Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.507 views

Dua Wajah Permainan Prancis dalam Perang di Libya

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Prancis mengklaim mengakui Dewan Presiden yang berbasis di Tripoli sebagai pemerintah sah Libya, tetapi di sisi lain, negara itu mendukung panglima perang Khalifa Haftar di bawah meja untuk menggulingkan Dewan Presiden yang diakui PBB, sebuah langkah yang digambarkan oleh pengamat sebagai sebuah permainan dari permainan dua wajah di negara Afrika Utara tersebut.

Pada awal April, pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar merebut kota pegunungan Gharyan tanpa tembakan setelah pemimpin milisi kota itu Adel Da'ab memutuskan untuk bergabung dengan mereka.

Kelompok-kelompok bersenjata Haftar, dengan bantuan ahli militer Prancis dan Uni Emirat Arab (EUA), mendirikan ruang operasi militer di Gharyan untuk menaklukkan Tripoli. Tak lama setelah penyitaan Gharyan, sekelompok 13 perwira intelijen bersenjata Prancis dicegat oleh otoritas Tunisia di perbatasan dengan Libya. Laporan media Tunisia memberi kesan bahwa para perwira Prancis itu mungkin telah membantu pasukan Haftar untuk mendirikan ruang operasi tersebut.

Tetapi berberapa hal tidak berjalan sesuai rencana. Pada tanggal 26 Juni, pasukan pemerintah dukungan PBB merebut kembali Gharyan setelah lebih dari tiga bulan dikuasai pemberontak, dalam sebuah pukulan besar terhadap panglima perang Haftar dan sekutunya di luar negeri.

Pasukan pemerintah sah Libya mengambil alih kota itu dalam serangan 7 jam yang mengejutkan dan menangkap lebih dari seratus pejuang lokal dan tentara bayaran asing. Mereka juga merebut ruang operasi yang didirikan oleh Haftar dan sekutu-sekutunya di luar negeri, di samping sejumlah senjata futuristik, termasuk rudal Javelin buatan AS.

Sementara tuduhan untuk pasokan rudal Jevelin tersebut diarahkan ke UEA, salah satu pendukung utama Haftar, pejabat AS menyimpulkan bahwa rudal itu pertama kali dijual ke Prancis sebelum berakhir di tangan panglima perang kelompok bersenjata Haftar.

Merasa malu, Prancis mengakui bahwa rudal Javelin yang ditemukan di Gharyan dibeli dari Amerika Serikat, tetapi mengklaim bahwa "rudal itu tidak pernah dimaksudkan untuk dijual atau dipindahkan ke pihak mana pun dalam konflik Libya."

Dalam sebuah pernyataan, negara itu menambahkan bahwa rudal tersebut "rusak dan tidak dapat digunakan" dan dimaksudkan sebagai "perlindungan diri bagi unit militer Prancis yang dikerahkan untuk melakukan operasi kontra-terorisme".

Narasi Prancis dianggap tidak akurat dan penuh kontradiksi oleh banyak pengamat dan politisi.

Anggota Dewan Presiden, Mohammad Amari Zayed mengatakan pernyataan Prancis tentang keberadaan misilnya di Gharyan bertentangan. Dari satu sisi pernyataan itu mengklaim rudal itu "rusak dan tidak dapat digunakan" tetapi di sisi lain, Paris mengklaim rudal itu untuk melindungi diri dan memerangi terorisme.

Jadi bagaimana kita bisa memerangi terorisme dengan senjata yang rusak dan tidak dapat digunakan? Amari berpendapat.

Ahmed Sewehli, seorang advokat demokrasi Libya, berpendapat Prancis berperang dengan Libya, menuduhnya membunuh massal rakyat Libya dengan pasokan senjata canggih mereka ke Haftar.

Dukungan Prancis untuk Haftar kembali ke 2014 selama perangnya melawan Benghazi. Sebuah ruang operasi militer Prancis didirikan untuk membantu pasukan Haftar mengambil kendali kota dengan dalih memerangi terorisme.

Pada Juli 2016, tiga tentara pasukan khusus Prancis tewas ketika helikopter mereka ditembak jatuh di kota El Magrun, sekitar 75 km selatan Benghazi, selama operasi militer untuk mendukung pasukan Haftar. Brigade Pertahanan Benghazi mengaku bertanggung jawab atas penembakan itu, tetapi Prancis mengklaim kecelakaan helikopter itu tidak disengaja.

Tautan Prancis ke perang melawan Islamic State (IS) telah menimbulkan pertanyaa. Selama perang Al-Bonyan Al-Marsous yang dilancarkan pemerintah sah Libya di Tripoli pada IS di Sirte pada tahun 2016, sebuah kapal selam Prancis mendekati pantai dalam upaya untuk mengevakuasi "orang-orang penting" ketika perang terhadap kelompok itu sedang berkecamuk.

Berbicara kepada Pengamat Libya dengan syarat anonimitas, seorang perwira tinggi keamanan negara mengungkapkan bahwa pasukan Angkatan Laut Libya telah mendeteksi sebuah kapal selam berlayar di dekat pantai dan mengirim permintaan untuk tanda panggilan. Awak kapal selam mengidentifikasi diri mereka sebagai pasukan marinir AS yang melakukan beberapa operasi sebelum akhirnya menghilang. Kemudian Komando Afrika AS membantah keberadaan kapal selam AS di dekat pantai pada saat itu setelah permintaan klarifikasi yang dikirim oleh Dewan Presiden.

Angkatan Laut Libya menyimpulkan bahwa kapal selam itu milik Angkatan Laut Prancis dan berusaha untuk membantu beberapa "orang penting" melarikan diri dari Sirte, menurut petugas keamanan negara.

Beberapa laporan mengklaim bahwa Prancis sedang mencoba untuk mengevakuasi beberapa pemimpin ISIS yang bekerja untuk intelijen Prancis.

Petugas keamanan juga mengungkapkan bahwa seorang perwira intelijen Prancis  mengunjungi pangkalan udara Watiya di Libya barat dekat perbatasan dengan Tunisia segera setelah revolusi Februari yang menggulingkan rezim Khadafi. Perwira Prancis tersebut memeriksa pangkalan udara dengan tujuan untuk mengatur kehadiran Prancis di dekat perbatasan Tunisia, tetapi tujuan mereka digagalkan setelah permintaan Prancis untuk mengunjungi pangkalan udara kembali ditolak oleh otoritas Libya pada saat itu.

Prancis mungkin ingin memfasilitasi aliran pejuang IS Tunisia ke Libya, menurut pejabat keamanan negara Libya.

Sebelum pertempuran Sirte, konvoi pejuang IS melarikan diri dari Benghazi ke wilayah tengah Libya tanpa dicegat oleh pasukan Haftar. Mantan juru bicara Operasi Martabat Tentaran Nasional gadungan Libya (LNA) pimpinan Haftar, Mohammed Al-Hijazi, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV lokal bahwa konvoi pejuang Islamic State melarikan diri dari Benghazi di bawah perlindungan udara dari sebuah pendukung asing ke Haftar, tanpa menyebutkannya. Namun Kepala Dewan Militer Sabratha Kolonel Taher Al-Gharabli mengungkapkan bahwa pendukung asing itu adalah Prancis.

Perjalanan konvoi itu sendiri berakhir di Sirte tempat apa yang disebut cabang Libya Islamic State diumumkan. (st/LO)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
IOF Derita Puluhan Korban Luka Baru Di Gaza, Total Jadi 3.757 Orang

IOF Derita Puluhan Korban Luka Baru Di Gaza, Total Jadi 3.757 Orang

Jum'at, 29 Mar 2024 21:45

Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Jum'at, 29 Mar 2024 21:12

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X