Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.272 views

Teror Kekerasan Bersenjata di Amerika dalam Sebuah Perspektif

Oleh: Umar Syarifudin

Pada hari Senin tanggal Minggu 1 Oktober, peristiwa penembakan terjadi di tengah konser musik Route 91 Harvest concert dilakukan dari lantai 32 Mandalay Bay. Penembakan di dekat Mandalay Bay Hotel and Casino di  Las Vegas Strip. Ini merupakan salah satu kasus penembakan dengan korban yang banyak. Las Vegas Metro Police Sheriff Joseph Lombardo mengatakan, pria bersenjata yang merupakan tersangka telah tewas di tangan polisi tepatnya di  lantai 32 Mandalay Bay.

 Pelaku penembakan mematikan di Las Vegas, Stephen Paddock, pria berusia 64 tahun ini diketahui merupakan mantan akuntan yang kaya raya. Seorang pejabat AS mengatakan kepada kantor berita Reuters, ada alasan untuk percaya Paddock memiliki sejarah masalah psikologis.

The Real Terror in America

Kekerasan penembakan di Amerika merupakan persoalan akut melanda negeri demokrasi ini. Tingkat insiden pembunuhan senjata api tetap stabil. Pada tahun 2016,  15.078 meninggal karena insiden yang berhubungan dengan senjata api dimana 385 korbannya adalah kasus penembakan massal. Statistik budaya senjata api di Amerika cukup memprihatinkan.

Begitu banyak orang meninggal setiap tahun akibat tembakan di AS sehingga jumlah korban tewas antara tahun 1968 sampai 2011 melebihi semua perang yang pernah dilakukan oleh negara tersebut. Menurut penelitian oleh Politifact, ada sekitar 1,4 juta kematian insiden penembakan pada periode itu, dibandingkan dengan 1,2 juta kematian di Amerika Serikat dalam setiap konflik dari Perang Kemerdekaan sampai Irak.

Diperkirakan ada sekitar 300 juta senjata di AS, yang dipegang oleh sekitar sepertiga dari populasi. Menurut data dari Departemen Kehakiman AS dan Dewan Urusan Luar Negeri, 11.385 orang meninggal rata-rata setiap tahun dalam insiden senjata api di AS antara tahun 2001 dan 2011. Pada periode yang sama, rata-rata 517 orang terbunuh setiap tahun karena insiden teror.

Inilah kondisi Amerika Serikat, yang berparade ke seluruh dunia sebagai pendukung kedamaian dengan teror-teror global, namun kondisi di dalam negerinya, dimana masyarakat dicekam kecemasan akan perilaku teror akibat budaya senjata api yang dilindungi Undang-undang mereka sendiri.

Fakta ini memberikan gambaran yang lebih terang kepada publik betapa berbahayanya hidup di AS saat ini. Perang paling mahal di tingkat manusia dalam sejarah AS adalah Perang Saudara dengan 525.000 kematian yang diikuti oleh Perang Dunia Kedua 405.399 kematian, namun ini masih merupakan sebagian kecil dari jumlah korban yang terbunuh di AS dengan senjata di luar perang. BBC pernah menulis bahwa "begitu banyak orang meninggal setiap tahun akibat tembakan di AS sehingga jumlah korban tewas antara tahun 1968 dan 2011 menggoncang semua perang yang pernah dilakukan oleh negara ini".

The National Rifle Association sebagai pusat lobi senjata Amerika, yang menyerukan akses gratis ke semua bentuk senjata mematikan, menerima jutaan dolar setiap tahun dari produsen senapan Amerika. Hal ini mengindikasikan adanya ancaman yang mematikan dalam demokrasi mereka sendiri, karena orang kaya dan hebat memanipulasi proses politik untuk menghasilkan undang-undang yang menguntungkan dirinya sendiri dengan mengesampingkan keselamatan yang lain.

...Paham kebebasan tidak membantu masyarakat menyelesaikan masalah dengan nyata, melainkan hanya sebuah slogan yang digunakan orang untuk mencoba membela pendapat mereka sendiri...

Di Sebuah Titik

Peristiwa ini menyibak bahaya atas paham liberal sebagai nilai mutlak kebenaran dan sebagai standar atas perbuatan  telah melumpuhkan AS untuk melindungi hak yang seharusnya dilakukan oleh setiap warga negara Amerika untuk memiliki dan membawa senjata secara legal terlepas dari fakta bahwa sekitar banyaknya jumlah warga Amerika terbunuh atau terluka oleh senjata ini setiap tahun, dan bahkan anak-anak bisa membunuh atau terbunuh oleh senjata ini.

Paham kebebasan tidak membantu masyarakat menyelesaikan masalah dengan nyata, melainkan hanya sebuah slogan yang digunakan orang untuk mencoba membela pendapat mereka sendiri. Ini tidak membantu masyarakat, tapi presiden Amerika menggunakannya sebagai pembenaran untuk mengumumkan perang dan membunuh secara acak dengan korban sipil yang signifikan.

Pembunuhan ini didorong oleh karakter labil dan kosong, dan pembantaian mengerikan di berbagai tempat di AS dianggap sebagai indikasi bahwa ideologi yang Amerika anut dan coba untuk paksakan ke seluruh dunia, adalah sebuah ideologi hampa yang tidak mampu memberikan ketenangan.

Pada titik inilah, Amerika Serikat dengan demokrasinya telah gagal, mereka gagal menyelamatkan nilai-nilai kemanusiaan dan tidak mampu memberikan standar hidup yang lebih tinggi. AS mengalihkan semua energinya dalam perang melawan Islam dan mencemarkan nama baik kaum muslim untuk menutupi kelemahan dan kegagalannya dalam mengklaim kepemimpinan sejati di dunia, sementara Islam adalah ideologi sejati perdamaian dan keamanan bagi dunia.

Sistem Islam sebuah konsep yang mampu menyediakan tata kelola yang efektif dan efisien tanpa melepaskan hak rakyat untuk menolak jika dianggap menindas dan tidak adil. Hal ini didukung oleh sistem masyarakat sipil yang kuat berdasarkan keluarga ideal yang bertujuan untuk mendukung pendidikan anak-anak pada lingkungan budaya yang kuat. Apa yang melindungi orang dari penindasan politik dan budaya kriminal adalah kenyataan bahwa pemerintah harus  taat kepada oleh Al Qur'an dan Sunnah dan tidak dapat mengesahkan kebijakan menurut hawa nafsunya sendiri, pendapat mayoritas atau pendapat dari mitra bisnisnya. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Mantan Pejabat Intelijen Saudi Saad Aljabri Sebut Mohammed Bin Salman 'Pembunuh Dan Psikopat'

Mantan Pejabat Intelijen Saudi Saad Aljabri Sebut Mohammed Bin Salman 'Pembunuh Dan Psikopat'

Selasa, 26 Oct 2021 09:45

Stop Ashobiyah Qaumiyah

Stop Ashobiyah Qaumiyah

Selasa, 26 Oct 2021 08:58

Mau Profit Bisnis Kuliner Meningkat? Intip Bocoran 26 Resep ini

Mau Profit Bisnis Kuliner Meningkat? Intip Bocoran 26 Resep ini

Selasa, 26 Oct 2021 08:30

Menag Sebut Kemenag Hadiah Untuk NU, Kader Muda PERSIS: Ahistoris

Menag Sebut Kemenag Hadiah Untuk NU, Kader Muda PERSIS: Ahistoris

Selasa, 26 Oct 2021 08:05

Mengapa Jokowi Butuh Ganjar?

Mengapa Jokowi Butuh Ganjar?

Selasa, 26 Oct 2021 04:29

Peringatan Hari Santri Harus Terus Menginspirasi Semangat Jihad Mengisi Kemerdekaan

Peringatan Hari Santri Harus Terus Menginspirasi Semangat Jihad Mengisi Kemerdekaan

Senin, 25 Oct 2021 23:10

Pak Prabowo, Sudahlah!

Pak Prabowo, Sudahlah!

Senin, 25 Oct 2021 23:02

Sekum Muhammadiyah: Framing Negatif Soal Toleransi Umat Islam Sengaja Dipelihara

Sekum Muhammadiyah: Framing Negatif Soal Toleransi Umat Islam Sengaja Dipelihara

Senin, 25 Oct 2021 22:11

Militer Sudan Lancarkan Kudeta, Tahan PM Abdalla Hamdok Dan Menteri Pemerintahan Transisi

Militer Sudan Lancarkan Kudeta, Tahan PM Abdalla Hamdok Dan Menteri Pemerintahan Transisi

Senin, 25 Oct 2021 22:04

Facebook Akan Berubah Nama?

Facebook Akan Berubah Nama?

Senin, 25 Oct 2021 20:55

Khalilzad: AS Seharusnya Dorong Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Lebih Keras

Khalilzad: AS Seharusnya Dorong Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Lebih Keras

Senin, 25 Oct 2021 16:36

Israel Akan Bangun Lebih Dari 1.300 Unit Pemukim Baru Di Tepi Barat Meski Ada Kecaman Internasional

Israel Akan Bangun Lebih Dari 1.300 Unit Pemukim Baru Di Tepi Barat Meski Ada Kecaman Internasional

Senin, 25 Oct 2021 14:00

Taliban Tawarkan Pekerjaan Dengan Imbalan Gandum Untuk Atasi Kelaparan Dan Pengangguran

Taliban Tawarkan Pekerjaan Dengan Imbalan Gandum Untuk Atasi Kelaparan Dan Pengangguran

Senin, 25 Oct 2021 13:13

Ahli Sarankan tak Perlu Hindari Karbohidrat Usai Olahraga

Ahli Sarankan tak Perlu Hindari Karbohidrat Usai Olahraga

Senin, 25 Oct 2021 13:10

Tim UMM Raih Tiga Penghargaan di Kontes Robot SAR Nasional 2021

Tim UMM Raih Tiga Penghargaan di Kontes Robot SAR Nasional 2021

Senin, 25 Oct 2021 12:37

Ini dia 11 penyembuhan Sakit Tanpa Obat dalam Islam. Apa aja sih?

Ini dia 11 penyembuhan Sakit Tanpa Obat dalam Islam. Apa aja sih?

Senin, 25 Oct 2021 12:19

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Bukhori: Pandemi Belum Hilang, Utang Meningkat

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Bukhori: Pandemi Belum Hilang, Utang Meningkat

Senin, 25 Oct 2021 08:41

Meraih Kesejahteraan dengan Pengelolaan Sumberdaya Alam

Meraih Kesejahteraan dengan Pengelolaan Sumberdaya Alam

Senin, 25 Oct 2021 08:00

Gubernur Jambi Canangkan Program Satu Desa Satu Hafiz

Gubernur Jambi Canangkan Program Satu Desa Satu Hafiz

Ahad, 24 Oct 2021 21:53

Hamas Lobi PBB dan 4 Negara Untuk Bebaskan Anggota Mereka Yang Ditahan Di Saudi Dan Libya

Hamas Lobi PBB dan 4 Negara Untuk Bebaskan Anggota Mereka Yang Ditahan Di Saudi Dan Libya

Ahad, 24 Oct 2021 21:40


MUI

Must Read!
X