Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.024 views

Facebook Sebut Para Hacker Cina Mata-matai Pendukung Uighur

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Facebook pada hari Rabu (24/3/2021) mengatakan mereka mengganggu upaya para hacker di Cina untuk memata-matai pendukung minoritas Uighur yang tinggal di luar negara itu.

Sekelompok peretas yang memiliki banyak sumber daya di Cina menargetkan ratusan aktivis Uyghur, jurnalis, dan pembangkang yang tinggal di luar negeri, mencoba mengelabui mereka agar mengklik tautan situs web yang dijebak dengan kode berbahaya, menurut jejaring sosial.

"Kelompok ini menggunakan berbagai taktik spionase dunia maya untuk mengidentifikasi targetnya dan menginfeksi perangkat mereka dengan malware untuk memungkinkan pengawasan," kata kepala investigasi spionase dunia maya Facebook Mike Dvilyanski dan kepala kebijakan keamanan Nathaniel Gleicher mengatakan dalam sebuah postingan blog.

"Kegiatan ini memiliki ciri khas operasi yang didukung dengan sumber daya yang baik dan gigih, sambil mengaburkan siapa di belakangnya."

Target utamanya adalah orang Uighur dari Xinjiang di Cina yang sekarang tinggal di Australia, Kanada, Kazakhstan, Suriah, Turki, Amerika Serikat, dan negara lain, menurut Facebook.

Kampanye mata-mata dunia maya melibatkan target yang memikat ke situs web dari jaringan sosial tempat malware dapat menyelinap ke ponsel mereka, kata para eksekutif itu saat memberi pengarahan kepada wartawan.

Para peretas membuat akun palsu di Facebook dengan berpura-pura menjadi jurnalis, aktivis, atau orang lain yang bersimpati kepada komunitas Uighur sehingga orang-orang yang berpikiran sama akan terlibat dengan postingan tersebut.

"Taktiknya adalah membangun kepercayaan, dan kemudian menggunakannya sebagai cara untuk mengelabui mereka agar mengklik tautan ini untuk mengekspos perangkat mereka," kata Gleicher dalam penjelasannya.

"Bahkan untuk sejumlah kecil pengguna, kurang dari 500 dalam kasus ini di seluruh dunia, dampaknya bisa sangat serius - Anda bisa membayangkan pengawasannya."

Perangkat lunak perusak yang digunakan dapat membuat mata-mata dunia maya mengambil alih ponsel orang, mengakses informasi, kamera, dan mikrofon, menurut peringatan keamanan tentang kode berbahaya tersebut.

Karena target dibujuk menjauh dari Facebook, jejaring sosial tidak dapat mengetahui berapa banyak dari mereka yang mengklik tautan jebakan di tempat lain, kata Gleicher.

“Kami hanya melihat sebagian dari aktivitas,” tambahnya.

Untuk mengganggu operasi ini, Facebook memblokir domain berbahaya agar tidak dibagikan di platform; mencatat akun grup dan memberi tahu orang-orang yang diyakini menjadi target, menurut para eksekutif.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan setidaknya satu juta orang Uighur dan sebagian besar minoritas Muslim lainnya telah ditahan di kamp-kamp di Xinjiang, di mana pihak berwenang juga melakukan sterilisasi wanita secara paksa dan melakukan kerja paksa.

Cina bersikeras tidak mau mengakui tuduhan tersebut, dengan mengatakan program pelatihan, skema kerja dan pendidikan yang lebih baik telah membantu memberantas ekstremisme di wilayah barat laut dan meningkatkan pendapatan. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X