Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.804 views

Cristiano Ronaldo, Wajah Baru Ambisi Olahraga Arab Saudi

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Kedatangan superstar sepak bola Cristiano Ronaldo di Arab Saudi pada hari Selasa (3/1/2023) sebagai anggota terbaru klub milik negara Al Nassr menandai langkah maju yang sangat besar dalam terjunnya negara gurun itu ke dalam olahraga tingkat atas.

Ronaldo, 37, disambut dengan tepuk tangan meriah di stadion Mrsool Park yang berkapasitas 25.000 orang di ibu kota Riyadh.

Pemenang lima kali Ballon d'Or dan pemenang lima kali Liga Champions Eropa itu menandatangani kontrak dengan klub Saudi tersebut hingga Juni 2025 dengan perkiraan 200 juta euro, setelah keluar dari mantan klubnya Manchester United setelah dia mengkritik keras pemilik dan pelatih tim, Erik ten Hag, dalam sebuah wawancara TV.

“Saya adalah pemain yang unik. Senang datang ke sini, saya memecahkan semua rekor di sana (Eropa) dan saya ingin memecahkan beberapa rekor lagi di sini,” katanya kepada wartawan di stadion Mrsool Park. Memang, pemilik ambisius tim barunya berharap untuk mengulangi kisah "Galaktik" Real Madrid tahun 2000-an, yang diisi dengan bintang global seperti David Beckham dari Inggris dan Zinedine Zidane dari Prancis.

Kehadiran Ronaldo juga bisa mendorong nama besar lainnya untuk bermain di Arab Saudi.

Menurut seorang pejabat klub yang ingin tetap anonim, Al Nassr juga mengincar playmaker Kroasia Luka Modric serta gelandang Chelsea asal Prancis N'Golo Kanté.

Di Al Nassr, yang dipimpin oleh pemain Prancis Rudi Garcia, Ronaldo akan bertemu dengan mantan pemain Ligue 1 seperti kiper Kolombia David Ospina, gelandang Brasil Luiz Gustavo, dan striker Kamerun Vincent Aboubakar.

Tetapi lebih dari memecahkan rekor sepak bola lokal, bintang setinggi Ronaldo juga mewakili kudeta spektakuler dalam serangan olahraga dan diplomatik kerajaan Teluk.

Kekuatan sepak bola

Seperti tuan rumah Piala Dunia baru-baru ini, Qatar, yang juga pemilik Paris Saint-Germain, Arab Saudi telah banyak berinvestasi di sepak bola. Khususnya, pada Oktober 2021, sebuah konsorsium Saudi mengambil alih klub Liga Utama Inggris Newcastle United, meskipun pada awalnya mendapat sambutan yang tidak bersahabat dari para penggemarnya.

Penandatanganan Ronaldo, bagaimanapun, mewakili "strategi baru dan belum pernah terjadi sebelumnya", kata Karim Sader, seorang ilmuwan politik dan spesialis negara-negara Teluk.

“Ini bukan tentang membeli klub yang akan bersinar di liga asing, tapi tentang membeli pemain bintang yang kecemerlangannya akan membuat liga Anda sendiri bersinar, kata Sader.

Meskipun striker Portugal itu bukan bintang sepak bola tua pertama yang mengakhiri kariernya di negara Teluk, pemain sekaliber dia belum pernah masuk ke wilayah tersebut. Di luar lapangan, ia juga merupakan ikon fesyen, influencer, dan selebritas media sosial, dengan sekitar 570 juta pengikut di Instagram. Kehadirannya di liga Saudi yang sederhana menarik sorotan global ke liga dan negara.

“Asia belum pernah melihat yang seperti ini,” lapor harian berbahasa Inggris yang berbasis di Dubai, Gulf News. "Ke mana pun dia pergi, dia akan menarik perhatian dan jika hanya 10% pengikutnya yang tertarik dengan klub barunya, Liga Saudi akan menjadi salah satu yang paling banyak ditonton di dunia."
Piala Dunia 2030?

Dengan pengakuan nama Ronaldo, Arab Saudi juga mendapatkan duta mewah dalam upayanya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. FIFA akan menunjuk negara atau negara tuan rumah tahun itu pada tahun 2024.

“Ini adalah awal dari operasi untuk merayu otoritas sepakbola dunia, seperti yang telah ditunjukkan oleh kehadiran Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada pertandingan pembukaan Piala Dunia di Qatar. Mereka datang untuk mencari urapan suci dengan Ronaldo,” Raphael Le Magoariec, spesialis geopolitik olahraga di University of Tours, mengatakan kepada AFP.

Timnas Arab Saudi membuat sensasi di laga pembuka mereka di Piala Dunia Qatar dengan mengalahkan Argentina dengan Lionel Messi-nya. Sekarang, Riyadh sedang mempertimbangkan tawaran bersama Asia-Afrika-Eropa untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar dengan Mesir dan Yunani.

Pemberian Piala Dunia telah lama tunduk pada prinsip sakral rotasi benua dan konfederasi, tetapi pengamat mengatakan tidak ada alasan mengapa Arab Saudi tidak dapat memenangkan hati badan sepak bola itu begitu cepat setelah Qatar, negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah acara tersebut.

"Ada banyak kritik terhadap Qatar, tapi pada akhirnya sukses besar dan tercermin dengan baik dari segi citra. Dunia sepak bola tidak terbatas di mata Barat," kata Sader, menunjukkan dukungan antusias dunia Arab. untuk perjalanan semifinal bersejarah tim Maroko atau, tentu saja, kemenangan pembukaan Arab Saudi atas pemenang piala, Argentina.

"Semua ini dirasakan sebagai kemenangan bagi Timur Tengah," ujarnya.

Olahraga cuci

Tapi ambisi olahraga Arab Saudi melampaui sepak bola. Kedatangan Ronaldo datang dengan latar belakang dorongan ke oleh raga golf, tenis, tinju dan Formula 1. Reli Dakar kerajaan Teluk adalah event global dan Piala Saudi adalah pacuan kuda terkaya di dunia, dengan pundi-pundi hadiah sebesar 20 juta dolar. Kerajaan juga dianugerahi, secara kontroversial, Asian Winter Games 2029 pada Oktober 2022, untuk diselenggarakan di "kota masa depan" yang belum dibangun, Neom.

Lama dikritik karena catatannya tentang hak asasi manusia, Arab Saudi bermaksud menggunakan olahraga sebagai sarana untuk mengubah citranya di Barat sebagai monarki ultra-konservatif.

Putra Mahkota Mohammed Bin Salman telah menjadi paria di panggung internasional sejak pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi oleh agen Saudi pada Oktober 2018. “Putra Mahkota Mohammed Bin Salman perlu memulihkan citranya. Ini baru-baru ini direhabilitasi oleh uluran tangan AS, berkat masalah energi,” kata Sader.

Namun, menurut Sader, penandatanganan Ronaldo juga merupakan langkah bijak di tingkat domestik: "Ada banyak pembicaraan tentang 'kekuatan lunak' dalam skala geopolitik, tetapi dari sudut pandang internal, dengan menawarkan negara liga sepak bola yang layak untuk nama itu, [mengontrak Ronaldo] juga merupakan cara yang baik [untuk keluarga kerajaan] untuk mengkonsolidasikan kekuatannya.” (F24)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

Ahad, 29 Jan 2023 11:09

2 Orang Israel Terluka Dalam Serangan Senjata Setelah Penembakan Di Sinagoga Neve Yakoov

2 Orang Israel Terluka Dalam Serangan Senjata Setelah Penembakan Di Sinagoga Neve Yakoov

Sabtu, 28 Jan 2023 20:45

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

Sabtu, 28 Jan 2023 19:52

Harga Pangan Naik Setiap Tahun, Islam Hadirkan Solusi Nyata

Harga Pangan Naik Setiap Tahun, Islam Hadirkan Solusi Nyata

Sabtu, 28 Jan 2023 19:41

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

Sabtu, 28 Jan 2023 15:06

Jenderal Bintang 4 Angkatan Udara AS Peringatkan Kemungkinan Perang Dengan Cina Tahun 2025

Jenderal Bintang 4 Angkatan Udara AS Peringatkan Kemungkinan Perang Dengan Cina Tahun 2025

Sabtu, 28 Jan 2023 11:35

Soal Pembakaran Al-Qur'an, DSKS Desak Pemerintah Panggil Dubes Swedia

Soal Pembakaran Al-Qur'an, DSKS Desak Pemerintah Panggil Dubes Swedia

Sabtu, 28 Jan 2023 09:15

Nah, Emil Mulai Banjir Kritik

Nah, Emil Mulai Banjir Kritik

Sabtu, 28 Jan 2023 08:27

PKS Kutuk Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

PKS Kutuk Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

Sabtu, 28 Jan 2023 07:33

Trilogi Kesesatan

Trilogi Kesesatan

Sabtu, 28 Jan 2023 07:20

Tokoh di Balik Lahirnya Syiah: Abdullah bin Saba’

Tokoh di Balik Lahirnya Syiah: Abdullah bin Saba’

Sabtu, 28 Jan 2023 07:17

Aksi Pembekaran Al-Qur'an Merupakan Tindakan Rasis yang Melukai Umat Islam

Aksi Pembekaran Al-Qur'an Merupakan Tindakan Rasis yang Melukai Umat Islam

Sabtu, 28 Jan 2023 07:15

Amalan Khusus di Bulan Rajab

Amalan Khusus di Bulan Rajab

Sabtu, 28 Jan 2023 07:10

Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia Adalah Ujaran Kebencian, Bukan Kebebasan Berekspresi

Pembakaran Al-Qur'an Di Swedia Adalah Ujaran Kebencian, Bukan Kebebasan Berekspresi

Jum'at, 27 Jan 2023 16:32

Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 9 Orang Yang Tewas Dalam Serangan Israel Di Kamp Jenin

Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 9 Orang Yang Tewas Dalam Serangan Israel Di Kamp Jenin

Jum'at, 27 Jan 2023 15:07

Otoritas Palestina Tangguhkan Kerjasama Keamanan Dengan Israel Menyusul Pembantaian Di Kamp Jenin

Otoritas Palestina Tangguhkan Kerjasama Keamanan Dengan Israel Menyusul Pembantaian Di Kamp Jenin

Jum'at, 27 Jan 2023 11:17

Pasukan Khusus AS Tewaskan Komandan Senior Islamic State Dan 10 Rekannya Di Somalia

Pasukan Khusus AS Tewaskan Komandan Senior Islamic State Dan 10 Rekannya Di Somalia

Jum'at, 27 Jan 2023 10:36

Mujahid: Imarah Islam Afghanistan Tidak Akan Runtuh Karena Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

Mujahid: Imarah Islam Afghanistan Tidak Akan Runtuh Karena Krisis Ekonomi Dan Kemanusiaan

Kamis, 26 Jan 2023 16:16

Polisi India Tangkap Mahasiswa Saat Pemutaran Film Dokumenter BBC 'India, The Modi Question'

Polisi India Tangkap Mahasiswa Saat Pemutaran Film Dokumenter BBC 'India, The Modi Question'

Kamis, 26 Jan 2023 15:16

Al-Azhar Serukan Dunia Islam Boikot Produk Swedia Dan Belanda Karena Penodaan Al-Qur'an

Al-Azhar Serukan Dunia Islam Boikot Produk Swedia Dan Belanda Karena Penodaan Al-Qur'an

Kamis, 26 Jan 2023 14:15


MUI

Must Read!
X

Sabtu, 28/01/2023 19:52

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?