Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.240 views

Solidaritas untuk Umat Islam Suriah

 

Oleh:

Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA*

 

MENDENGAR dan membaca berita mengenai umat muslim Suriah sangat menyedihkan dan memprihatikan kita. Bagaimana tidak, saudara-saudara kita muslim Suriah mengalami penderitaan yang luar biasa. Ratusan ribu umat Islam Suriah dibunuh dan dibantai dengan sadis dan biadab oleh militer rezim Syiah Basyar Asad dan sipil Syiah Suriah yang dibantu oleh rezim Syiah Iran dan komunis Rusia. Umat Islam Suriah kehilangan keluarga, harta, dan rumah, bahkan nyawa mereka. Keluarga mereka dibunuh. Harta mereka dirampas. Rumah dan desa mereka dibakar. Kehormatan muslimah mereka dilecehkannya. Muslimah mereka diperkosa sampai mati di depan ayah, suami dan saudaranya.

Tidak hanya pembantaian dan penyiksaan yang menimpa mereka, namun juga jutaan muslim Suriah harus mengungsi meninggalkan rumah dan tanah airnya demi menyelamatkan diri dari pembunuhan dan pembantaian yang dilakukan oleh pemerintah dan sipil Syiah Suriah. Mereka kekurangan makanan, pakaian, selimut dan obat-obatan. Mereka terpaksa mengungsi ke negara Turki dan negara-negara Eropa, bahkan sampai ke Arab Saudi untuk menyelamatkan diri. Mereka ditindas, dizhalimi dan diusir dari negaranya sendiri oleh rezim Syiah Basyar Asad.

Semua negara hanya diam menyaksikan aksi pembantaian dan pengusiran umat Islam Suriah oleh rezim Syiah Basyar Asad, kecuali Turki. Turki satu-satunya negara yang membantu rakyat Suriah dengan bantuan kemanusiaan dan bahkan militer. Negara-negara Barat dan organisasi-organisasi yang mengklaim dirinya sebagai pembela HAM pun diam. Jelas, karena korban tersebut adalah umat Islam. Mereka pasti bertindak jika korbannya bukan umat Islam. Dunia sebatas mengecam tindakan biadab rezim pemerintah Suriah, tanpa ada tindakan untuk menghentikan pembantaian dan pengusiran tersebut, baik dengan militer, pemutusan diplomatik maupun sanksi ekonomi terhadap Suriah. Itu sebabnya militer dan sipil Syiah Suriah berani melakukan pembantaian terhadap umat Islam Suriah. Padahal, aksi pembunuhan dan pembantaian serta pengusiran terhadap muslim Suriah. jelas melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) dan aturan Internasional. Bahkan perbuatan biadab itu di luar batas kemanusian. Aksi pembantaian tersebut telah berlangsung sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu sampai hari ini. Hanya saja saat ini tragedi kemanusiaan di Suriah ini mulai terbuka dan mendunia.

Kewajiban Solidaritas Islam

Sebagai muslim, kita patut merasakan penderitaan umat Islam Suriah. Mereka itu adalah saudara-saudara kita seagama dan seiman. Islam mewajibkan kita untuk bersolidaritas terhadap muslim yang menderita, terzalimi dan tertindas. Sikap solidaritas ini merupakan bukti iman dan ukhuwah islamiah yang diperintahkan Allah Swt dan Rasul-Nya.

Allah Swt menegaskan bahwa orang-orang yang beriman itu bersaudara sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara...” (Al-Hujurat: 10). Begitu pula Rasul Saw menegaskan bahwa umat Islam itu bersaudara dengan sabda beliau: “Seorang muslim itu bersaudara dengan muslim yang lainnya..”. (HR. Bukhari, Muslim dan at-Tirmizi).

Rasulullah Saw menggambarkan umat Islam seperti sebuah bangunan yang wajib saling menguatkan satu sama lainnya, sebagaimana sabda beliau: “Seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti sebuah bangunan yang saling menguatkan satu sama lainnya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Menguatkan satu sama lain berarti saling membantu sesama muslim dan saling membela saudaranya muslim yang tertindas dan terzhalimi.

Rasul Saw juga menggambarkan umat Islam layaknya satu tubuh sesuai sabda beliau: “Sungguh seorang mukmin bagi mukmin yang lain berposisi seperti kepala bagi tubuh. Seorang mukmin akan merasakan sakitnya mukmin yang lain seperti tubuh ikut merasakan sakit yang menimpa kepala”. (HR. Ahmad).Rasul Saw  bersabda: “Perumpamaan kaum mukmin dalam hal saling cinta, kasih sayang dan simpati di antara mereka seperti satu tubuh; jika salah satu anggota tubuh sakit maka seluruh tubuh demam dan tidak bisa tidur.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Seperti itulah seharusnya persaudaraan umat Islam. Ukhuwah islamiah itu harus lebih diutamakan di atas persaudaraan ikatan lainnya, termasuk ikatan keluarga dan nasionalisme. Semua umat Islam di seluruh dunia harus merasa layaknya satu tubuh. Penderitaan yang menimpa sebahagian kaum muslimin di suatu tempat, harus juga dirasakan oleh seluruh umat Islam lainnya. Semua itu tidak lain karena dorongan iman mereka. Persaudaraan mereka adalah persaudaraan karena iman. Ini menunjukkan kualitas keimanan seseorang.

Lebih jauh lagi, Islam memerintahkan umatnya untuk menolong saudaranya muslim yang tertindas dan terzhalimi. Allah Swt berfirman: “Jika mereka meminta pertolongan kepada kalian dalam (urusan agama) maka kalian wajib memberikan pertolongan”. (Al-Anfal: 72).Rasul Saw bersabda: “Tolonglah saudaramu yang berbuat zhalim dan yang terzhalimi.” Seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasulullah, saya akan menolongnya jika dia terzhalimi. Tapi bagaimana pendapatmu jika dia berbuat zhalim, bagaimana saya menolongnya? Rasulullah Saw bersabda: “Kamu cegah dia dari perbuatan zhalim maka kamu telah menolongnya.” (HR. al-Bukhari)

Islam memerintahkan umatnya membantu meringankan penderitaan saudaranya muslim. Allah Swt berfirman: “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan sebelum kamu menginfakkan sebahagian harta yang kamu cintai.” (Ali ‘Imran” 92). Rasul Saw bersabda: “Seorang muslim itu bersaudara dengan muslim yang lainnya; Ia tidak boleh menzhalimi saudara, dan tidak boleh menyerahkannya kepada musuh. Barangsiapa yang memenuhi kebutuhan saudaranya maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Dan barangsiapa yang melapangkan dari seorang muslim suatu kesulitan maka Allah akan melapangkan darinya suatu kesulitan dari kesulitan-kesuliltan pada hari Kiamat.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Beliau juga bersabda: “Allah akan menolong seorang hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Bahkan, Nabi Saw mengaitkan keimanan dengan ukhuwah Islamiah dan solidaritas Islam. Nabi Saw bersabda: “Tidak beriman (dengan sempurna) salah seorang di antara kalian sebelum dia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri”. (HR. Bukhari dan Muslim). Beliau juga bersabda: “Barangsiapa yang tidak mementingkan (tidak peduli) dengan urusan kaum muslimin maka dia tidak termasuk golonganku.”. Inilah ancaman bagi orang yang tidak berukhuwah Islamiah dan tidak bersolidaritas terhadap umat Islam yang menderita.

Begitulah kewajiban bersolidaritas terhadap sesama muslim sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya. Maka sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bersolidaritas terhadap saudara-saudara kita Suriah yang sedang menderita dengan ikut merasakan penderitaan mereka, peduli dan empati terhadap mereka, menolong memenuhi kebutuhan mereka, dan membela hak-hak mereka yang terzalimi dan tertindas. Inilah bukti iman dan ukhuwah Islamiah kita yang diwajibkan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya.

Tindakan Solidaritas Terhadap Muslim Suriah

Kita wajib bersolidaritas untuk muslim Suriah. Di antara sikap solidaritas yang wajib dilakukan oleh seorang muslim, khususnya pemimpin muslim, dalam persoalan Suriah:

Pertama; Tindakan militer oleh negara-negara Islam. Para pemimpin muslim harus  mengirim pasukan militer perdamaian untuk menghentikan pembunuhan terhadap umat Islam Suriah dan membela muslim Suriah yang terzalimi dan tertindas. Tidak ada cara yang dapat menghentikan aksi pembunuhan dan pembantaian yang dilakukan oleh militer Suriah melainkan dengan militer juga. Militer harus dihadapi dengan militer pula. Cara ini sangat efektif, karena dapat menakutkan musuh-musuh Islam dan memberi pelajaran kepada mereka. Terlebih lagi jika tindakan militer ini dilakukan olah gabungan negara-negara muslim. Ini yang dilakukan Turki.

Cara militer ini yang dilakukan oleh Rasulullah Saw ketika umat Islam dibantai di Tabuk dan daerah lainnya. Ketika mendengar berita bahwa umat Islam di Tabuk dibantai oleh pasukan Romawi karena mempertahankan keimanan mereka, maka Rasulullah saw pun langsung bersikap dengan mengirim pasukan militer untuk berjihad melawan pasukan Romawi pembunuh umat Islam sehingga pasukan Romawi ketakutan dan dikalahkan. Begitu pula dilakukan oleh para khalifah khulafaurrasyidin dan para khalifah setelah khulafaur rasyidin pada masa-masa kekhalifahan Islam ketika umat Islam diperangi, dibantai dan ditindas oleh musuh-musuh Islam, mereka langsung mengirim pasukan untuk berjihad untuk membela dan menyelamatkan umat Islam dari kezaliman musuh-musuh Islam. Islam pun menjadi kuat, mulia dan ditakuti musuh.

Islam memerintahkan umatnya berjihad dengan tujuan untuk membela diri dan membela agama. Allah Swt berfirman: “Diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan sungguh Allah Mahakuasa menolong mereka itu, (yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata,“Tuhan kami ialah Allah..” (Al-Hajj: 39-40). Allah Swt berfirman: “Berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah..” (At-Taubah: 41). Allah Swt berfirman: “Perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya.” (At-Taubah: 36). Maka para pemimpin muslim harus membuka pintu jihad bagi orang yang mampu dan ingin berjihad demi membela saudaranya yang terzalimi dan tertindas dan membela agama.

Kedua; Memberi sanksi politik dan ekonomi kepada pemerintah Suriah untuk menekan rezim Basyar Asad agar menghentikan pembantaian terhadap umat Islam Suriah. Para pemimpin muslim harus memberikan sanksi politik dengan memutuskan hubungan dengan pemerintah Suriah dan mengusir dubes dan anggota dipomatik Suriah dari negara mereka. Selain itu, sanksi ekonomi mesti diberlakukan. Sanksi politik dan ekonomi ini sangat memungkinkan dan bisa dilakukan oleh setiap pemimpin muslim. Terlebih lagi jika negara-negara muslim bersatu.

Ketiga; Berinfak untuk membantu meringankan penderitaan muslimin Suriah. Kita wajib berinfak sesuai dengan kemampuan masing-masing, terlebih lagi bagi pemimpin muslim. Setiap kita mampu berinfak, karena setiap kita punya harta walaupun sedikit. Bagi yang memiliki banyak harta maka hendaklah berinfak dengan harta yang banyak. Bagi yang punya sedikit harta, maka berinfak dengan sedikit hartanya. Infak kita sangat bermanfaat bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Mereka sangat membutuhkan makanan, pakaian dan selimut, tenda/rumah dan obat-obatan. Bantuan ini dapat meringankan penderitaan mereka. Ini juga dilakukan juga oleh Turki selain tindakan militer dan pemutusan hubungan dengan Suriah.

Keempat; Berdoa untuk muslimin Suriah. Kita juga bisa membantu saudara kita muslimin Suriah dengan doa agar Allah Swt menolong mereka. Kita mohon kepada Allah Swt agar Allah Swt menyelamatkan umat Islam Suriah dari kezaliman militer dan sipil Syiah Suriah dan membinasakan musuh Islam tersebut. Doa kita sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita muslimin Suriah. Nabi saw bersabda: “Doa itu senjata orang mukmin”. Setiap kita mampu berdoa. Maka hendaklah kita berdoa setiap saat untuk saudara-saudara kita muslimin Suriah.  Dengan kondisi umat Islam Suriah seperti saat ini, maka doa qunut nazilah sangat dianjurkan, terutama dibaca pada setiap shalat lima waktu di rakaat terakhir setelah ruku’. Rasulullah Saw melakukan qunut nazilah dan memerintahkan umat Islam untuk membacanya pada setiap shalat lima waktu ketika umat Islam dibantai oleh orang-orang kafir.

Kelima; Mengadakan aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk umat Islam Suriah. Aksi ini perlu dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, terutama di depan kedubes Suriah di Jakarta, untuk membela muslim Suriah dan mengecam/mengutuk perbuatan biadab pemerintah rezim Basyar Asad. Tidak hanya itu, aksi ini juga untuk menekan pemerintah Suriah untuk menghentikan tindakan biadabnya dan mengusir dubes beserta para anggota diplomatik Suriah dari Indonesia. Selain itu, aksi ini dilakukan untuk meminta kepada pemerintah kita agar bertindak segera untuk menghentikan pembantaian dan pengusiran umat Islam Suriah dan meminta pemerintah kita untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Suriah. Mengingat Indonesia merupakan negara muslim terbesar. Aksi-aksi solidaritas ini perlu diekspos di berbagai media, baik media lokal, nasional maupun internasional.

Akhirnya, mari kita membantu saudara-saudara kita umat Islam Suriah sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita masing-masing. Bagi yang mampu berjihad, khususnya pemimpin muslim, maka kewajibannya berjihad melawan rezim basyar asad atau membantu jihad rakyat Suriah dengan senjata. Inilah yang paling efektif. Paling tidak, pemutusan hubungan ekonomi dan politik dengan Suriah. Bagi orang yang tidak mampu berjihad, maka kewajibannya berinfak,  berdoa untuk muslim Suriah dan mengadakan aksi-aksi solidaritas. Setiap kita mampu menolong mereka dengan infak, doa dan mengadakan aksi solidaritas tanpa ada kesulitan. Jika kita hanya diam, maka bagaimana kita akan mempertanggung jawabkan sikap diam dan ketidakpedulian kita ini kepada Allah Swt pada pengadilan yaumul mahsyar (hari kebangkitan) nanti? Semoga Allah Swt memberi pertolongan-Nya kepada saudara-saudara kita umat Islam Suriah. Aamiin..!

Penulis adalah Ketua Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Acehdananggota Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X