkan rudal ... untuk menjawab tekanan di medan pertempuran. ”

Koalisi mendukung pasukan yang setia kepada Presiden Abdu Rabbou Mansour Hadi, yang dipaksa mengasingkan diri oleh pemberontak Syi'ah Houtsi. Kekuasaannya di negara itu lemah dan ada saran-saran bahwa Hadi bisa dipaksa keluar, tetapi untuk sekarang Riyadh dan sekutu-sekutunya tampaknya puas dengan sekutu mereka.

Syi'ah Houtsi mengalami kemunduran tahun lalu dengan runtuhnya aliansi mereka dengan mantan presiden Ali Abdullah Saleh, yang ditembak mati pada bulan Desember menyusul tuduhan bahwa dia siap melakukan kesepakatan dengan Arab Saudi. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X