Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.434 views

Pasukan Pemberontak Pimpinan Haftar Tolak Pengumuman Gencatan Senjata di Libya

TOBRUK, LIBYA (voa-islam.com) - Pasukan pemberontak pimpinan panglima perang Libya Jenderal Khalifa Haftar telah menolak pengumuman gencatan senjata oleh pemerintah Libya yang diakui secara internasional , menyebutnya sebagai aksi "pemasaran", Al Jazeera melaporkan.

Menurut saluran berita, Ahmed Mismari, juru bicara Tentara Nasional Libya gadungan (LNA) Haftar, mengatakan pasukan saingan dari barat negara yang dilanda perang itu bergerak di sekitar garis depan di tengah negara.

"Pasukan yang berbasis di timur siap untuk menanggapi setiap percobaan serangan terhadap posisinya di sekitar kota pesisir Sirte dan Jufra, lebih jauh ke pedalaman," katanya dalam jumpa pers.

Jum'at pagi, pemerintah Libya mengumumkan gencatan senjata segera di seluruh negeri, menyerukan pemilihan presiden dan parlemen Maret mendatang.

Pernyataan ini datang dari LNA setelah pengumuman gencatan senjata dan seruan untuk dimulainya kembali produksi minyak oleh Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang berbasis di Tripoli, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez Al-Sarraj.

Di sisi lain, Ketua Parlemen Tobruk di Libya, Aguila Saleh, menyerukan pernyataan gencatan senjata segera dan agar Sirte menjadi markas sementara Dewan Presiden yang baru.

Selain itu, politisi asal Turki Libya dan ketua Dewan Tinggi Negara, Khalid Al-Mishri, pada Rabu mengumumkan keinginannya untuk bertemu dengan Saleh di Maroko, sebagai bagian dari upaya yang dilakukan oleh Rabat untuk menyelesaikan krisis Libya.

Perkembangan dua bulan setelah konflik di kegubernuran Sirte dan Jufra. AS dan Jerman menyerukan agar kawasan itu diubah menjadi zona demiliterisasi dengan dibukanya ladang minyak dan pelabuhan.

Juni lalu, tentara Libya membebaskan sebagian besar wilayah barat dari milisi Jenderal Khalifa Haftar dan tentara bayaran asing.

Milisi Haftar, yang didukung oleh negara-negara Arab dan Eropa, melancarkan serangan terhadap Tripoli pada 4 April 2019, yang mengakibatkan cedera sipil dan kematian serta kerusakan besar-besaran. Namun, pasukan Barat mengalami kerugian besar setelah tentara nasional melakukan intervensi di tengah seruan yang meluas untuk dialog dan solusi politik untuk krisis yang memburuk.

Selama bertahun-tahun, Libya telah menyaksikan konflik bersenjata, ketika pasukan Haftar, yang didukung oleh negara-negara Arab dan Barat, berusaha merebut legetimasi dan otoritas pemerintah Libya yang diakui secara internasional di negara kaya minyak itu. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X