Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.239 views

Smart Teen Brawijaya: Visi Misi Besar Untuk Pembebasan Palestina

Sahabat Smart Muslim,

Bulan Ramadhan merupakan bulan paling dinanti bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebuah bulan yang terabadikan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183, yang berujung pada ketaqwaan. Bulan yang dinanti sepanjang tahun, bahkan ketika memasuki bulan Rajab, disalah satu sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ath-Thabrani, beliau berdoa agar diberkahi di Bulan Rajab, Sya’ban, dan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan.

Begitu indah penantian panjang untuk bertemu Ramadhan tahun ini. Tapi penantian panjang itu, terasa menjadi perjuangan yang sangat ternanti ketika syahid siap menjemput. Tak terasa sepertiga Ramadhan pertama telah kita lewati dengan aman, di Indonesia. Akan tetapi, bagaimana dengan saudara-saudara kita di belahan bumi lainnya?

Palestina khususnya, beberapa saat lalu menjadi bulan-bulanan pasukan yahudi laknatullaah. Mereka tidak hanya mengusik ketika di luar bulan Ramadhan, akan tetapi semakin ganas dan beringas

Palestina khususnya, beberapa saat lalu menjadi bulan-bulanan pasukan yahudi laknatullaah. Mereka tidak hanya mengusik ketika di luar bulan Ramadhan, akan tetapi semakin ganas dan beringas ketika bulan Ramadhan tiba. Malam-malam Ramadhan menjadi malam yang tak menenangkan bagi jiwa. Mereka harus berwaspada di perbatasan penjuru Palestina, terlebih Gaza.

Ada yang masih bertanya, untuk apa kita sibuk mengurusi kebebasan Palestina? Masih banyak yang harus diselesaikan di negara kita, atau untuk apa negara lain ikut campur tangan, mereka juga punya masalah masing-masing yang harus diselesaikan. Terlebih pemilu di Indonesia juga belum usai. Tapi kita tentu berharap, siapapun presiden yang nantinya akan menggantikan Pak Susilo Bambang Yudhoyono, haruslah memberikan perhatian lebih terhadap Palestina. Pak Prabowo-Hatta, anda didukung oleh kekuatan ormas dan partai Islam di Indonesia. Pak Jokowi, dalam debat capres, anda membawa-bawa nama Palestina sebagai negara yang akan anda bela. Semua yang anda berdua lakukan akan dipertanggungjawabkan dihadapan-Nya.

Permasalahan Palestina adalah permasalahan umat muslim di seluruh dunia. Bantuan dari Indonesia sudah terkirimkan sejak lama, bahkan pembangunan-pembangunan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan masyarakat Palestina, khususnya di Gaza sudah terealisasi. Namun, ternyata fasilitas-fasilitas yang baru saja tercipta, luluh lantak oleh rudal dan senjata Israel Laknatullaah. Bangunan baru tersebut seakan menjadi sasaran latihan jitu rudal pasukan Israel. Dibangun, ditembak, dibangun, ditembak.

Waktu yang terhabiskan untuk membangun fasilitas tersebut, tidak sebanding dengan lama waktu untuk menghancurkannya. Apa yang harus dilakukan umat Islam di seluruh dunia?

Segala cara sudah dicoba. Segala fasilitas dibangun untuk membantu saudara di Gaza sudah terealisasi, namun apa hendak dikata, pasukan Israel bukanlah pasukan manusia yang memiliki hati. Mereka lebih biadab daripada seekor hewan yang kepalaran di tengah hutan.

Kembali lagi pada pertanyaan, apa yang seharusnya dilakukan umat Islam di seluruh dunia?

Kembali lagi pada pertanyaan, apa yang seharusnya dilakukan umat Islam di seluruh dunia? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka patut kita belajar pada para pendahulu yang mencoba membebaskan Al-Quds.

Kita perlu memahami bagaimana mereka mempunyai visi dan misi yang begitu besar. Mereka tidak arogan dalam mewujudkan kemenangan pembebasan Al-Quds. Tidaklah pembebasan harus melalui tangannya. Tidak. Sekali-kali tidak.

Mereka hanya ingin Al-Quds ini terbebaskan dari tangan-tangan zionis Laknatullaah. Sekalipun mereka adalah orang yang terbunuh pertama kali, tidaklah mengapa, harus ada yang melanjutkan perjuangannya. Sekalipun yang melanjutkan perjuangannya bukanlah anak-cucunya, tidaklah mengapa, asal Al-Quds kembali ke pangkuan Islam.

Dari terik mulai terasa di Suriah, mengiringi panasnya suasana peperangan yang terjadi antara kaum muslimin dan orang-orang kafir. Di pusat kota, terdapat seorang sultan yang sangat masyhur, shalih, dan mencintai para ulama, mempunyai visi dan misi yang besar dibalik pembebasan Al-Quds. Dialah yang akhirnya menjadi tokoh pelopor dibelakang Panglima Perang Salib yang bernama Shalahuddin Al-Ayyubi.

Nuruddin Zanki, sosok yang memiliki kedudukan tinggi di masyarakat, dan di sisi Allah Swt. Seorang shalih yang berusaha membebaskan Al-Quds, dengan ataupun tanpanya. Namanya dikenang ataupun tidak.

Dan, benar saja, lelaki yang menjadi pelopor adanya perayaan Maulud Nabi karena lemahnya kecintaan umat Islam pada Rasulullah Saw pada saat itu, sebelum Islam berhasil menakhlukkan Al-Quds, Allah Swt mentakdirkannya untuk ada disisi-Nya.

Perjuangannya ternyata tidak terhenti ketika ia meninggal. Kita lihat visi misi besar, seorang Sultan yang tidak mengunggulkan ke’aku’annya. Tapi mengunggulkan bagaimana agar Al-Quds kembali ke pangkuan Islam.

Sepeninggalnya dalam peperangan, ternyata menjadikan Panglima perangnya tidak menghentikan langkah membebaskan Al-Quds. Cahaya Allah Swt masih menyinari hati-hati pasukan Nuruddin.

Panglima perang yang mengambil alih pasukan perang untuk membebaskan Al-Quds adalah Imaduddin. Kita menyaksikan bagaimana persatuan umat Islam untuk membebaskan Al-Quds begitu besar. Sehingga lepas pemimpin pertama, langsung diambil alih pemimpin kedua, tanpa menunggu batas waktu yang sangat lama.

Imaduddin, mengakhiri hidupnya di dalam peperangan, tepat sebelum Islam membebaskan Al-Quds. Tiada orang lain yang mampu menggantikan kepemimpinan beliau, kecuali keponakannya. Dialah yang kita kenal panglima perang salib, Shalahuddin Al-Ayyubi.

Dia memang tidak mengawali perjuangan melawan orang-orang kafir, akan tetapi dia berhasil mewujudkan cita-cita perjuangan pendahulunya. Dalam perjalanannya membebaskan Al-Quds, lelaki ini terus menanamkan persatuan diantara pasukannya. Ini bukan untuk kemenangan panglima perang, tapi untuk umat Islam di seluruh dunia. Persembahan paling berharga bagi umat Islam, yakni dapat menunaikan kembali shalat, khutbah, ramadhan, dan kegiatan Islam lainnya di Al-Quds.

Elemen penghubung yang menjadi unsur kemenangan Shalahuddin, salah satunya diambil dari keimanan pasukannya. Siapa pasukan yang dibawa oleh Shalahuddin?

Sekilas seratus tahun sebelumnya, seorang ulama masyhur mengawali pertaubatan umat Islam, dikarenakan umat Islam semakin lama semakin jauh niatnya dari perjuangan Islam.

Mereka belajar tentang Islam, bukan untuk meraih surga, tapi untuk mendapatkan jabatan-jabatan di pemerintahan. Lelaki yang dalam kondisi berpelukan dengan Shahih Bukhari ketika meninggal dunia tersebut menjadi langkah baru para ulama. Melalui karyanya, ia berhasil menjadikan Islam kembali sebagaimana semestinya. Kembali Berjaya.

Pelopor taubat para ulama bernama Al-Ghazali, yang akhirnya menuliskan buku putih Al-Ihya Ulumuddin. Membuat zawiyah atau pesantren, yang akhirnya mempunyai ratusan cabang. Salah satu santrinya yang terkenal adalah Abdul Qadir Al-Jailani, nama yang disebutkan oleh salah satu ormas Islam di Indonesia ketika mengucapkan Al-Fatihah.

Pasukan-pasukan perang Shalahuddin Al-Ayyubi yang tangguh untuk membebaskan Al-Quds, diperoleh dari santri zawiyah-zawiyah yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Islam.

Betapa besar sebuah visi misi yang dibangun umat Islam dalam pembebasan Al-Quds. Sebuah visi misi panjang, yang disambut serentak oleh santri-santri yang dipelopori oleh Al-Ghazali.

Sebuah gaya peperangan yang kini diterapkan pula oleh Israel di Palestina. Mereka mempunyai jaringan yang sangat luas. Memiliki seorang paman yang mempunyai dan menguasai media di seluruh dunia, dialah Paman Syam.

Ketika Israel diserang, dan hanya membuat sedikit kerusakan, maka berita yang tersebar sangatlah besar, dan di lebih-lebihkan. Sementara ketika Israel menyerang Palestina, atau Gaza, maka media yang menyiarkan tidaklah banyak, kalaupun ada yang menyiarkan, tidak akan dilebih-lebihkan, bahkan cenderung dikurang-kurangi.

Inilah yang harus kita bangun, mempunyai semangat visi-misi yang sangat besar untuk merebut kembali Al-Quds dari cengkraman Yahudi, Israel, dan Zionis. Tidak lantas sekedar mengumpulkan uang, lalu mengirimkannya ke Palestina, membangun fasilitas umum, yang nantinya ketika sudah jadi akan menjadi bulan-bulanan Yahudi.

Akan tetapi kita perlu menyiapkan hal yang lebih besar, yang patutnya kita diskusikan secara serentak, oleh umat Islam di seluruh dunia yang diwakilkan kepada para ulama. Maka patutlah kita belajar dari keteladanan yang diciptakan oleh Nuruddin Zanki, Imaduddin, Shalahuddin Al-Ayyubi, Al-Ghazali, dan barisan para Syuhada...

Oleh : Izzur Rozabi, Universitas Brawijaya, Malang

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Berbagai ikhtiar dilakukan pasangan Eddy Saputra dan istrinya untuk mengatasi beratnya himpitan ekonomi, tapi selalu menemui jalan buntu. Bantuan justru datang dari orang yang membahayakan akidah:...

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Latest News
Sambut Kongres Umat Islam Indonesia VII,  FAI UMJ Gelar FGD

Sambut Kongres Umat Islam Indonesia VII, FAI UMJ Gelar FGD

Kamis, 23 Jan 2020 00:54

Politik Dinasti

Politik Dinasti

Rabu, 22 Jan 2020 23:58

Mental Umat Islam dalam Bidang Ekonomi Harus Segera Berubah

Mental Umat Islam dalam Bidang Ekonomi Harus Segera Berubah

Rabu, 22 Jan 2020 23:20

Kontroversi Jilbab, Kewajiban dan Makna Sebenarnya

Kontroversi Jilbab, Kewajiban dan Makna Sebenarnya

Rabu, 22 Jan 2020 23:01

IDF Sebut Jet Tempur F-16 Israel yang Terendam Banjir Rusak Lebih Parah dari Perkiraan

IDF Sebut Jet Tempur F-16 Israel yang Terendam Banjir Rusak Lebih Parah dari Perkiraan

Rabu, 22 Jan 2020 22:42

Omnibus Law Harus Berpihak pada Masyarakat, Bukan Investor

Omnibus Law Harus Berpihak pada Masyarakat, Bukan Investor

Rabu, 22 Jan 2020 22:40

PDIP Versus Jokowi?

PDIP Versus Jokowi?

Rabu, 22 Jan 2020 22:16

Jenderal Rusia: Jihadis di Idlib Bersiap Lancarkan Serangan Jibaku Terhadap Militer Suriah

Jenderal Rusia: Jihadis di Idlib Bersiap Lancarkan Serangan Jibaku Terhadap Militer Suriah

Rabu, 22 Jan 2020 22:13

Menyambut Bisyarah: Akankah Kota Roma Takluk?

Menyambut Bisyarah: Akankah Kota Roma Takluk?

Rabu, 22 Jan 2020 21:59

LPG 3 Kg dan Islam

LPG 3 Kg dan Islam

Rabu, 22 Jan 2020 21:36

Jelang Kongres Umat Islam Indonesia,  MUI Bahas Pengarusutamaan Konten Produktif di Sosial Media

Jelang Kongres Umat Islam Indonesia, MUI Bahas Pengarusutamaan Konten Produktif di Sosial Media

Rabu, 22 Jan 2020 20:33

Ethok-Ethok Nggeledah

Ethok-Ethok Nggeledah

Rabu, 22 Jan 2020 20:15

HNW Tolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Jika Cabut Kewajiban Halal

HNW Tolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Jika Cabut Kewajiban Halal

Rabu, 22 Jan 2020 19:02

Peduli Muslim Uighur, IKA PPI 76 Garut Berikan Bantuan Dana

Peduli Muslim Uighur, IKA PPI 76 Garut Berikan Bantuan Dana

Rabu, 22 Jan 2020 18:16

Kemenag atau Kemen Kegaduhan?

Kemenag atau Kemen Kegaduhan?

Rabu, 22 Jan 2020 18:14

Moderasi Agama, Meng- cover Al Qur'an yang Tidak Kekinian

Moderasi Agama, Meng- cover Al Qur'an yang Tidak Kekinian

Rabu, 22 Jan 2020 17:59

Anggota DPD RI: Ketua Ikatan Gay Tulungagung Pantas Dihukum Kebiri Kimia

Anggota DPD RI: Ketua Ikatan Gay Tulungagung Pantas Dihukum Kebiri Kimia

Rabu, 22 Jan 2020 17:35

Menag Kok Begini

Menag Kok Begini

Rabu, 22 Jan 2020 17:12

Adel Al-Jubeir: Iran 'Sponsor Terbesar Terorisme di Dunia'

Adel Al-Jubeir: Iran 'Sponsor Terbesar Terorisme di Dunia'

Rabu, 22 Jan 2020 15:30

KKKS Diminta Perjelas Target ‘Lifting’ Minyak Nasional

KKKS Diminta Perjelas Target ‘Lifting’ Minyak Nasional

Rabu, 22 Jan 2020 15:18


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X