Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.639 views

Taliban Sebut AS Ingkari Perjanjian Damai Doha Karena Masukan Menterinya Dalam Daftar Buronan FBI

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban mengatakan Washington mengingkari Perjanjian Doha 2020, yang membawa perdamaian antara AS dan kelompok itu, ketika seorang menteri Afghanistan yang baru diangkat menemukan dirinya dalam daftar buronan FBI.

Pada hari Kamis (9/9/2021), dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid, kelompok jihadis itu mengatakan dimasukkannya seorang menteri dari pemerintah sementara Afghanistan dalam daftar FBI jelas merupakan pelanggaran terhadap perjanjian damai Doha.

Orang yang diburu oleh FBI adalah pemimpin yang ditakuti dari kelompok militan Haqqani, Sirajuddin Haqqani, yang diumumkan pada hari Selasa sebagai menteri dalam negeri sementara yang baru.

Pernyataan Taliban mengatakan bahwa Haqqani dan keluarganya adalah bagian dari Imarah Islam Afghanistan, menambahkan bahwa ia tidak menggunakan nama yang terpisah atau memiliki afiliasi lain. Mereka mengatakan bahwa status buronannya karena itu harus dihapus, dan bahwa itu akan memusuhi setiap upaya untuk ikut campur dalam urusan internal negara.

Perjanjian Doha ditandatangani pada tahun 2020 oleh Taliban dan pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump. Pakta itu meresmikan akhir permusuhan antara kedua belah pihak, dengan AS menyetujui penarikan semua pasukan NATO sementara Taliban berjanji bahwa wilayah Afghanistan yang dikendalikannya akan dijauhkan dari personel Al-Qaidah.

Kelompok jihadis Haqqani diyakini terkait dengan Al-Qaidah dan bertanggung jawab atas beberapa serangan paling berdarah di Afghanistan, termasuk bom truk tahun 2017 yang menewaskan lebih dari 150 orang. Itu telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS.

Sirajuddin Haqqani sendiri "diburu untuk diinterogasi sehubungan dengan serangan Januari 2008 di sebuah hotel di Kabul... yang menewaskan enam orang, termasuk seorang warga negara Amerika," menurut profil FBI-nya. FBI mengatakan bahwa dia diduga terlibat dalam perencanaan percobaan pembunuhan mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai pada 2008.

Pada hari Selasa, Taliban mengumumkan pemerintahan sementara pertamanya untuk negara yang dilanda perang itu, yang sekarang berada di bawah kendali kelompok tersebut. Selain Sirajuddin Haqqani yang diburu AS, empat dari mereka yang diumumkan sebagai menteri adalah mantan narapidana di fasilitas keamanan tingkat tinggi AS di Teluk Guantanamo.

Keempat mantan narapidana itu dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan untuk pembelot Angkatan Darat AS Bowe Bergdahl pada tahun 2014 oleh pemerintahan mantan Presiden Barack Obama. Anggota Taliban kelima yang ditukar untuk Bergdahl juga merupakan anggota terkemuka dari pemerintah baru Afghanistan, meskipun bukan seorang menteri. (RT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X