Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.442 views

Membangun Peradaban Indonesia dari Pulau Sebira

 

Oleh:

Tony Rosyid || Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

 

PULAU Sebira mulai populer sejak dikunjungi Anies Baswedan, Gubernur Jakarta. Dua kali Sang Gubernur berkunjung ke pulau terjauh ini. Di tahun 2019 dan tahun 2021. Terakhir, Anies menginap di pulau yang jaraknya sekitar 160 KM dari Jakarta. 

Sejak tahun 1989, baru kali ini ada seorang gubernur DKI berkunjung ke pulau yang berpenduduk 700 keluarga ini. Karena letaknya yang jauh dari Jakarta, dan jarak tempuhnya 8 jam dengan menggunakan kapal nelayan. 

Bukan soal kunjungan yang terpenting. Kalau cuma blusukan, semua pemimpin bisa. Hampir semua pemimpin dan kepala daerah melakukannya. Sekedar salaman, haha hehe dan pamer senyum. Lalu pasang kamera, ambil gambar sana sini dan diupload. Viral! Untuk blusukan semacam ini, gak perlu kecerdasan, dan gak butuh pendidikan tinggi.

Yang sering dilupakan adalah bagaimana kunjungan itu membawa dampak, terutama pembangunan dan kesejahteraan bagi warga yang dikunjungi. Sekali lagi, dampak bagi warga, bukan bagi anggaran pejabat yang berkunjung. Faktanya, anggaran  pejabat ini yang malah seringkali jadi prioritas.

Kini, warga Pulau Sebira sudah bisa bergembira. Karena, sejak tahun 2019, untuk sampai ke pulau yang dihuni oleh warga Bugis ini tak lagi butuh waktu 8 jam, tapi cukup 2,5 jam. Sejak Pemprov DKI menyediakan kapal Chabing Nusantara, warga Pulau Sebira sudah bisa bolak balik ke ibu kota yang hanya 2,5 jam perjalanan. Sama jarak tempuh Lebak Bulus ke Soedirman ketika jalanan agak padat merayap. 

Sekarang, warga Pulau yang luasnya 8,8 hektar ini tidak lagi menjadi warga terpencil. Dengan transportasi baru, mereka bisa bolak balik ke Jakarta. Sejak Anies jadi Gubernur, listrik sudah mulai masuk ke pulau ini. Air bersih pun telah diproduksi secara mandiri melalui pengolahan limbah. Pemprov DKI telah menfasilitasi kebutuhan teknologinya. 

Jarak tempuh ke ibu kota yang pendek, kebutuhan air dan energi yang terpenuhi, telah membuat ekonomi warga Pulau Sebira tumbuh dengan pesat. Ini otomatis berdampak bagi kesejahteraan warga Pulau Sebira. 

Semakin dekat jarak Pulau Sebira ke ibu kota membuat belanja makin mudah. Dengan begitu, harga-harga barang pun semakin murah. Sebaliknya, warga Pulau bisa menjual hasil daerah tanpa dibeban mahalnya transportasi, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan ekonomi warga Sebira merepresentasikan fakta keberpihakan seorang pemimpin kepada rakyat yang selama ini terkucil dan terpencil, serta jauh dari kesejahteraan dan sentuhan peradaban.

Di Indonesia, daerah dan pulau terpencil ada ribuan jumlahnya. Mereka tak tersentuh pembangunan karena akses transportasi yang terbatas. Akibatnya, mereka tertinggal, jauh dari kesejahteraan dan bahkan tak terjamah peradaban. 

Disinilah tantangan bagi setiap pemimpin. Bagaimana seorang pemimpin mampu memetakan problem dan kebutuhan rakyatnya, dan secara terencana bisa menjawab problem dan kebutuhan itu. Terutama problem kesejahteraan dan keadilan ekonomi. 

Anies telah menjawab problem itu di pulau Sebira. Atas jawaban ini, salah seorang tokoh Pulau Sebira bicara lantang di depan warganya: "kami ingin bapak Anies datang lagi ke sini sebagai presiden". 

Begitulah ekspresi kegembiraan warga Sebira. Ekspresi keluguan, kepolosan dan kejujuran rakyat yang puas terhadap "pelayanan" dari pemimpinnya.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X