Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.573 views

Politisi Belanda Sangat Antipati Dengan hukum Syariah

Jika memikirkan kemungkinan penerapan Hukum Syariah di Belanda, yang akan muncul hanyalah Debat sengit dan akan membuat bulu kuduk politisi Belanda berdiri.

Karena menurut mereka, Hukum Islam hanya akan mengakibatkan munculnya ketidak-adilan bagi kaum wanita. Selain itu, para politisi khawatir, hal ini hanya akan menguntungkan Geert Wilders.

Perkara perdata

Orang-orang, Barat khususnya, termasuk juga politisi Belanda, sering mengaitkan Hukum Syariah dengan hukuman tidak berperi-kemanusiaan, bila mengingat hukuman rajam. Potong tangan. dan hukuman cambuk bagi pelanggaran hukum berat, namun mereka tidak mengetahui bahwa hukum islam juga berlaku bagi banyak urusan lain seperti urusan perdata.

Seperti, hukum perceraian, kekerabatan dan warisan. Menurut desas-desus yang beredar, Hukum Syariah seperti itu, kini pun sudah diterapkan di banyak mesjid di Belanda. Menteri Kehakiman, Hirsch Ballin, memerintahkan untuk meneliti hal tersebut.

Hirsch Ballin: "Kita tidak menerima adanya pemaksaan. Tidak bisa orang memaksa seorang perempuan untuk menerima sesuatu, dengan alasan bahwa itulah aturan Islam. Dan karena itu, kaum wanita tidak bisa tidak, harus menerimanya. Hal ini tidak sesuai dengan sisten hukum kita. Jadi, tidak boleh terjadi."

Mayoritas anggota perlemen di Tweede Kamer akan langsung sewot jika menyangkut soal Syariah.

Mayoritas anggota perlemen di Tweede Kamer akan langsung sewot jika menyangkut soal Syariah. Mereka merujuk pada poligami. Wanita wajib melayani kebutuhan seksual suami setiap saat. Pada saat debat mengenai Hukum Syariah, banyak sekali contoh-contoh dikemukakan. Anggota parlemen dari Partai Sosialis, SP, Nyonya Sadet Karabulut.

Sadet Karabulut: "Ini kembali ke abad pertengahan. Mendiskriminasi perempuan. Derajat mereka lebih rendah dari warga non Muslim. Hal itu sama sekali tidak cocok, dengan nilai-nilai dasar hukum negara Belanda. Hal-hal seperti itu, harus kita tentang dengan tegas."

Pengadilan Yahudi

Maurits Berger, guru besar Islam di Barat, pada Universitas Leiden, juga menentang hukum Syariah. Tapi, hanya pada hukum-hukum yang bertentangan dengan sistem hukum Belanda. "Tidak ada hukum rajam, perkawinan anak di bawah umur, dan hukum potong tangan."

Tapi, Maurits Berger juga memberi peluang. "Misalnya hukum perkawinan. Orang boleh saja secara sukarela mengikuti aturan agama, yang kadang membedakan hak wanita dan pria. Hal ini juga berlaku di kalangan Yahudi dan Kristen orthodoks. Saya harap pemerintah tidak ikut mengatur bagaimana cara orang hidup."

Menurut Maurits Berger, sulit untuk menolak penerapan Hukum Islam bagi kaum Muslimin. Di Belanda, sudah berabad-abad juga berlaku Pengadilan Yahudi dan Katolik. Pendeta dan Rabin sering juga mengeluarkan putusan bertentangan dengan sistem hukum Belanda.

Maurits Berger: "Menurut hukum Belanda bisa saja status seseorang tercatat telah bercerai. Tapi menurut hukum gereja masih menikah. Menurut gereja Katolik orang tidak bisa bercerai. Dan wanita Yahudi orthodoks, dalam segala urusan, harus mendapat izin suami. Negara tidak mengakui semua ikatan pernikahan agama tersebut. Tapi, juga tidak melarang. Karena itu, mendiang seniman Belanda, Anton Heyboer, bisa hidup bersama empat wanita sekaligus."

Pesan keliru

Namun, menurut mayoritas di parlemen, pembentukan pengadilan Islam, memberi pesan keliru. Partai kanan, PVV, menuntut Menteri Kehakiman menindak tegas masjid-masjid dan imam yang melaksanakan Pengadilan Syariah.

PVV: "Kaum Muslimin yang tinggal di Belanda, dan menganggap Hukum Islam lebih penting ketimbang Hukum Belanda, tidak pantas menetap di sini. Kabinet harus menutup masjid-masjid yang melakukan hal ini. Imam yang melakukan hal ini, dan punya dua kewarga-negaraan, harus diusir."

PVV: "Kaum Muslimin yang tinggal di Belanda, dan menganggap Hukum Islam lebih penting ketimbang Hukum Belanda, tidak pantas menetap di sini. Kabinet harus menutup masjid-masjid yang melakukan hal ini. Imam yang melakukan hal ini, dan punya dua kewarga-negaraan, harus diusir."

Tapi, menurut Menteri Hirsch Ballin, hal ini merupakan masalah pelik. karena Sejauh ini, adanya Pengadilan Syariah hanya atas dasar desas-desus. Pihak kejaksaan tidak akan ragu-ragu untuk bertindak jika hal itu benar terjadi. Departemen Kehakiman juga akan melakukan penelitian mengenai adanya penerapan Pengadilan Syariah di Belanda.

Atas desakan parlemen, penelitian terhadap hal ini harus selesai dalam beberapa bulan mendatang.

Tidak hanya Belanda, Amerika Serikat juga Tidak mengenal pengadilan agama. Senator dari Partai Republik, Tom Tancredo, pada tahun 2008 mengajukan RUU - Jihad Prevention Act - untuk melarang semua bentuk Pengadilan Syariah. Menurut RUU ini, setiap Muslim yang menerapkan Hukum Islam, tidak boleh masuk ke Amerika.

Hukum Syariah di negara-negara Barat lainnya

Sejak 1982 Britania Raya punya Dewan Syariah, yang menangani perkara keluarga, perceraian dan sengketa bisnis, berdasarkan Hukum Islam. Lembaga ini merupakan badan penasehat, yang juga tunduk pada Hukum Inggris. Usul untuk menyesuaikan Dewan Syariah ke dalam sistem Hukum Inggris, rupanya juga memancing perlawanan keras.

Sedangkan di Kanada, Pada tahun 2004, kaum Muslimin menghimbau pembentukan komisi rujuk di Ontario. Kanada sudah mengenal pengadilan agama bagi kalangan Yahudi dan Kristen. Pemerintah menyetujui pembentukan Komisi Penasihat bagi kaum Muslimin, dengan syarat tidak bertentangan dengan Hukum Kanada. Menyusul protes dari berbagai organisasi wanita Muslim, namun setelah satu tahun, komisi ini dibubarkan kembali. (aa/rnw)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X